Sabtu, 21 November 2020

Tentara Amerika Ini Cantik Banget! Ternyata Dulu Pernah Jadi Miss Indonesia!

slidegossip.com - Cukup lama tak terdengar kabarnya, Miss Indonesia 2006 Kristania Virginia Besouw atau akrab disapa Kristy, ternyata kini sudah menetap di Amerika Serikat. Kristy juga kini sudah menjadi tentara sekaligus perawat di AS.

 Kristania Virginia Besouw (idntimes.com)

 

Seperti dilansir dari wolipop.detik.com (20/11/2020), Kristy menikah pada tahun 2007 dengan James Hall, seorang pria lulusan kedokteran dari sebuah universitas di Filipina. Bersama sang suami, saat ini Kristy tinggal di Colby, Kansas, Amerika Serikat.

 

Kristy meninggalkan Indonesia untuk terbang ke Los Angeles, Amerika Serikat, setahun setelah kemenangannya sebagai Miss Indonesia 2006. Kemudian pada tahun 2007, ia berangkat ke AS dengan turis visa, menyusul sang mama yang sudah lebih dulu tinggal di sana.

 

"Tujuannya memang untuk mulai hidup baru. Aku suka berpetualang, look for new opportunities and learn about life in general. Waktu itu mama sudah duluan tinggal di USA, jadi aku nggak susah ambil keputusannya," tuturnya, Jumat (20/11/2020).

 

Setelah tinggal di Los Angeles, Kristy mengubah visa turisnya menjadi visa pelajar. Ia pun rela meninggalkan pendidikannya di jurusan ekonomi Universitas Sam Ratulangi untuk kuliah jurusan keperawatan. Setelah dua tahun di Los Angeles, wanita kelahiran 7 Mei 1985 itu memutuskan pindah dan menetap di Kansas, Amerika Serikat karena biaya sekolah di kota tersebut lebih murah.

 

Kristy pun berhasil menyelesaikan studinya di jurusan keperawatan. Namun setelah meraih gelar Associate Degree in Nursing, ia tidak lulus untuk mendapatkan sertifikasi sebagai perawat. "Buat aku dulu itu tesnya susah banget. Hambatan bahasa juga dan memang tesnya susah," katanya.

 

Saat mencoba meraih sertifikasi sebagai perawat itu, Kristy tertarik mendaftar sebagai bagian dari tentara Amerika Serikat. Wanita 35 tahun itu mendaftar progam Military Accessions Vital to the National Interest (MAVNI) pada tahun 2014. Dia mendaftar dengan visa pelajar yang saat itu dimilikinya.

 

"Prosesnya panjang, awal background checknya aja aku tunggu delapan bulan. Terus ke Basic Trainingnya 10 minggu (mulai Oktober 2014). Susah banget karena waktu itu aku masuk umur 28 tahun, sementara majority calon prajurit yang lain berusia 19-24 tahun, tapi ada juga beberapa yang lebih tua (batas masuk Army umur 34 tahun). Tapi lulus juga, Alhamdulillah," kenang Kristania Virginia Besouw.

 

Saat menjalani pelatihan menjadi tentara Amerika Serikat, diakui Kristy tidaklah mudah. Dia mengaku kesusahan menjalani tes fisik. Namun dengan tekad bulat, dia berhasil menyelesaikan latihan militer tersebut. Setelah selesai Basic Training, anak kedua dari tiga bersaudara itu langsung ditempatkan di Texas, Amerika Serikat selama empat tahun.

 

"Aku di Army sebagai Licenced Vocational Nurse, kerja di rumah sakit. Dalam empat tahun itu aku di promosi ke pangkat E-5 (Sergeant)," ujarnya.

 

Saat mendapat kesempatan menjadi perawat tentara Amerika Serikat itu, Kristy belajar dengan keras. Ia bertekad ingin mendapatkan sertifikasi sebagai perawat. "Akhirnya lulus licensing buat Registered Nurse, lalu aku ambil kelas online, dibayarin Army, terus dapat Bachelor of Science in Nursing (BSN). Pas lulus BSN, aku selesai kontrak dengan Army," jelas wanita yang merupakan Miss Indonesia pertama itu.

 

Setelah lulus menjalani latihan sebagai tentara Amerika Serikat dan meraih gelar Bachelor of Science in Nursing, Kristy tinggal di Houston, Texas, bersama suaminya. "Statusku sekarang di Army is Individual Ready Reseve (IRR), dimana aku lepas tugas, tapi dalam empat tahun ini, sampai Oktober 2022, aku bisa dipanggil jadi aktif duty kalau mereka perlu soldiers," tambah Kristania Virginia Besouw.

 

Kristania Virginia Besouw mengaku sudah lama tertarik menjadi tentara wanita. Baginya profesi tersebut bisa membuktikan pada dirinya sendiri bahwa wanita yang dianggap cantik dan pintar, bisa juga menjadi kuat dan teguh. Bahkan saat menjadi tentara Amerika Serikat, Kristy yang kini sudah menjadi warga negara Amerika itu juga berprestasi.

 

"Sapat medals: The Army Commendation Medal, The Good Conduct Medal, The Army Achievement Medal. Aku juga dapat badge Expert Shooter, artinya ya lumayan jago nembak," ujarnya.

 

Sedangkan menjalani pekerjaan sebagai perawat, dia tertarik karena ingin membantu sesama, terutama orang yang sakit. Baginya profesi perawat yang saat ini dijalaninya sangat berarti. "Menjadi perawat bukan hanya memberi obat saja tapi kita menjadi mata dan telinga pasien kita. Kita yang monitor pasien 7 hari 24 jam. Di Indonesia keperawatan mungkin tidak seperti di USA. Di sini profesi perawat sangat dihargai. Sekolahnya juga bisa sampai Doctorate of Nursing dan bekerja berdampingan dengan dokter-dokter dan profesi lainnya," tambah Kristy.

 

Bagi Kristy, bekerja menjadi perawat sudah menjadi panggilan hati nuraninya. Katanya, bisa saja dia hidup mudah di Indonesia setelah meraih gelar Miss Indonesia 2006. Namun bukan kemudahan itu yang diinginkannya dalam menjalani hidup.

 

"There is more to life than just looking pretty and being popular. Kita harus menggunakan kemampuan diri kita untuk berpartisipasi dan melayani sesama tanpa memandang latar belakang.Semoga bisa memotivasi anak-anak muda untuk bekerja keras dan menggapai cita-cita dan bisa partisipasi buat masyarakat," pungkas Kristy yang kini bekerja sebagai perawat ICU dan kerap menangani kasus pasien COVID-19 di Texas Medical Center itu.

Share this article :

Artikel Terkait:

Comments
0 Comments

Comments :

0 komentar to “Tentara Amerika Ini Cantik Banget! Ternyata Dulu Pernah Jadi Miss Indonesia!”


Posting Komentar

 

Copyright © 2012 by Berita Terbaru dan Profil Artis Terkini Powered By SlideGossip | Design by Opung | Contact Email : slidegossip (at) gmail.com | Phone : 0857-808-70772