Jumat, 04 Januari 2019

Menurut Hadits Ini, Bisa Jadi Cara Wudhu Sandiaga Uno Dengan Satu Gayung Itu Tidak Salah!

slidegossip.com - Beberapa waktu lalu sempat viral video cara berwudhu Sandiaga Uno dengan hanya menggunakan air dalam satu gayung. Seperti dilansir dari republika.co.id (1/1/2019), Sandiaga Uno sendiri mengaku bersyukur karena cara berwudhu-nya telah menjadi diskursus publik. Bahkan sampai ada netizen yang mempermasalahkan cara berwudhu-nya, ada yang menyalahkan, namun ada pula yang membenarkan.

 
Sandiaga Uno (foto: tribunnews.com)

"Alhamdulillah itu menjadi diskursus, ada yang membenarkan itu memang cara yang benar, ada yang bilang itu harus diperbaiki. Bagi saya manusia penuh dengan kesalahan dan saya perlu belajar," ujar Sandiaga saat berkunjung ke Surabaya, Selasa (1/1/2019).

Namun ternyata cara berwudhu dengan air satu gayung itu bisa jadi tidak salah karena Nabi Muhammad SAW juga pernah melakukannya. Seperti dilansir dari dream.co.id (22/3/2018), umat Muslim dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk bijak dalam menggunakan air. Jangan sampai ketika berwudhu, terlalu banyak air yang digunakan. Rasulullah Muhammad SAW juga pernah mencontohkan kebiasaan berwudhu yang hemat air. Setiap kali berwudhu, Rasulullah selalu menghabiskan air tidak lebih dari satu mud.

Sekedar diketahui, takaran satu mud jika dikonversi menjadi ukuran massa adalah setara dengan 675 gram. Sedang jika dijadikan ukuran volume, menjadi sebanyak 3/4 liter, kira-kira kurang dari satu gayung pada umumnya. Hal tersebut tertulis dalam hadits riwayat Bukhari dan Muslim, dari Anas RA. "Rasulullah SAW mandi menggunakan air sebanyak satu sha' hingga lima mud. Sedangkan pada saat wudhu, Rasulullah SAW menghabiskan air sebanyak satu mud."

Sementara dalam riwayat Ahmad dan Ibnu Majah, Rasulullah juga pernah menegur sahabatnya yang boros dalam menggunakan air, yakni saat menemui Sa'ad yang sedang berwudhu. Saat itu Rasulullah melihat Sa'ad wudhu dengan menggunakan banyak air."Mengapa engkau berbuat boros?" tegur Rasulullah."Apakah dalam air juga ada pemborosan?" jawab Sa'ad. "Ya, meskipun engkau berada di sungai ataupun lautan," jawab Rasulullah.

Untuk cara berwudhu Nabi Muhammad SAW juga pernah dibahas di sebuah acara televisi swasta yang diunggah di youtube.com/Islam Agamaku (22/10/2016) lalu. Dalam video tersebut dijelaskan oleh Ahli sejarah Islam, Budi Ashari bahwa Nabi Muhammad SAW berwudhu hanya menggunakan air dengan takaran kurang dari satu mud. "Ukuran berwudhu kurang dari satu mud sudah menyempurnakan wudhu kita," ujar Budi Ashari dalam video tersebut.
Share this article :

Artikel Terkait:

Comments
0 Comments

Comments :

0 komentar to “Menurut Hadits Ini, Bisa Jadi Cara Wudhu Sandiaga Uno Dengan Satu Gayung Itu Tidak Salah!”


Posting Komentar

 

Copyright © 2012 by Berita Terbaru dan Profil Artis Terkini Powered By SlideGossip | Design by Opung | Contact Email : slidegossip (at) gmail.com | Phone : 0857-808-70772