Jumat, 10 Juli 2020

Wanita Cantik Pembobol Bank BNI Rp 1,7 Triliun Ini Akhirnya Tertangkap Setelah 17 Tahun Jadi Buronan!

Maria Pauline Lumowa berbaju tahanan (suara.com)

slidegossip.com - Wanita cantik bernama Maria Pauline Lumowa yang merupakan pembobol kredit bank BNI sebesar Rp 1,7 triliun yang selama ini jadi buronan polisi, akhirnya berhasil ditangkap. Maria tiba di Ruang VIP Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (9/7/2020).

Seperti dilansir dari suara.com (9/7/2020), Maria di ekstradisi dari Serbia oleh pemerintah melalui Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Maria ditangkap setelah 17 tahun menjadi buronan terkait kasus pembobolan kredit BNI sebesar 1,7 Triliun.

Maria Pauline Lumowa diketahui telah meninggalkan Indonesia sejak tahun 2003 dan lama tinggal di Belanda. Upaya ekstradisi pernah diajukan 2 kali namun ditolak oleh pemerintah Belanda. Pada Juli 2019, Maria Pauline Lumowa ditangkap di Serbia. Sejak saat itu, upaya ekstradisi buron tersebut dari Serbia dilakukan.

Berdasarkan keterangan pers dari Kemenkum HAM, Maria Pauline Lumowa merupakan salah satu tersangka pelaku pembobolan kas bank BNI cabang Kebayoran Baru lewat Letter of Credit (L/C) fiktif. Pada periode Oktober 2002 hingga Juli 2003, Bank BNI mengucurkan pinjaman senilai 136 juta dolar AS dan 56 juta Euro atau senilai dengan Rp 1,7 Triliun dengan kurs saat itu kepada PT Gramarindo Group yang dimiliki Maria Pauline Lumowa dan Adrian Waworuntu.

Dalam menjalankan aksinya, Maria ternyata tak bekerja sendirian. Ia bergerak bersama 11 orang lainnya. Kasus mega korupsi BNI terjadi pada tahun 2002 lalu. Pihak kepolisian menetapkan Maria Pauline Lumowa masuk dalam daftar pencarian orang pada tahun 2003.

Perjalanan Maria melarikan diri selama 17 tahun akhirnya harus berakhir setelah ia berhasil ditangkap. Dari jumlah total 12 orang tersangka, hanya Maria yang melarikan diri dan jadi buronan. Kini, Maria akan menjalani proses peradilan sama seperti ke-11 rekannya yang lain.
Share this article :

Artikel Terkait:

Comments
0 Comments

Comments :

0 komentar to “Wanita Cantik Pembobol Bank BNI Rp 1,7 Triliun Ini Akhirnya Tertangkap Setelah 17 Tahun Jadi Buronan!”


Posting Komentar

 

Copyright © 2012 by Berita Terbaru dan Profil Artis Terkini Powered By SlideGossip | Design by Opung | Contact Email : slidegossip (at) gmail.com | Phone : 0857-808-70772