Minggu, 07 April 2013

Tak Perlu Khawatir Jika Bayi Telat Untuk Bisa Belajar Berjalan

Salah satu kekhawatiran yang dirasakan oleh para orang tua terutama para ibu adalah ketika mulai merasa khawatir kapan bayi mereka akan mulai bisa berjalan dan apakah akan berpengaruh terhadap perkembangannya di kemudian hari. Sebenarnya hal ini tak perlu dikhawatirkan. Para ilmuwan mengatakan, bahkan ketika bayi sudah bisa berjalan saat usia sembilan bulan, ini tidak akan berpengaruh terhadap kemajuan mereka di kemudian hari.
Umur yang dianggap paling pas bagi bayi untuk mulai bisa berjalan adalah 12 bulan. Sementara jika bayi belum menunjukkan kemampuan melangkah saat usia 18 bulan, para orang tua disarankan berkonsultasi dengan dokter.
Penelitian yang dilakukan rumah sakit anak di Zurich dengan mengikuti kemajuan dari 222 bayi sehat yang lahir antara 1978-1993, menemukan, bahwa bayi yang lebih dini berjalan bukan berarti akan lebih maju perkembangannya di kemudian hari.
Para peneliti menyimpulkan, tonggak awal motorik mereka hanya sedikit, atau bahkan tidak memiliki kaitan dengan kemajuan mereka secara keseluruhan.
"Waktu, benar-benar tidak ada konsekuensinya. Anak-anak yang mulai belajar berjalan lebih awal tidak lebih cerdas maupun terkoordinasi dibanding yang belum bisa berjalan di awal," kata wakil penelitian seperti dikutip dari dailymail.
Usia khas untuk bayi mulai berjalan adalah 12 bulan, tetapi hasilnya berkisar antara 8,5 bulan sampai 20 bulan.
Profesor Mitch Blair, dari Royal College of Pediatri dan Kesehatan Anak mengatakan, "Saya sering melihat orang tua yang khawatir bahwa anak mereka belum berjalan, atau belajar untuk melakukannya lebih lambat dari rekan-rekan mereka, dan khawatir tentang perkembangan mereka nantinya."
"Pesan meyakinkan adalah bahwa usia di mana anak-anak berjalan bervariasi dan tidak ada hubungan nyata antara berjalan dengan kecerdasan di kemudian hari," imbuhnya.
Dia mengatakan orang tua hanya harus memeriksakan ke dokter jika anak mereka belum mulai berjalan hingga usianya 18 bulan.
[mor]/inilah.com
Share this article :

Artikel Terkait:

Comments
0 Comments

Comments :

0 komentar to “Tak Perlu Khawatir Jika Bayi Telat Untuk Bisa Belajar Berjalan”


Posting Komentar

 

Copyright © 2012 by Berita Terbaru dan Profil Artis Terkini Powered By SlideGossip | Design by Opung | Contact Email : slidegossip (at) gmail.com | Phone : 0857-808-70772