Minggu, 20 September 2015

Pesona Keindahan Alam Garut Yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

slidegossip.com - Sudahkah Anda merencakan akan liburan kemana saja pada akhir pekan atau libur panjang? Pernahkah terpikir untuk mengisi liburan ke Garut, Jawa Barat, yang ternyata menyimpan pesona keindahan yang wajib dikunjungi. Ya, Kabupaten Garut di Jawa Barat memendam potensi alam yang luar biasa. Banyak tempat wisata menarik yang bikin kita betah untuk berlibur di sana.
"Garut sangat luar biasa. Garut luasnya 320 hektar dengan panjang pantai 80 km. Garut ini ada 42 kecamatan. Tiap kecamatan ada pesona luar biasa," ujar Bupati Garut, Rudy Gunawan dalam acara Orientasi Jurnalis Pariwisata (OJP) di Kamojang Green Hotel and Resort, Garut, Jumat (18/9/2015) malam.
Ia mengatakan ada banyak sekali objek wisata yang bisa dikunjungi di Garut. Mulai dari gunung, pantai, danau hingga kebun mawar. Beberapa objek wisata pun banyak yang lokasinya berdekatan. Sehingga sekali datang, banyak tempat yang bisa dijangkau sekaligus.
"Di jalur ini saja (jalur di Kecamatan Samarang) keindahan tentang Garut sangat luar biasa. Hanya berjarak 1 km ada Hotel Sampireun, 1 km lagi ke atas ada Danau Cibereum, 500 m dari situ ada kebun mawar, kemudian ada taman burung, penangkaran elang," jelas Rudy.
Untuk pantainya, banyak sekali pantai yang menarik untuk dikunjungi ketika liburan di Garut. Ada Pantai Parang Paranje yang pemandangannya begitu indah, Pantai Cicalebak yang disebut-sebut tak kalah indah dengan Pantai Kuta di Bali, hingga Pantai Rancabuaya dengan legenda buaya ganas.
"Rancabuaya, ranca itu artinya tempat bersemayam. Dulu dipercaya ada buaya laut yang ganas," kata Kadisbudpar kabupaten Garut, Mlenik Maumeriadi.
Selain itu, untuk para traveler pecinta sejarah bisa mampir ke kawasan Cangkuang. Tempat ini merupakan area kota tua yang menggambarkan indahnya toleransi beragama di Garut, dengan candi Hindu dan makam Syekh yang bersebelahan.
Bagi yang ingin mengenal budaya Garut, banyak juga ritual dan kesenian tradisional yang diadakan di waktu tertentu. Seperti dodombaan yaitu atraksi dengan domba, kawin air dan lais. Untuk lais ini semacam debus yang berbau mistis dan bisa disaksikan traveler, dimana pelakunya akan bergelantungan dengan tali yang dikaitkan ke kayu setinggi sekitar 6 meter.
"Lais itu semacam debus, pakai mantra. Naiknya ada tangga dibikin dari golok tajem, di atas sudah tidak menggunakan pengaman, jadi bergelantungan," ucap Mlenik.
Masih banyak lagi pesona Garut yang bisa dieksplor wisatawan. Agar wisatawan yang datang bisa semakin nyaman, Pemkab Garut pun terus mengembangkan objek wisata yang ada dan juga mulai memperbaiki infrastruktur.
(detik.com)
Share this article :

Artikel Terkait:

Comments
0 Comments

Comments :

0 komentar to “Pesona Keindahan Alam Garut Yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan”


Posting Komentar

 

Copyright © 2012 by Berita Terbaru dan Profil Artis Terkini Powered By SlideGossip | Design by Opung | Contact Email : slidegossip (at) gmail.com | Phone : 0857-808-70772