Sabtu, 21 November 2015

Ini Kalimat Yang Diucapkan Ustadz Maulana Saat Ceramah Yang Diprotes Umat Islam

slidegossip.com - Setelah sebelumnya dikecam karena melakukan gerakan akrobatik dengan melakukan aksi 'nangkring' di atas mimbar saat berceramah, Ustaz Maulana belum lama ini mengeluarkan pernyataan kontroversial. Ustadz yang muncul di acara 'Islam Itu Indah' di TransTV dan dikenal dengan jargon 'jamaah oh jamaah' itu melontarkan kalimat yang tidak sepatutnya diucapkan oleh seorang Ustadz.

Dalam acara 'Islam Itu Indah' TransTV pada hari Senin tanggal 9 November 2015, Ustadz Maulana mengatakan bahwa dalam hal kepemimpinan itu tidak ada kaitannya dengan agama. "Ah agamanya beda? gak usah berbicara agama, kepemimpinan itu tidak berbicara masalah agama," ujarnya.

Sang Ustadz yang juga bintang iklan ini menganalogikan kepemimpinan kaum muslimin itu sama dengan seorang pilot dalam sebuah pesawat. "Jadi kau tidak mau naik pesawat kalau pilotnya agama lain? masa kau mau tanya sama pramugari, pilotnya siapa? agamanya apa? jadi kau tidak mau naik pesawat itu? tidak usah seperti itu," ucapnya ketus.

Tidak hanya itu, menurutnya, pihak yang menolak pemimpin non muslim itu sedang melakukan kampanye hitam. "Jadi berbicara seperti ini jangan ada black campaign, itu maksudnya kampanye hitam, terselubung, jelek-jelekan orang, buat sensasi, buat kerusuhan, jangan coba-coba seperti itu," tandasnya.

Dengan mengatakan bahwa dalam hal kepemimpinan itu tidak ada kaitannya dengan agama, Ustadz Maulana dinilai tidak mengerti dalil-dalil yang ditetapkan Allah dalam Alquran tentang kepemimpinan. "Padahal masalah kepemimpinan ini banyak dijelaskan oleh Allah dalam firmanNya di Alquran," jelas Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bogor bidang aliran menyimpang, Ustaz Wilyudin Dhani seperti dilansir Suara Islam Online, Senin (9/11/2015).

Ia menyebutkan dua ayat Alquran tentang kepemimpinan, diantaranya:

"Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang Yahudi dan Nasrani menjadi pemimpin-pemimpin(mu); sebahagian mereka adalah pemimpin bagi sebahagian yang lain. Barangsiapa diantara kamu mengambil mereka menjadi pemimpin, maka sesungguhnya orang itu termasuk golongan mereka. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim." (QS. Al Ma'idah 51)

"Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil jadi pemimpinmu, orang-orang yang membuat agamamu jadi buah ejekan dan permainan, (yaitu) di antara orang-orang yang telah diberi kitab sebelummu, dan orang-orang yang kafir (orang-orang musyrik). Dan bertakwalah kepada Allah jika kamu betul-betul orang-orang yang beriman." (QS. Al Ma'idah 57).

Menurut Ustaz Dhani, jika dirujuk dari dua ayat tersebut saja sudah jelas kalau Ustaz Maulana jarang baca Alquran. Kemudian, analogi Ustaz Maulana tentang kepemimpinan dalam Islam digambarkan seperti pilot itu tidak sesuai. "Jelas tidak nyambung dan semakin menggambarkan kejahilan dirinya terhadap masalah agama," ucap Ustaz Dhani.

Karena itu, ia menghimbau kepada Ustaz Maulana agar segera tobat dan membuat pernyataan di TV yang sama untuk meminta maaf kepada umat Islam atas pernyataan ngawurnya.

Seperti diketahui, Ustaz Maulana mengeluarkan pernyataan kontroversinya dalam sebuah acara di TV pada Senin (9/11). Menurutnya dalam kepemimpinan itu tidak ada kaitannya dengan agama.

Ketua Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, Cholil Nafis menulis dalam akun Facebook pribadinya, bahwa Ustadz bernama lengkap Muhammad Nur Maulana itu telah meminta maaf atas kata-kata yang salah dalam isi ceramahnya. Permintaan maaf tersebut diungkapkan Ustadz Maulana saat melakukan mediasi antara Ustadz Maulana, pihak Trans TV, dan MUI.

"Ustadz Maulana menyatakan mhn maaf jika ada kata2 dari isi ceramahnya yg salah. Ia menarik ucapannya klo pemilihan pemimpin tdk ada kaitannya dg Islam," tulisnya, Rabu (18/11/2015).

Selain itu, dia menambahkan, Ustadz Maulana juga menyatakan kembali agar umat Muslim memilih pemimpin yang seiman dan yang baik. Ustadz Maulana, tambah Cholil, juga meminta bimbingan kepada MUI agar dirinya bisa menyampaikan dakwah yang lebih baik. Selain Ustadz Maulana, manajemen Trans TV juga menyatakan bahwa program acara 'Islam Itu Indah' meminta bimbingan MUI dalam siaran-siarannya.

MUI, ungkap dia, menyambut baik koreksi pemirsa dan umat Islam yang menyatakan aspirasinya untuk meluruskan isi ceramah Ustadz Maulana. MUI melihatnya bahwa protes itu adalah bentuk cinta Islam dan semangat memperbaiki dakwah Islamiyah.

"Walhamdulillah teman2 pemuda muslim (GPII dan organisasi pemuda muslim lainnya) telah mengoreksi dakwah ustadz Maulana di TransTV ttg Memilih pemimpin seiman," tambahnya.

MUI, lanjutnya, juga mengapresiasi niat baik Ustadz Maulana dan manajemen Trans TV untuk melakukan klarifikasi atau tabayyun terhadap isi ceramahnya, sekaligus meminta maaf atas segala kesalahannya.

"MUI siap membimbing Ust. Maulana dalam aktifitas dakwanya. MUI memberi hasil2 fatwa utk memudahkan tema2 dakwah dibtransTV. Mudah2-an semua hal ini menjadi bahan evaluasi bagi dakwah kita dan menjadi pembelajaran sehingga kita menjadi manusia pembelajar," lanjutnya. (Op)
Share this article :

Artikel Terkait:

Comments
0 Comments

Comments :

0 komentar to “Ini Kalimat Yang Diucapkan Ustadz Maulana Saat Ceramah Yang Diprotes Umat Islam”


Poskan Komentar

 

Copyright © 2012 by Berita Terbaru dan Profil Artis Terkini Powered By SlideGossip | Design by Opung | Contact Email : slidegossip (at) gmail.com | Phone : 0857-808-70772