Rabu, 02 Januari 2019

Tanggapi Cara Wudhu Sandiaga Uno, Gus Nadir: "Anda Ga Bakal Percaya yang Saya Ucapkan!"

slidegossip.com - Tak hanya mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD yang mengomentari video cara berwudhu Sandiaga Uno yang menggunakan air di dalam gayung dan sudah viral, sebelumnya tokoh NU Nadirsyah Hosen alias Gus Nadir juga sempat memberikan tanggapannya terkait video tersebut.

 
Gus Nadir tanggapi cara wudhu Sandiaga Uno (foto: tribunnews.com)

Seperti dilansir dari tribunnews.com (31/12/2018), senada dengan Mahfud MD, Gus Nadir juga berpendapat bahwa air bekas wudhu itu tidak lagi suci mensucikan. Gus Nadir mengatakan, hal tersebut didasari oleh pendapat yang utama dalam mazhab Syafi'i dan Hanafi. Menurut Gus Nadir, memang ada mahzab yang memperbolehkan cara wudhu seperti yang dilakukan Sandiaga Uno, yakni Maliki, dan satu riwayat dari Imam Ahmad.

Gus Nadir juga mengatakan kalau cara wudhu yang dilakukan Sandiaga Uno itu hanya masalah khilafiyah. Sehingga menurutnya, sebenarnya hal itu tidak perlu dipermasalahkan dan dibahas secara berlebihan. Namun Gus Nadir menegaskan kalau santri-santu NU tidak ada yang cara wudhunya seperti itu.

Tapi sebaliknya, kawan-kawannya yang wahabi memang biasanya melakukan wudhu dengan cara seperti yang dilakukan Sandiaga Uno. "Air bekas wudhu (musta'mal) itu tidak lagi suci mensucikan menurut pendapat yang utama dalam mazhab Syafi’i dan juga Hanafi. Maliki membolehkan, begitu juga 1 riwayat dari Imam Ahmad. Masalah khilafiyah. Gak usah heboh. Yang jelas santri NU wudhunya gak gitu. Kawan2 Wahabi sih kayak gitu," jelas Gus Nadir.

Tapi rupanya, tak semua netizen merasa setuju dengan pernyataan Gus Nadir. Sampai-sampai ada yang membandingkan dengan pendapat Ustad Yusuf Mansur soal cara berwudhu Sandiaga Uno. Menurut netizen tersebut, Ustad Yusuf Mansur pernah menyaksikan sendiri bahwa Sandiaga Uno adalah orang yang terbiasa menjaga wudhunya. "Kesaksian ustd @Yusuf_Mansur, sandi jaga wudhu, apakah om @na_dirs jaga wudhu? sisi ekonomi diantara mereka berdua sukses mana?," tanya seorang netizen. "Ya monggo ditanya langsung ke Ustad @Yusuf_Mansur tentang saya. Masak saya harus ngaku2 sendiri, anda gak bakal percaya apapun yang saya ucapkan. Contoh: twit saya sebelumnya itu justru meluruskan agar orang tidak heboh dengan cara wudhunya Sandi. Kok anda malah nyinyir ke saya," balas Gus Nadir.
Share this article :

Artikel Terkait:

Comments
0 Comments

Comments :

0 komentar to “Tanggapi Cara Wudhu Sandiaga Uno, Gus Nadir: "Anda Ga Bakal Percaya yang Saya Ucapkan!"”


Posting Komentar

 

Copyright © 2012 by Berita Terbaru dan Profil Artis Terkini Powered By SlideGossip | Design by Opung | Contact Email : slidegossip (at) gmail.com | Phone : 0857-808-70772