Rabu, 11 Oktober 2017

Rayakan Hari Kue Bulan, Koko Cici Jakarta Tampilkan Galeri Sejarah Kue Bulan

slidegossip.com - Dalam rangka memperingati Hari Raya Kue Bulan atau Mooncake yang jatuh pada tanggal 4 Oktober 2017 lalu, Koko Cici Jakarta mengadakan Mid-Autumn Festival bertajuk 'Pesona Sang Bulan, Terangi Jakarta', yang digelar di Main Atrium, Pluit Village Mall, pada hari Sabtu (7/10/2017). Dalam acara tersebut, Koko Cici Jakarta yang juga sebagai Duta Budaya Tionghoa turut melestarikan sejarahkue bulan melalui pameran galeri foto.

 
Koko Cici Jakarta peringati hari raya Kue Bulan (Image:slidegossip.com)

Pameran yang telah dimulai sejak tanggal 2 Oktober hingga 8 Oktober 2017 itu menceritakan cuplikan skenario dan narasi awal mula terciptanya kue bulan beserta maknanya. Ketua Pelaksana Acara, Koko Eric Sebastian mengatakan, "Tahun ini kami membuat mooncake Exhibition dengan menampilkan sejarah kue bulan yang dikemas dalam bentuk foto bercerita. Konsep ini dipilih karena dengan memahami sejarah kue bulan maka perayaan pun akan lebih bermakna," ungkapnya.

Koko Jakarta 2017, Koko Steven Tjhin menambahkan, "Kue bulan memiliki bentuk bulat utuh yang memiliki makna kebersamaan dan perayaan ini dijadikan momentum untuk berkumpul dan berbagi kebahagiaan bersama keluarga sembari menyantap kue bulan," ujarnya.

Acara dibuka dengan penampilan Tari Kipas dan dilanjutkan fashion show dari Koko Cici Jakarta dengan mengenakan koleksi terbaru dari designer Victor Dinata. Busana yang ditampilkan adalah akulturasi antara kebudayaan tionghoa dengan kebudayaan lokal yaitu Kebaya Encim. Koko Cici Jakarta juga menghadirkan pelukis pasir untuk menghibur para tamu undangan. Untuk menambah kemeriahan acara, para pengunjung dan tamu undangan juga dihibur dengan permainan alat musik tradisional khas Tiongkok, Erhu yang tergabung dalam Koko Cici Orchestra, serta tarian Mars Koko Cici Jakarta.

Hari Raya Kue Bulan atau Zhong Qiu Jie sendiri merupakan salah satu dari beragam kebudayaan Tionghoa yang masih kental di Jakarta. Perayaan ini dilakukan setiap tanggal 15 bulan 8 menurut kalender Imlek dan pada hari itulah bulan dan bumi berada dalam jarak terdekat, sehingga bulan tampak terlihat paling bulat dan bersinar paling terang. Di Indonesia, masyarakat Tionghoa merayakannya dengan menyantap kue bulan bersama. Bentuknya yang bulat sempurna melambangkan terangnya bulan yang menyinari bumi serta keutuhan dan kesatuan keluarga.
Share this article :

Artikel Terkait:

Comments
0 Comments

Comments :

0 komentar to “Rayakan Hari Kue Bulan, Koko Cici Jakarta Tampilkan Galeri Sejarah Kue Bulan”


Posting Komentar

 

Copyright © 2012 by Berita Terbaru dan Profil Artis Terkini Powered By SlideGossip | Design by Opung | Contact Email : slidegossip (at) gmail.com | Phone : 0857-808-70772