Minggu, 24 Juli 2016

Tips Buat Ibu Hamil : Ini 5 Hal Yang Harus Dilakukan Untuk Merubah Posisi Bayi Yang Sungsang Menjadi Normal di Dalam Perut

slidegossip.com - Posisi bayi yang normal atau tidak sungsang di dalam perut adalah salah satu faktor kelancaran proses melahirkan secara normal untuk para ibu hamil. Posisi janin yang mempercepat proses kelahiran adalah kepala janin yang ke arah panggul dan menghadap ke arah punggung. Sedangkan posisi janin yang sungsang akan menjadi kendala yang dialami oleh beberapa ibu hamil.

 

Pada usia 36 minggu kehamilan, biasanya janin akan berada di posisi siap melahirkan. Sang ibu bisa melakukan kebiasaan berikut ini saat usia kehamilan 30 minggu hingga 37 minggu untuk mengubah posisi janin yang sungsang agar menjadi normal.

1.Posisi
Ibu hamil hanya perlu berbaring pada permukaan datar dan menaruh bantal pada pinggul hingga lebih tinggi dari kepala. Pastikan kondisi ini aman untuk dilakukan. Pastikan ibu hamil tidur di atas alas atau papan yang aman. Lakukan gerakan ini tiga kali per hari dan lakukan selama 15 menit. Usahakan melakukan kondisi ini saat perut kosong dan bayi sedang aktif. Lakukan sesantai mungkin sambil bernapas dalam-dalam.

2. Latihan dada
Ibu hamil bisa mencoba berlutut di lantai atau tempat diri. Letakkan lengan ke bawah dan buat posisi rahim lebih tinggi dari kepala. Dorong panggul ke atas seperti sedang menungging. Lakukan posisi ini dalam waktu 5 – 15 menit. Ibu hamil bisa melakukannya sehari dua kali dalam posisi perut kosong. Gunakan bantal atau penyangga lainnya agar ibu hamil merasa lebih nyaman.

3. Forward Leaning Inversion
Posisi ini memang lebih sulit dibandingkan posisi lainnya. Posisinya hampir sama dengan posisi push-up, namun kaki berada di tempat yang lebih tinggi seperti di atas kursi. Mintalah bantuan orang lain untuk membantu posisi ini agar lebih lama. Lakukan gerakan ini selama 30 detik saja dan lakukan 3 kali per hari.

4. Dengan suara dan cahaya
Ibu hamil perlu memiliki kebiasaan mendengarkan suara musik klasik. Musik dapat merangsang bayi untuk bergerak mendekat tulang kemaluan sang ibu. Selain itu, ibu hamil bisa menggunakan senter atau penerangan lampu lainnya. Arahkan cahaya ke bagian rahim bawah.

5. Barang yang panas atau dingin
Ibu hamil bisa menggunakan barang yang panas atau dingin sebagai cara mengubah posisi janin sungsang. Tempatkan barang dingin seperti sebungkus es batu dekat kepala bayi agar ia beralih dan melarikan diri dari rasa dingin. Atau, ibu hamil bisa menempelkan kompres air hangat di bagian bawah panggul agar ia bergerak ke arah yang panas.
Share this article :

Artikel Terkait:

Comments
0 Comments

Comments :

0 komentar to “Tips Buat Ibu Hamil : Ini 5 Hal Yang Harus Dilakukan Untuk Merubah Posisi Bayi Yang Sungsang Menjadi Normal di Dalam Perut”


Posting Komentar

 

Copyright © 2012 by Berita Terbaru dan Profil Artis Terkini Powered By SlideGossip | Design by Opung | Contact Email : slidegossip (at) gmail.com | Phone : 0857-808-70772