Minggu, 18 Oktober 2020

Kisah Sahabat Nabi yang Sering Ditolong Iblis Untuk Pergi ke Masjid, Ternyata Ini Tujuan Sang Iblis!

slidegossip.com - Abdullah bin Ummi Maktum dikenal sebagai seorang laki-laki tuna netra yang merupakan salah satu sahabat Nabi Muhammad SAW. Meski namanya begitu asing, beliau diketahui pernah membuat Nabi Muhammad SAW mendapatkan teguran dari Allah SWT karena telah bermuka masam dengan sesama Muslim.

 Ilustrasi Abdullah bin Ummi Maktum (hidayatuna.com)

 

Karena itu, diturunkan lah QS. Abasa ayat 1-16 yang artinya: "Dia (Muhammad) bermuka masam dan berpaling karena telah datang seorang buta kepadanya (Abdullah bin Ummi Maktum). Tahukah kamu, barangkali ia ingin membersihkan dirinya (dari dosa), atau dia (ingin) mendapatkan pengajaran, lalu pengajaran itu memberi manfaat kepadanya? Adapun orang yang merasa dirinya serba cukup, maka kamu melayaninya. Padahal, tidak ada (celaan) atasmu kalau dia tidak membersihkan diri (beriman). Adapun orang yang datang kepadamu dengan bersegera (untuk mendapatkan pelajaran), sedang ia takut kepada (Allah) maka kamu mengabaikannya. Sekali-kali jangan (demikian)! Sesungguhnya ajaran-ajaran Tuhan itu adalah suatu peringatan."

 

Dilansir dari beberapa sumber, Abdullah pernah mengikuti pengajian Nabi Muhammad SAW di sebuah masjid. Dalam kajian tersebut, Nabi Muhammad SAW menyampaikan kewajiban setiap Muslim yang mendengarkan adzan agar segera menunaikan shalat di masjid.

 

Abdullah yang merupakan penyandang disabilitas pun mempertanyakan kondisinya kepada Nabi Muhammad SAW. "Wahai Rasulullah SAW, apakah saya juga diwajibkan meskipun tidak bisa melihat?" tanya Abdullah.

 

Rasulullah SAW pun menjawab, "Apakah engaku mendengar seruan azan?". "Ya, saya mendengarnya," jawab Abdullah.

 

Rasulullah SAW pun memerintahkannya agar tetap pergi ke masjid meskipun sambil merangkak. Sejak saat itu, Abdullah selalu segera bergegas ke masjid setelah mendengar adzan meskipun dengan kondisi fisik yang dialaminya.

 

Namun, suatu ketika saat Abdullah dalam perjalanan menuju masjid, ia tersandung batu hingga mengeluarkan darah. Bukannya kembali ke rumah, Abdullah tetap melangkahkan kakinya ke masjid.

 

Keesokan harinya, Abdullah kembali berjalan menuju masjid untuk menunaikan shalat dengan luka di kakinya akibat tersandung. Selama beberapa hari ternyata ada seorang pemuda yang selalu membantunya berjalan menuju masjid.

 

Rasa penasaran Abdullah menguat, ia pun bertanya siapakah pemuda yang menolongnya mengantar ke masjid itu. "Wahai saudaraku, siapakah namamu? Aku ingin mengetahuinya agar bisa mendoakanmu kepada Allah SWT?" tanya Abdullah. "Apa untungnya bagimu mengetahui namaku dan aku tak mau engkau doakan," jawab pemuda tersebut.

 

Sambil memegang tangan pemuda tersebut, Abdullah pun meminta pemuda itu agar tidak membantunya lagi. "Aku tak mau engkau menolongku lagi karena kau tak mau didoakan," ucap Abdullah.

 

Akhirnya, pemuda tersebut pun memperkenalkan dirinya. "Wahai Abdullah Ummi Maktum, ketahuilah sesungguhnya aku adalah iblis," ungkapnya.

 

Abdullah langsung tersentak mendengar pengakuan pemuda itu. "Kalau memang iblis, mengapa engkau menolong dan mengantarku ke masjid? Bukannya engkau harus mencegahku ke sana?" tanya Abdullah.

 

"Wahai Abdullah Ummi Maktum, masih ingatkah engkau beberapa hari yang lalu tatkala engkau hendak ke masjid dan engkau tersandung batu? Aku tidak ingin hal itu terulang lagi. Sebab, lantaran engkau terjatuh, Allah telah mengampuni dosamu yang separuh. Aku takut kalau engkau tersandung lagi, Allah akan menghapuskan dosamu yang separuhnya lagi sehingga terhapuslah dosamu seluruhnya. Maka, sia-sialah kami setan menggodamu selama ini,” jawab iblis tersebut.

 

Dari kisah tersebut, ada pelajaran untuk kita semua bahwa iblis akan selalu menggoda dan menyesatkan manusia, serta berusaha membelokkan orang yang beriman ke arah yang sangat tidak disukai Allah SWT. Abdullah juga dikenal sebagai pengumandang adzan yang indah sekali suaranya, selain Bilal bin Rabah. Begitulah sedikit kisah tentang Abdullah bin Ummi Maktum.

Share this article :

Artikel Terkait:

Comments
0 Comments

Comments :

0 komentar to “Kisah Sahabat Nabi yang Sering Ditolong Iblis Untuk Pergi ke Masjid, Ternyata Ini Tujuan Sang Iblis!”


Posting Komentar

 

Copyright © 2012 by Berita Terbaru dan Profil Artis Terkini Powered By SlideGossip | Design by Opung | Contact Email : slidegossip (at) gmail.com | Phone : 0857-808-70772