Selasa, 10 Maret 2020

Turis Korsel Dilarang, Tapi Choi Siwon Bisa Masuk ke Indonesia! Imigrasi Kecolongan?

slidegossip.com - Sejumlah negara termasuk Indonesia memberlakukan larangan kunjungan terkait penyebaran virus corona yang sudah memakan banyak korban di seluruh dunia. Seperti dilansir dari kumparan.com (9/3/2020), Pemerintah Indonesia sendiri sudah memberlakukan larangan masuk atautransit sementara untuk para pendatang atau turis dari tiga negara.

 
Choi Siwon (kholic.id)

Kebijakan tersebut telah disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Kantor Kemlu, Jakarta Pusat, pada Kamis (5/3) lalu. "Sesuai laporan terkini WHO, saat ini terdapat kenaikan signifikan kasus COVID-19 di luar Tiongkok terutama di tiga negara yaitu Iran, Italia dan Korsel. Oleh karena itu, demi kebaikan semua, untuk sementara Indonesia mengambil kebijakan baru bagi pendatang atau travelers dari ketiga negara tersebut," jelas Retno.

"Larangan masuk dan transit ke Indonesia bagi para pendatang atau travellers yang dalam 14 hari terakhir melakukan perjalanan di wilayah sebagai berikut; (1) Iran: Teheran, Qom, Gilan; (2) Italia: Lombardi, Veneto, Emilia Rumagna, Marche, Pietmon; (3) Korsel: Kota Daegu dan Provinsi Gyeongsangbuk-do," lanjut Retno dalam keterangannya.

Namun baru-baru ini, masyarakat tanah air dikejutkan dengan beredarnya video Choi Siwon, anggota boyband Super Junior, yang berada di bandara Incheon hendak terbang ke Indonesia. Di bandara, Siwon sendiri sempat melakukan pengecekan suhu tubuh. Dia juga terlihat terus mengenakan masker hitam.

Hingga akhirnya Siwon pun tiba di bandara Soekarno-Hatta, Jakarta. Dari video-video yang beredar di dunia maya, Siwon diketahui sudah tiba di Jakarta pada tanggal 7 Maret 2020. Apakah ini berarti pihak imigrasi sudah kecolongan?

Kepala Sub Bagian Humas Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, Ahmad Nursaleh pun akhirnya memberikan penjelasan kenapa Siwon bisa diperbolehkan masuk ke Indonesia. "Kebijakan Kemenlu berlaku tanggal 8 Maret. Dari Korea, pesawatnya Garuda," ujar Ahmad Nursaleh.

Ketika disinggung soal data kesehatan Siwon apakah sudah lengkap dan memenuhi syarat untuk melakukan kunjungan ke Indonesia, Ahmad Nursaleh mengaku tidak tahu.

"Kami tidak mengetahui terkait hal itu, dan terkait kesehatannya, kami hanya sebagai supporting dari KKP, apabila dinyatakan sehat dan yang bersangkutan bukan merupakan subyek dari Permenkumham 7 dan ketentuan dari Kemenlu, maka dapat kami izinkan masuk," jelas Ahmad Nursaleh.

Tak hanya itu, pihak imigrasi juga sepertinya tidak tahu soal tujuan Siwon berkunjung ke Indonesia. Namun yang jelas, visa yang digunakan Siwon adalah visa tinggal terbatas. "Visa yang digunakan adalah visa tinggal terbatas yang peruntukannya salah satunya adalah untuk bekerja dalam jangka waktu tertentu," pungkasnya.
Share this article :

Artikel Terkait:

Comments
0 Comments

Comments :

0 komentar to “Turis Korsel Dilarang, Tapi Choi Siwon Bisa Masuk ke Indonesia! Imigrasi Kecolongan?”


Posting Komentar

 

Copyright © 2012 by Berita Terbaru dan Profil Artis Terkini Powered By SlideGossip | Design by Opung | Contact Email : slidegossip (at) gmail.com | Phone : 0857-808-70772