Jumat, 02 September 2016

Ini Foto Pasangan Suami Istri, Hakim dan Pengacara di Balik Rekayasa Vonis Hukuman Saipul Jamil

slidegossip.com - Nama pasangan suami istri Karel Tuppu dan Berthanatalia Ruruk Kariman disebut KPK sebagai orang yang mengatur rekayasa vonis hukuman penjara Saipul Jamil. Karel saat ini adalah hakim tinggi di Pengadilan Tinggi (PT) Bandung dan istrinya, Bertha adalah seorang pengacara. Siapa sebenarnya mereka.

 

Seperti dilansir detikcom, Kamis (1/9/2016), Kerel merupakan hakim senior dan pernah bertugas di Pengadilan Negeri Jakarta Utara (PN Jakut) pada tahun 2004-2006. Setelah itu ia dipromosikan menjadi Wakil Ketua PN Tangerang dan menanjak menjadi Ketua PN Pekanbaru. Karier Karel tak terbendung dan ditunjuk menjadi Ketua PN Jakarta Timur pada tahun 2012. Bintang Karel terus bersinar dan diangkat menjadi hakim tinggi untuk Medan dan tahun 2015 ditarik ke Bandung.

Publik mengenal Karel pertama kali saat ia mengadili kasus tewasnya Naek Gonggong Hutagalung pada tahun 2006. Karel kala itu menjadi ketua majelis untuk artis Lidya Pratiwi yang menjadi pelaku pembunuhan kekasihnya itu. Lidya oleh Karel dijatuhi hukuman 17 tahun penjara.

Karel juga memiliki sertifikat hakim tipikor sehingga bisa mengadili berbagai perkara korupsi. Salah satu yang dihukumnya adalah mantan Direktur Bea dan Cukai Soehardjo dengan hukuman 1 tahun penjara. Karel didakwa jaksa KPK mempunyai peran mengatur putusan Saipul Jamil, lewat tangan istrinya.

"Pada 10 Mei 2016 menjelang sidang pembacaan eksepsi, Bertha menerima telepon dari suaminya Karel Tuppu yang menanyakan persidangan perkara atas nama Saipul Jamil dan menyampaikan agar terdakwa I (Bertha-istrinya) menemui Ifa Sudewi untuk meminta bantuan perkara Saipul Jamil," kata jaksa KPK, Dzakirul Fikri dalam sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta, (31/8/2016).

Lalu bagaimana dengan keterlibatan Bertha? Ia merupakan advokat senior. Karel dan Bertha menikah pada tahun 1982. Perempuan kelahiran 30 Agustus 1960 itu tinggal di komplek mewah di Grand Golf, Modernland bersama Karel. Untuk memudahkan memobilitas, Bertha juga tinggal di sebuah apartemen di Gunung Sahari. Sehari-hari, Bertha mengendarai Pajero Putih Nopol B 100 THN.

Bertha adalah perempuan yang aktif bermain sosial media dan kerap mengupload foto dan video wisata bersama suaminya, seperti ke Belgia, Paris atau Timur Tengah. Kedua anak (1 perempuan dan laki-laki) Karel-Bertha sama-sama berprofesi sebagai hakim dan kini masih aktif berdinas. Anak perempuannya sebelum menjadi hakim merupakan seorang pegawai bank.

Atas perintah suaminya, Bertha bisa menghubungi ketua majelis Saipul Jamil, Ifa Sudewi lewat panitera pengganti Rohadi. Bertha menjanjikan uang sebanyak Rp 250 juta kepada Ifa. Uang itu didapat dari kakak Saipul Jamil, Samsul Hidayatullah.

"Hati-hati bu," kata Samsul ke Bertha.

"Iya," jawab Bertha dan memasukkan uang itu ke mobilnya.

Namun sebelum uang itu sampai ke Ifa, KPK menangkap Bertha saat menyerahkan uang tersebut ke Rohadi. Pada 15 Juni 2016, Rohadi yang mengendarai Pajero Nopol B 8 RPC dibekuk KPK saat menerima uang dari Bertha. "Nggak,nggak,nggak," kata Karel menyanggah terlibat dalam kasus itu usai diperiksa KPK beberapa waktu lalu. (detik.com)

Share this article :

Artikel Terkait:

Comments
0 Comments

Comments :

0 komentar to “Ini Foto Pasangan Suami Istri, Hakim dan Pengacara di Balik Rekayasa Vonis Hukuman Saipul Jamil”


Posting Komentar

 

Copyright © 2012 by Berita Terbaru dan Profil Artis Terkini Powered By SlideGossip | Design by Opung | Contact Email : slidegossip (at) gmail.com | Phone : 0857-808-70772