Minggu, 23 Juli 2017

Kontroversi Film 'Dilan' : 8 Alasan Terpilihnya Iqbaal CJR Sebagai Pemeran Dilan

slidegossip.com - Setelah sekian lama mencari karakter yang tepat, Iqbaal CJR akhirnya terpilih menjadi pemeran Dilan untuk film 'Dilan' yang akan dirilis di bulan Desember 2017. Sayangnya, banyak kalangan termasuk para artis mengungkapkan kekecewaannya atas terpilihnya Iqbaal CJR sebagai pemeran Dilan. Film 'Dilan' sendiri menceritakan tentang tokoh Dilan, seorang pelajar SMA yang bergabung dalam geng motor di Bandung.

 
Iqbaal CJR (Image:storibriti.com)

Penulis novel 'Dilan', Pidi Baiq akhirnya angkat bicara lewat akun Twitter-nya, terkait alasan pemilihan Iqbaal CJR sebagai pemeran Dilan. Berikut ini adalah 8 alasan menurut sang penulis novel yang membuat Iqbaal CJR terpilih menjadi pemeran Dilan :

1. Iqbaal dan Dilan adalah sosok yang berbeda
Pidi Baiq menegaskan bahwa Iqbaal CJR dan Dilan adalah dua sosok anak muda yang berbeda. Justru karena itulah Pidi memilihnya. Menurutnya, akting Iqbaal CJR nantinya akan ia arahkan untuk bisa menyerupai Dilan yang ia gambarkan dalam novel. "Iqbaal bukan Dilan itu pasti. Iqbaal hanya pemeran Dilan yang harus nurut pada arahanku. Bagaimana harus bicara, bagaimana harus bersikap, dan lain-lain. Saya pernah bersamanya seharian. Saya tidak mau menengok siapa dulunya dia, itu urusannya, saya hanya melihat dia di hari itu dan cukup," tulis Pidi Baiq di akun Twitter-nya.

Lalu mengapa bukan Jefri Nichol, Adipati Dolken, Gusti Rahyan atau aktor lainnya yang memerankan tokoh Dilan? Pidi punya jawaban sendiri atas pertanyaan ini. "Saya tahu Jefri Nichol, pernah seharian bersamanya, saling SMS-an karena HP saya Nokia. Dia sangat keren. Dan saya juga tahu Dilan," tulis Pidi seolah menyiratkan bahwa aktor-aktor tersebut menurutnya masih belum pas untuk memerankan karakter Dilan.

2. Pidi Baiq juga menjadi pengarang lagu-lagu soundtrack film 'Dilan'
Selain menjadi penulis cerita di film 'Dilan', Pidi Baiq juga yang membuat lagu-lagu untuk soundtrack film 'Dilan' ini. Tahun 2016, PIdi sudah merilis album CD 'Voor Dilan' dan video klip lagu-lagu di dalam album tersebut juga sudah dibuat dengan model video klipnya Vanesha Prescilia. Vanesha juga yang akhirnya terpilih untuk menjadi pemeran Milea, pasangan Dilan, yang artinya akan menjadi lawan main Iqbaal CJR.

3. Demi film 'Dilan', Iqbaal CJR mendapat pelatihan langsung dari geng motor asli Bandung
Tak main-main, untuk lebih menjiwai karakter Dilan yang seorang anak geng motor, Iqbaal CJR sampai harus dilatih oleh gangster asli di Bandung. Sebanyak 60 anak-anak geng motor Bandung ini juga nantinya akan menjadi casts di film 'Dilan'.

"Saya sangat berterima kasih ke kawan2 XTC, GBR, Brigez, Moonraker, yang sudah merapat ke rumah The Panasdalam. Salut buat mereka," tulis Pidi Baiq.

4. Dalam ceritanya, Dilan adalah orang Bandung, sedangkan Iqbaal CJR?
Banyak yang menganggap kalau peran Dilan seharusnya diberikan kepada aktor yang orang asli Bandung agar bisa lebih menjiwai karakter Dilan yang ke-Sunda-an. Menjawab pertanyaan ini, Pidi pun memberikan penjelasannya mengapa Iqbaal CJR yang dipilih.

"Saya tidak tertarik membahas primordial. Tapi Dilan lahir di Bandung, ibunya orang Aceh. Dan ayah Iqbaal adalah orang Bandung," tulis Pidi menjawab pertanyaan banyak orang tentang karakter Iqbaal CJR yang dinilai kurang tepat untuk menjadi sosok Dilan.

5. Pidi Baiq sempat marah ke Falcon Pictures
Terkait pembuatan film 'Dilan' yang diproduksi oleh PH Falcon Pictures, Pidi Baiq sempat marah ketika ada keputusan yang diambil tanpa sepengetahuannya. Diduga pemilihan Iqbaal CJR sebagai tokoh Dilan ini adalah salah satunya.

"Sekali waktu mereka mencoba memotong salah satu bagian kecil dan aku sangat berang, kemudian tidak jadi dilakukan. Terima kasih ke mereka (Falcon Pictures). Entah berapa kali sudah memarahi kawan2 yang menangani film 'Dilan' ketika mereka membuat keputusan tanpa konfirmasi, dan mereka sangat kooperatif," tulis Pidi.

6. Viny JKT48 ikut memberikan dukungannya untuk film 'Dilan'
Mendapatkan support dari Viny member JKT48 untuk film 'Dilan' yang akan segera dirilis dan proses syutingnya akan dimulai pada tanggal 26 Juli 2017, Pidi Baiq pun merasa senang. "Siap grak, Viny kapan main lagi ke Rumah The Panasdalam? Jayalah selalu JKT48!!," tulis Pidi Baiq.

7. Pidi Baiq menjawab kritikan Anji soal Iqbaal CJR
Penyanyi solo Anji juga sempat mengungkapkan kritikannya terkait pemilihan Iqbaal CJR sebagai pemeran Dilan. Anji menilai Iqbaal CJR yang punya image alim dan seorang anggota boyband, kurang tepat untuk menjadi sosok Dilan. Pidi pun menjawan kritikan Anji dengan menceritakan pengalamannya.

"Saya ada tetangga yang dulunya preman sekarang sangat saleh, dan saya sangat hormat kepadanya," tulis Pidi seolah menyiratkan bahwa Iqbaal CJR yang alim pun bisa menjadi karakter Dilan yang seorang anak geng motor.

8. Pidi meminta maaf jika keputusannya mengecewakan
Pidi Baiq juga menyampaikan permintaan maafnya jika keputusan memilih Iqbaal CJR menjadi pemeran Dilan ini dirasa masih kurang tetap oleh beberapa pihak. Namun ia berharap film 'Dilan' nanti akan bisa mengubur perasaan kecewa dari orang-orang yang tidak mendukung Iqbaal CJR sebagai pemeran Dilan.

"Jika benar-benar kecewa, maafkan saya. Tetapi pada intinya kami sudah berusaha melakukan semampu yang bisa kami lakukan," tulis Pidi.

Iqbaal Diafakhri Ramadhan atau Iqbaal CJR sendiri terpilih sebagai pemeran Dilan setelah dilakukan pencarian selama satu tahun. Namun yang mengejutkan, Iqbaal CJR ternyata pernah jatuh dari sepeda motor sampai tubuhnya luka-luka. Sementara Dilan adalah karakter anak muda yang macho, badboy dan mahir mengendarai sepeda motor. Fajar Bustomi selaku sutradara film 'Dilan' mengungkapkan bahwa tidak ada rasa trauma dari Iqbaal atas pengalamannya jatuh dari sepeda motor.

"Sejauh ini lancar dan tidak ada ketakutan, trauma. Enggak ada gua bilang 'Ah gila, gua enggak mau naik motor lagi. Kalau ada rasa takut, gua akan jalani," ujarnya di kantor Falcon Pictures, Duren Tiga, Jakarta Selatan, seperti dilansir dari kompas.com (17/7/2017).

Menurut Fajar, faktor lain yang membuat Iqbaal CJR terpilih menjadi pemeran Dilan adalah karena kecerdasannya. Fajar sendiri mengakui bahwa Iqbaal CJR adalah sosok anak muda yang cerdas, apalagi kini Iqbaal sedang menempuh pendidikannya di Amerika Serikat.

"Karakter Dilan ini tidak biasa. Dilan itu cerdas dan dia anak SMA kelas dua. Banyak yang pernah casting dan menurut kami yang paling tepat itu Iqbaal," ujar Fajar.

Iqbaal CJR sendiri mengaku semoat terkejut ketika mendapatkan tawaran bermain film layar lebar langsung menjadi pemeran utama. Hal tersebut ia ketahui ketika sedang menikmati masa liburannya di Indonesia. "Jadi pas aku libur sekolah, pas sampai di Indonesia, mamaku bilang ada tawaran main film. Aku tanya film apa? Film 'Dilan' katanya. Sebagai apa karakter yang aku mainkan, dijawab lagi sebagai Dilan," kenangnya.
Share this article :

Artikel Terkait:

Comments
0 Comments

Comments :

0 komentar to “Kontroversi Film 'Dilan' : 8 Alasan Terpilihnya Iqbaal CJR Sebagai Pemeran Dilan”


Posting Komentar

 

Copyright © 2012 by Berita Terbaru dan Profil Artis Terkini Powered By SlideGossip | Design by Opung | Contact Email : slidegossip (at) gmail.com | Phone : 0857-808-70772