Minggu, 01 September 2013

5 Bahan Alami di Sekitar Kita Untuk Perawatan dan Kecantikan Kulit

Alam menyediakan banyak sekali bahan alami yang tak hanya baik untuk kesehatan, tapi juga untuk kecantikan kulit dan wajah. Tak heran banyak orang, khususnya wanita yang menerapkan cara alami untuk menjaga kecantikan kulit mereka. Cara ini pun sudah dikenal sejak lama dan diwariskan turun temurun mulai dari cara tradisional hingga modern seperti terkandung dalam produk kecantikan modern sehari-hari.
Lalu apa saja bahan alam yang dipercaya dapat menyehatkan dan mempercantik kulit bahkan dianggap bisa mencegah penuaan dini itu?
1. Bengkoang
Buah berwarna putih dan masuk dalam jenis umbi-umbian ini memiliki kandungan air sangat tinggi, selain juga mengandung gula, pati, fosfor dan kalsium. Kandungan ini dipercaya memberi efek pendinginan yang baik.
Bagaimana bengkoang bekerja untuk kecantikan kulit? Umbi bengkoang diambil sari patinya dengan cara diparut lalu dibalurkan ke wajah atau kulit tubuh untuk mendapatkan kulit halus, mulus dan cerah. Saripati bengkoang membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan memudarkan noda-noda kulit sehingga kulit tampak lebih putih dan bersih dari noda.
Sari pati bengkoang mengandung emolient yang berguna menjaga kelembaban kulit.

2. Madu
Makanan dalam bentuk cairan berwarna coklat keemasan ini merupakan suplemen kesehatan bagi tubuh. Namun tak hanya itu, madu juga digunakan nenek moyang untuk merawat kecantikan. Madu dipercaya sebagai bahan pelembab dan menghaluskan kulit.
Bagaimana madu bekerja untuk kecantikan kulit? Ini karena kandungan di dalamnya yaitu berbagai jenis gula seperti fruktosa, glukosa, maltose, sukrosa dan air yang efektif memberikan fungsi melembabkan pada kulit dan juga membantu mengangkat sel kulit mati.
Madu juga bersifat antiseptik yaitu memberikan perlindungan kulit dan mengatasi eksema dan gangguan penyakit kulit seperti gatal-gatal dan jerawat. Madu bersifat antioksidan sehingga membantu mencegah proses penuaan dini dan melindungi tubuh dari bahan berbahaya seperti sinar matahari yang mengandung sinar ultraviolet.

3. Bunga
Apa yang diingat dari bunga selain dari bentuknya yang cantik dan warnanya yang indah? Tentu saja adalah baunya yang khas dan harum. Ada bunga yang baunya lembut sehingga menenangkan dan ada juga yang baunya tajam.
Bagaimana bunga bekerja untuk kecantikan kulit? Wangi-wangian bunga inilah yang kemudian dimanfaatkan untuk aromaterapi yang banyak digunakan dalam perawatan kecantikan saat ini. Wangi bunga membantu wanita menjaga mood-nya agar tetap baik, memberi efek refreshing, calming, atau relaxing.

4. Susu
Tak hanya baik untuk kesehatan, susu juga sangat baik untuk menjaga kondisi kulit agar tetap sehat dan cantik. Beberapa penelitian menyebutkan, milk protein pada susu bermanfaat untuk melembabkan, membersihkan, dan memperbaiki jaringan sel kulit yang menua dan rusak, membuat kulit terasa lembut, halus, menghilangkan jerawat dan membantu memutihkan kulit.
Bagaimana susu bekerja untuk kecantikan kulit? Mencampurkan sedikit susu pada air bilasan untuk mandi akan membuat kulit sehat, lembab dan terawat.

5. Pepaya
Pepaya merupakan sumber vitamin A dan enzim papain yang sangat baik. Vitamin A merupakan antioksidan yang kuat sehingga membantu kulit mengatasi radikal bebas dan mencegah penuaan dini.
Bagaimana pepaya bekerja untuk kecantikan kulit? Kandungan enzim papain memiliki fungsi exfoliator atau pengelupasan sel kulit mati yang baik sehingga sangat membantu membersihkan kulit dan mengangkat sel kulit mati.
[berbagai sumber/mor]/inilah.com
Share this article :

Artikel Terkait:

Comments
0 Comments

Comments :

0 komentar to “5 Bahan Alami di Sekitar Kita Untuk Perawatan dan Kecantikan Kulit”


Posting Komentar

 

Copyright © 2012 by Berita Terbaru dan Profil Artis Terkini Powered By SlideGossip | Design by Opung | Contact Email : slidegossip (at) gmail.com | Phone : 0857-808-70772