Kamis, 16 Januari 2014

10 Tradisi Perayaan Ulang Tahun Paling Unik Dari Berbagai Negara di Dunia

Selalu ada cara unik dan menarik untuk merayakan hari kelahiran atau ulang tahun. Semua orang pasti pernah merasakan berulang tahun. Ya iyalah, kalau tidak pernah ulang tahun, artinya tidak pernah pernah lahir. Nah, cara mereka melakukan perayaan ulang tahun itu sendiri juga ada macam-macam lho! Berikut ini adalah macam-macam tradisi perayaan ulang tahun paling unik di seluruh dunia :
1. Tradisi Perayaan Ulang Tahun di Amerika Serikat
Ada trend baru di negeri Paman Sam ini, yakni 'smash-cake'. Sesuai namanya, orang yang berulang tahun memang akan diberikan kue tambahan yang harus ia hancurkan dan buat berantakan. Biasanya perayaan ini untuk anak-anak, tapi sepertinya orang dewasa juga bakal suka kalau disuruh melakukan ritual ini. 

2. Tradisi Perayaan Ulang Tahun di Inggris
Khususnya di Irlandia, yang berulang tahun akan digantung terbalik dan dibenturkan perlahan ke tanah untuk nasib yang baik. Jumlah benturan sesuai dengan umur orang tersebut plus satu untuk bonus nasib baik.

3. Tradisi Perayaan Ulang Tahun di Karibia
Khususnya dilakukan di Jamaika, tubuh orang yang berulangtahun akan jadi putih karena tepung yang dilempar oleh teman, keluarga, dan peserta pesta ulang tahun lainnya.

4. Tradisi Perayaan Ulang Tahun di Hungaria 
Segera setelah anak yang berulangtahun membuka hadiah mereka, orang-orang terkasih bergiliran menarik telinga si anak tersebut untuk memberkatinya dengan umur panjang dan kebahagiaan. Mereka kemudian menyanyikan sebuah lagu yang jika diterjemahkan bisa berarti, 'Tuhan memberkatimu, hidup begitu lama sehingga telinga kamu mencapai pergelangan kakimu.'

5. Tradisi Perayaan Ulang Tahun di Jerman
Tradisi yang lebih unik ada di Jerman. Apabila pria telah mencapai umur 30 tahun dan belum mempunyai pacar, ia harus menyapu tangga di balai kota. Apabila tangga sudah bersih disapu, teman-teman pria tersebut akan melemparkan sampah-sampah sehingga tangga harus kembali disapu. Bahkan mereka juga tidak boleh pergi dari tempat itu sebelum ada seorang wanita menciumnya meskipun dengan alasan karena kasihan.

6. Tradisi Perayaan Ulang Tahun di Scotlandia
Perayaan ulang tahun di negara ini adalah dengan cara memberi tepukan lembut di bagian punggung yang ulang tahun, dimana tepukan itu sekaligus menempelkan kertas catatan yang isinya harapan bagi yang berulangtahun.

7. Tradisi Perayaan Ulang Tahun di China
Fakta yang ada di China adalah anak-anak tidak menerima nama resmi mereka sampai apa yang dikenal sebagai perayaan Yuen Mun (diterjemahkan sebagai Full Moon), yang berlangsung sebulan setelah kelahiran mereka. Ritual ini melambangkan mereka telah menjadi terikat kepada dunia. Adapun item simbolis-nya berupa perhiasan, seperti gelang atau gembok kecil.

8. Tradisi Perayaan Ulang Tahun di Kanada
Perayaan ulang tahun di Kanada lebih unik lagi. Mereka yang berulang tahun, khususnya anak perempuan, hidungnya akan diolesi mentega. Mereka percaya mentega itu licin, maka tindakan ini dapat menghindarkan sang anak dari nasib sial dalam hidupnya. Meskipun sedikit tidak masuk akal, sampai sekarang sebagian masyarakat Kanada masih menjalankan tradisi ini.

9. Tradisi Perayaan Ulang Tahun di Venezuela
Perayaan ulangtahun sangat identik dengan kue dan lilin. Umumnya, orang Venezuela merayakan pesta dengan kue, misalnya saat ulang tahun dan saat pernikahan. Kue tersebut dihias sedemikian rupa dan untuk yang berulang tahun ditaruh sejumlah lilin sesuai dengan umur orang tersebut. Lilin melambangkan permohonan kepada Tuhan atas umur yang baru, maka sebelum lilin ditiup, yang berulang tahun harus membuat permohonan di dalam hati. Konon apabila lilin dapat padam dalam sekali tiup, maka permohonannya akan terkabul.

10. Tradisi Perayaan Ulang Tahun di Switzerland
Umumnya di acara ulang tahun anak-anak akan selalu ada badut lucu yang selalu menghibur. Tapi berbeda dengan apa yang dilakukan oleh seorang aktor dari Swiss ini, ia membuat topeng badut dengan tampang yang menyeramkan dan membuat anak-anak takut di acara ulang tahun. Dominic Deville, pria yang beralih menjadi badut berwajah seram itu mendapatkan ide setelah dia menonton film horor favorit-nya, setelah itu dia membuka usaha untuk layanan Badut Jahat di Lucerne. Usaha barunya ini pun tampaknya berjalan dengan mulus. Pada saat ia diminta untuk melayani konsumennya, pertama kali yang ia lakukan adalah menelepon sang 'korban' untuk memperingatkan bahwa pada saat anak itu akan mengadakan pesta ulang tahun, dia akan melemparkan kue ulang tahun itu ke mukanya. Hii ada yang lebih seram?

Begitulah beberapa tradisi ulang tahun di berbagai negara, berbeda-beda tapi sebenarnya intinya sama, sebagai bentuk perayaan dan ucapan syukur atas diberinya pertambahan umur oleh Yang Maha Kuasa. Bisa juga jadi referensi kalau ada yang mau merayakan ulang tahun.
(astaga.com;listbattle.com)
Share this article :

Artikel Terkait:

Comments
0 Comments

Comments :

0 komentar to “10 Tradisi Perayaan Ulang Tahun Paling Unik Dari Berbagai Negara di Dunia”


Poskan Komentar

 

Copyright © 2012 by Berita Terbaru dan Profil Artis Terkini Powered By SlideGossip | Design by Opung | Contact Email : slidegossip (at) gmail.com | Phone : 0857-808-70772