Sabtu, 31 Agustus 2013

Lebih Berat Mana, Jantung, Usus, Paru-Paru, Kulit, Hati Atau Otak?

Mungkin sebagian dari kita sering bertanya, bagian organ tubuh manusia yang mana yang paling berat? Lebih berat mana jantung, usus, paru-paru,kulit, hati atau otak? Ini jawabannya.
Otak atau paru-paru memang merupakan organ tubuh yang banyak menjadi pusat perhatian. Namun bagaimana dengan kulit, tahukah kamu berapa beratnya kulit? Ternyata kulit adalah organ tubuh manusia yang paling berat! Apa sebabnya?
Kulit terdiri dari tiga lapisan, yakni lapisan epidermis, dermis dan jaringan subkutan. Ketebalan kulit pun sangat bervariasi di seluruh tubuh. Misalnya, kulit halus sekitar mata hanya setebal beberapa lembar kertas dan kulit di lutut kaki hanya setebal penghapus pensil.
Kulit memiliki karakteristik berbeda di banyak daerah, tapi kulit merupakan satu organ dan tak semua kulit 'berdaging'. Sebagai organ, kulit membungkus tubuh manusia, termasuk kuku dan rambut. Secara total, sekitar 16 persen total berat badan kita adalah kulit.
Kebanyakan kulit orang dewasa beratnya 10 kilogram atau lebih. Tentunya berat kulit ini bervariasi tergantung pemiliknya, semakin kurus seseorang, semakin ringan berat kulitnya. Jika rata-rata kulit dewasa dibentangkan, maka kulit mampu mencakup dua meter persegi.
Setelah kulit, organ tubuh manusia yang terberat adalah usus (3,75 kg), paru-paru (2,5 kg), hati (1,6 kg), otak (1,5 kg) dan jantung (0,3 kg).
(Op);sumber:beritaunik.net
Share this article :

Artikel Terkait:

Comments
0 Comments

Comments :

0 komentar to “Lebih Berat Mana, Jantung, Usus, Paru-Paru, Kulit, Hati Atau Otak?”


Posting Komentar

 

Copyright © 2012 by Berita Terbaru dan Profil Artis Terkini Powered By SlideGossip | Design by Opung | Contact Email : slidegossip (at) gmail.com | Phone : 0857-808-70772