Senin, 06 Januari 2020

Ria Irawan Meninggal, Ternyata Begini Cara Kanker Bisa Kambuh dan Menyebar Lagi!

slidegossip.com - Artis Ria Irawan meninggal dunia pada Senin pagi (6/1/2020) sekitar pukul 04.00 WIB. Ria Irawan meninggal setelah berjuang melawan penyakit kanker stadium 4 yang dideritanya.

 
Ria Irawan (tribunnews.com)

Seperti dilansir dari kompas.com (6/1/2020), Ria Irawan pertama kali didiagnosis denan kanker endometrium atau kanker dinding rahim dan telah menjalani operasi pengangkatan rahim pada tanggal 30 September 2014 lalu.

Saat operasi, dokter juga melakukan biopsi dan menemukan bahwa kanker Ria Irawan ternyata sudah menyebar ke kelenjar getah bening bagian panggulnya. Ria pun harus menjalani kemoterapi. Tahun 2014, kanker getah bening yang diidap Ria dinyatakan sembuh.

Ria pun kembali aktif bermain film hingga tahun 2019. Sayangnya, pada pertengahan 2019, kanker yang diderita Ria kembali kambuh. Kali ini, penyakitnya bahkan sudah menjalar ke paru-paru hingga otak

Lalu sebenarnya bagaimana kanker yang sudah dinyatakan sembuh bisa kambuh kembali, bahkan menyebar hingga ke mana-mana? Adakah kanker yang bisa sembuh? dr. Denny Handoyo Kirana, Sp.Onk.Rad, seorang Dokter Onkologi Radiologi, menjelaskan bahwa banyak orang yang sering salah kaprah menyebutkan kanker sembuh. Padahal menurutnya, istilah sembuh dari kanker kurang tepat, yang benar adalah terkontrol.

"Artinya, orang yang punya kanker tetap punya risiko untuk kambuh. Makanya orang kalau pernah kena kanker, dokternya pasti bilang, 'Kontrol lagi ya'. Ada yang tiga bulan, ada yang setahun sekali. Jadi kalau ada kekambuhan, bisa segera diobati dan tidak menjadi bahaya," jelasnya.

Menurut Denny, kanker memang tidak bisa dibilang pasti akan kambuh atau tidak, tetapi jika kontrol secara teratur, maka kambuhnya kanker sejak awal bisa dideteksi sehingga bisa diobati menjadi baik. Sayangnya, sering kali pasien kanker yang sudah dinyatakan bersih dari kanker tidak mau kembali untuk kontrol. Alhasil, ketika kambuh, kankernya sudah berat dan sulit untuk diobati.

Lalu bagaimana cara kanker menyebar? Denny menjelaskan bahwa penyebaran kanker bisa melalui dua jalur, yakni pembuluh darah dan kelenjar getah bening yang tersebar ke seluruh badan. Pada kasus kanker rahim, sel kanker bisa menyebar melalui keduanya. Pada stadium awal, pertahanan tubuh akan berusaha untuk memblokir sel kanker agar berhenti pada kelenjar getah bening secara lokal.

Namun, apabila dibiarkan terus-menerus, ketahanan tubuh akan kalah dan getah bening akan dikuasai oleh sel kanker untuk menyebar ke mana-mana, termasuk paru-paru dan otak seperti yang dialami oleh Ria Irawan. Lalu, bagaimana cara mencegah kanker itu kambuh? Itulah sebabnya, kontrol secara berkala sangat penting untuk dilakukan, bahkan oleh pasien yang telah dinyatakan bersih dari kanker sekalipun.
Share this article :

Artikel Terkait:

Comments
0 Comments

Comments :

0 komentar to “Ria Irawan Meninggal, Ternyata Begini Cara Kanker Bisa Kambuh dan Menyebar Lagi!”


Posting Komentar

 

Copyright © 2012 by Berita Terbaru dan Profil Artis Terkini Powered By SlideGossip | Design by Opung | Contact Email : slidegossip (at) gmail.com | Phone : 0857-808-70772