Kamis, 22 April 2021

Cara Mempersiapkan Ruang Kelas Untuk Kelas Tatap Muka

slidegossip.com - Terhitung dari awal tahun ini, beberapa kegiatan sudah dapat dilakukan secara offline. Salah satunya adalah kegiatan belajar-mengajar.

 Kegiatan belajar mengajar (merdeka.com)

 

Di beberapa daerah sudah diterapkan kelas secara offline. Ini sudah menjadi hal yang ditunggu-tunggu oleh siswa dan guru setelah mengalami proses belajar-mengajar secara online yang dinilai cukup menyulitkan.

 

Walaupun sudah bisa dilakukan secara offline, bukan berarti guru atau tenaga pengajar bisa melakukan pembelajaran seperti biasanya. Dibutuhkan cara yang efektif saat mengajar agar penularan virus corona dapat dihentikan meski masih berada di situasi masa pandemi.

 

Nah, supaya tetap aman saat melakukan KBM atau kegiatan belajar mengajar, artikel ini akan membahas cara mempersiapkan ruang kelas untuk kelas tatap muka. Beberapa di antaranya adalah:

 

1. Gunakan Air Purifier Sambil Membuka Jendela

 

Jangan salah bahwa air purifier juga bisa menjadi pendukung untuk membuat kelas tetap aman dari penularan COVID-19. Air purifier yang dihidupkan dan disertai dengan jendela yang terbuka dinilai ampuh untuk membuka ventilasi, sehingga mampu menghilangkan partikel kecil sebesar 1 mikron untuk masuk di dalam ruang kelas.

 

Lebih lanjut lagi seperti yang dilansir dari profesor kesehatan global dari Universitas George Mason Amira Roess menyimpulkan bahwa aliran udara yang baik dari penggunaan air purifier dan membuka jendela akan memungkinkan aliran udara menjadi lebih baik, hingga kemudian mampu memindahkan partikel aerosol keluar dari dalam kelas yang salah satu diantaranya bisa jadi partikel virus Corona.

 

2. Tata Kursi dan Meja dengan Benar

 

Cara pertama untuk mempersiapkan kelas tatap muka dengan menata kursi dan meja kelas dengan benar. Tips yang dapat dilakukan adalah dengan membuat jarak meja dan kursi peserta didik sebesar 1.5 meter.

 

Tips lain dalam menata kursi dan meja juga bisa ditambah dengan membuat model tempat duduk berhuruf U, yang disertai dengan tata letak dengan formasi Chevron. Sebelum melakukan hal-hal tersebut, pastikan kursi dan meja yang ditata tidak menghalangi gerak interaksi ketika Anda mengajar saat proses belajar-mengajar sedang berlangsung.

 

3. Pastikan Sudah Disemprot dengan Desinfektan di Ruang Kelas

 

Kursi dan meja yang disusun dengan baik tidak akan berarti bila tidak disemprot dengan desinfektan terlebih dahulu. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah dengan membeli desinfektan atau membuat desinfektan sendiri.

 

Ada banyak toko baik offline dan online yang sudah bisa memesan desinfektan untuk kebutuhan ruang kelas Anda. Selain itu bisa juga dengan membuatnya langsung dengan menggunakan cairan pemutih, alkohol 70%, karbol, atau pembersih lantai sebagai bahan utama untuk membuat desinfektan. Setelah itu Anda lakukan dengan menambahkan alat pendukung lainnya seperti alat semprot plastik, gelas ukur, kain fiber, sarung tangan dan masker.

 

4. Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

 

Dibalik menjamin higienitas kelas tatap muka, hal yang paling penting untuk dilakukan adalah dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

 

Saat berada di dalam kelas ada beberapa langkah yang harus diterapkan sebagai upaya dalam melakukan upaya tersebut, di antaranya adalah dengan  jaga jarak dengan maksimal kapasitas siswa sebesar 18 orang untuk pendidikan dasar dan menengah, serta  untuk SLB dan PAUD maksimal 5 orang dengan jarak 1,5 meter.

 

Protokol kesehatan juga menganjurkan agar menggunakan masker 3 lapis atau 2 lapis yang sudah diisi tisu di dalamnya, dan tentunya tidak boleh ada kegiatan lain selain KBM atau kegiatan belajar-mengajar.

 

Setelah mengetahui bagaimana cara mempersiapkan ruang kelas untuk kelas tatap muka, ada 1 hal penting yang harus dilakukan agar aman saat mengikuti pembelajaran offline atau tatap muka di masa pandemi, beberapa di antaranya adalah dengan selalu cek kondisi suhu tubuh, membawa bekal dan makanan sendiri, rajin mencuci tangan, selalu terapkan jaga jarak dengan teman atau rekan, dan tentunya jangan panik secara berlebihan.

 

Dengan melakukan hal tersebut, Anda setidaknya terbebas dari penularan COVID-19 karena sudah mengikuti protokol kesehatan dan cara yang tepat dalam pembelajaran yang dilakukan secara tatap muka.

 

Demikian artikel cara mempersiapkan ruang kelas untuk kelas tatap muka, semoga Anda dapat terhindar dari penularan COVID-19 setelah melakukan hal-hal yang sudah disampaikan. Semoga sehat selalu!

Share this article :

Artikel Terkait:

Comments
0 Comments

Comments :

0 komentar to “Cara Mempersiapkan Ruang Kelas Untuk Kelas Tatap Muka”


Posting Komentar

 

Copyright © 2012 by Berita Terbaru dan Profil Artis Terkini Powered By SlideGossip | Design by Opung | Contact Email : slidegossip (at) gmail.com | Phone : 0857-808-70772