Sabtu, 11 Maret 2017

Apa Itu Permainan Skip Challenge? Mengapa Pass Out Challenge Dilarang dan Berakibat Kematian?

slidegossip.com - Bagi para orang tua diharapkan untuk berhati-hati, karena sekarang ini sedang beredar permainan yang disebut Skip Challenge atau Pass Out Challenge di kalangan remaja dan anak muda. Video tentang permainan Skip Challenge ini sudah gencar beredar di media sosial YouTube, Facebook hingga Instagram.

 
Permainan Skip Challenge (foto:indowarta.com)

Apa Itu Permainan Skip Challenge atau Pass Out Challenge?
Skip Challenge atau Pass Out Challenge adalah permainan yang dilakukan dengan cara menekan dada sekeras-kerasnya dengan tujuan agar kehilangan oksigen selama beberapa waktu, dan menyebabkan si anak kejang dan pingsan. Setelah beberapa saat anak akan siuman. Cara lain dari permainan Skip Challenge ini dilakukan dengan cara bernapas dengan cepat selama hampir semenit kemudian memasukkan jempol ke dalam mulut.

Permainan ini juga sudah menjadi trending topic di Twitter. Banyak anak yang menganggap ini adalah pengalaman yang menegangkan sekaligus menyenangkan. Tapi tanpa mereka sadari, sebenarnya mereka pingsan karena asupan oksigen ke otak terhenti selama beberapa saat. Dan hal tersebut bisa menyebabkan kerusakan sel-sel otak. Bahkan bisa berakibat fatal seperti kelumpuhan hingga kematian.

Efek lain dari permainan Skip Challenge atau Pass Out Challenge adalah keinginan untuk mengulangi atau melakukannya lagi dengan intensitas yang lebih besar. Hal ini dikarenakan mereka yang melakukan permainan ini merasakan sensasi tertentu dan jadi kian tertantang.

Bukti berbahayanya permainan Skip Challenge yang paling fatal adalah jatuhnya korban jiwa akibat melakukan permainan 'maut' ini. Salah satu anak yang menjadi korban dari permainan Skip Challenge atau Pass Out Challenge adalah Da'Vorius Christopher Gray, asal Amerika Serikat yang meninggal tahun lalu. Anak yang masih berusia 11 tahun ini meninggal setelah ia bermain Skip Challenge atau Pass Out Challenge dan hangman (permainan yang bertujuan untuk menghilangkan kesadaran diri).

Kejadian terulang pada tahun 2012 lalu ketika remaja berusia 15 tahun bernama David Nuno asal Amerika Serikat juga meninggal akibat permainan Skip Challenge ini. Ketika ia tidak sadarkan diri, kepalanya terkulai menghantam gelas kaca yang akhirnya menusuk bagian lehernya hingga berujung kematian.

Bagaimana cara mencegah agar anak tidak mengikuti permainan Skip Challenge atau Pass Out Challenge? Agar kejadian ini kembali terulang, para orang tua disarankan untuk lebih berhati-hati dan mengawasi setiap permainan yang dilakukan anaknya, termasuk para guru di sekolah. Karena sebagian anak yang membuat video skip challenge melakukannya sambil tertawa senang, karena mereka mengira bahwa permainan ini tidak berbahaya.

Para orang tua juga sebaiknya mengawasi tontonan anak di media sosial ataupun di internet, karena kejadian yang dialami David Nuno terjadi hanya karena ia meniru video yang ditontonnya di internet. Skip challenge yang merupakan salah satu jenis pass out challenge (permainan untuk menghilangkan kesadaran diri), juga dilakukan dengan cara mencekik leher sendiri atau orang lain dengan tujuan yang sama yakni untuk menghilangkan kesadaran.

Berbagai cara melakukan permainan Skip Challenge atau Pass Out Challenge ini tersebar di dunia maya. Di Amerika, permainan ini justru sudah lama dikenal. Bahkan menurut data yang diungkap laman GASP, hampir 1000 orang meninggal akibat permainan Pass Out Challenge sejak tahun 1934. Yang tak kalah mengejutkan, nama lain dari permainan Skip Challenge atau Pass Out Challenge ini adalah "Good Boys Game" (permainan anak yang baik) karena tidak melibatkan alkohol ataupun narkoba di dalamnya.

Itulah alasan mengapa permainan Skip Challenge atau Pass Out Challenge ini dilarang. Salah satunya karena memang sudah terbukti menyebabkan kematian. Mereka yang melakukan permainan ini sebenarnya hanya merasakan euforia selama beberapa saat. Meski umumnya para pemain hanya kehilangan kesadaran selama beberapa saat, namun kekurangan oksigen yang dialami bisa menyebabkan kematian sel dalam tubuh. Kematian sel inilah yang akan menyebabkan tubuh kehilangan kemampuan motorik, sehingga tangan juga jadi tidak mampu melonggarkan cekikan dan pada akhirnya akan berujung pada kematian anak yang bermain.
Share this article :

Artikel Terkait:

Comments
0 Comments

Comments :

0 komentar to “Apa Itu Permainan Skip Challenge? Mengapa Pass Out Challenge Dilarang dan Berakibat Kematian?”


Poskan Komentar

 

Copyright © 2012 by Berita Terbaru dan Profil Artis Terkini Powered By SlideGossip | Design by Opung | Contact Email : slidegossip (at) gmail.com | Phone : 0857-808-70772