Selasa, 30 Juli 2019

Ditipu Ratusan Juta, 25 Artis Jadi Korban Sinetron 'Sajadah Cinta' yang Tak Pernah Tayang!

slidegossip.com - Sebanyak 25 artis mengaku menjadi korban sinetron 'Sajadah Cinta' hingga ditipu sampai ratusan juta rupiah. Seperti dilansir dari tribunnews.com (29/7/2019), 25 artis lokal Kediri itu tertipu dengan syuting sinetron 'Sajadah Cinta' yang dijanjikan bakal tayang di dua stasiun TV nasional di Jakarta.

 
25 artis tertipu main sinetron (faktualnews.co)

Akibat dari aksi penipuan tersebut, para korban menderita kerugian hingga ratusan juta rupiah. Kasus penipuan tersebut melibatkan tersangka Robby Sudarsono alias Bang Jay. Setelah kasus terungkap, kru film warga Jl Letjen Marsaid, Kelurahan Marga Ayu, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi itu akhirnya dijebloskan ke dalam sel tahanan Polres Kediri Kota, pada Senin (29/7/2019).

Sementara itu, Kapolres Kediri Kota AKBP Anthon Haryadi menjelaskan bahwa kasus penipuan tersebut sebenarnya berkedok rekaman pembuatan serial sinetron 'Sajadah Cinta'. Para artis lokal tersebut awalnya dirayu Robby Sudarsono alias Bang Jay yang mengaku sebagai sutradara dari PT Jas Production. Dalam aksinya, Robby mengaku sedang mencari artis lokal Kediri untuk kebutuhan syuting sinetron berjudul 'Sajadah Cinta'.

Untuk menyakinkan para korbannya, Robby Sudarsono mengaku sudah menjalin kerja sama dengan dua stasiun TV nasional di Jakarta. Dengan iming-iming itu, para artis lokal tersebut pun tertarik karena dijanjikan tayangan sinetronnya bakal disiarkan dua stasiun TV nasional. "Para korban semua dijadikan menjadi pemeran utama sinetron," jelas Anthon Haryadi.

Dalam proses perekrutan atau casting artis-artis lokal Kediri itu, pelaku Robby bekerja sama dengan agensi modeling Susni Purwanti alias Bunda Susi. Mereka melakukan casting calon artis tersebut dengan mematok biaya pendaftaran sebesar Rp 150.000 per orang. "Korbannya mayoritas warga Kediri dan sekitarnya," ujar Anthon.

Setelah menjalani casting, selanjutnya untuk mereka yang lolos, setiap pemeran dimintai uang lagi dengan jumlah yang bervariasi. Untuk bermain dalam tayangan sinetron 7 episode biayanya Rp 1,5 juta, 10 episode Rp 5 juta, 30 episode Rp 10 juta dan no limit episode biayanya mencapai Rp 20 juta.

Pada awalnya, yang mendaftar casting sinetron 'Sajadah Cinta' berjumlah 25 orang. Uang yang terkumpul melalui Bunda Susi bahkan mencapai Rp 102 juta. Dari jumlah tersebut, Bunda Susi mendapatkan fee 30 persen. Namun kerja sama dengan Bunda Susi putus hingga pelaku mengkoordinir sendiri pembayaran para artis lokal.

Awalnya, serial sinetron 'Sajadah Cinta' direncanakan bakal tayang di dua stasiun TV nasional mulai tanggal 17 Juli 2019. Bahkan untuk meyakinkan korbannya, para artis sinetron lokal Kediri itu telah dikirab keliling Kota Kediri untuk melakukan promo serial sinetron 'Sajadah Cinta' pada tanggal 21 Juni 2019 lalu.

Bukannya gratis, untuk keperluan biaya kirab tersebut, para artis kembali dimintai dana sebesar Rp 450.000 per orang. Syuting asinetron tersebut pun telah dilakukan di beberapa lokasi seperti Hotel Surya Pare, Kelurahan Mrican dan Desa Jabon, Taman Brantas, Desa Bulusari, Gua Selomangleng, Taman Ngronggo, GOR Jayabaya dan Bendungan Gerak Waruturi Gampengrejo.

Para korban akhirnya menyadari telah ditipu setelah rencana tayang serial sinetron tersebut pada tanggal 17 Juli 2019 ternyata tidak terealisasi. Termasuk kerja sama Bang Jay dengan dua stasiun TV nasional yang ternyata tidak pernah ada alias hanya fiktif belaka.

Sedangkan kaos yang bertuliskan Sajadah Cinta dibuat sendiri oleh pelaku untuk mengelabuhi para korbannya. Kapolres Kediri Kota AKBP Anthon Haryadi menambahkan, kerugian para korban yang telah terdata sebanyak 25 orang dengan total kerugian mencapai Rp 280 juta. Tersangka bakal dijerat dengan pasal 378 KUHP dan pasal 372 KUHP dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara.
Share this article :

Artikel Terkait:

Comments
0 Comments

Comments :

0 komentar to “Ditipu Ratusan Juta, 25 Artis Jadi Korban Sinetron 'Sajadah Cinta' yang Tak Pernah Tayang!”


Posting Komentar

 

Copyright © 2012 by Berita Terbaru dan Profil Artis Terkini Powered By SlideGossip | Design by Opung | Contact Email : slidegossip (at) gmail.com | Phone : 0857-808-70772