Sabtu, 13 Juli 2019

Tips Mudah Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris

slidegossip.com - Bahasa Inggris menjadi hal yang sangat penting untuk masuk ke dunia kerja. Namun jika kamu merasa kursus cukup mahal, kamu bisa lakukan tips mudah ini untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris kamu.

 

 Kamu tentu sudah sadar bahwa kemampuan berbahasa asing menjadi hal yang sangat dibutuhkan untuk masuk ke dunia kerja, terutama bahasa Inggris. Menyadari hal tersebut, membuat para orang tua biasanya sudah membekali anak-anaknya dengan pendidikan Bahasa Inggris sedari dini. Tidak sedikit juga orang tua yang menerapkan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari di rumah.

Mengikuti kursus bahasa Inggris mungkin jadi alternatif terbaik supaya bisa berkomunikasi dengan baik. Namun dibutuhkan biaya yang kadang tidak sedikit, yang membuat orang kadang jadi enggan untuk belajar. Padahal masih ada beberapa cara mudah lainnya yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Apa saja? Simak penuturannya di bawah ini.

Pahami lirik lagu berbahasa Inggris

Musik biasanya menjadi cara paling efektif untuk merangsang kinerja otak. Dalam hal meningkatkan kemampuan berbahasa, musik juga bisa kamu manfaatkan sebagai media belajar apalagi musik easy listening yang dibarengi dengan lirik yang mudah diingat.

Namun, pastikan kamu tidak hanya mendengarkan dan menghafalkan lirik saja. Coba terjemahkan dan gali makna lagunya juga. Saat ini sudah banyak situs-situs di internet yang bisa jadi tempatmu mencari tahu makna lirik lagu. Maka dari itu kamu harus memiliki paket internet yang cukup saat sedang berusaha mendalami lirik lagu. Jika ternyata paket internetmu habis, sebaiknya langsung isi pulsa telkomsel di traveloka. Jangan sampai kehabisan pulsa jadi penghalang proses belajar kamu.

Tonton film tanpa subtitle

Cukup banyak yang menganggap listening sebagai sesi tersulit dalam belajar bahasa Inggris. Kemampuan listening yang baik adalah salah satu modal penting untuk kamu bisa berkomunikasi dengan bahasa Inggris. Kalau saja kamu tidak bisa menangkap dengan baik apa yang diucapkan lawan bicaramu, pasti kamu tidak akan bisa menimpalinya dengan tepat. Nah, supaya hal itu tidak terjadi, kamu wajib membiasakan diri dengan menonton film atau program TV tanpa harus menggunakan subtitle.

Coba rekam suaramu saat mengucapkan kalimat Bahasa Inggris

Setelah listening, speaking juga kerap dianggap sebagai sesi yang cukup menakutkan. Karena lidahmu sedari kecil terbiasa dengan bahasa Indonesia, buat artikulasi bahasa Inggrismu terdengar kaku. Hal itu juga yang menjadi penyebab kamu kurang percaya diri dalam berbahasa Inggris. Kesalahan seperti itu bisa dicegah dengan merekam setiap kamu berbicara dengan bahasa Inggris. Setelah itu, kamu bisa dengarkan kembali dan perhatikan artikulasi atau pengucapan kata mana yang masih kurang sesuai. Ulangi hal tersebut secara terus-menerus, dijamin hal itu akan membuat lidahmu lebih terbiasa.

Mulai membaca buku berbahasa Inggris

Jika kamu suka membaca, yuk mulai coba membaca buku-buku berbahasa Inggris. Kamu bisa mulai dengan membaca buku anak-anak yang kata-katanya sedikit dan mudah dipahami.Jika sudah mulai lancar, kamu bisa mengalihkan bukunya ke arah novel-novel dengan genre yang kamu suka. Satu hal yang terpenting adalah jangan mengabaikan kosakata yang kamu tidak mengerti, cari makna kosakata tersebut di dalam kamus dan langsung hafalkan.

Itulah beberapa tips sederhana yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris kamu. Mempelajari sebuah bahasa itu sebenarnya hanya masalah kebiasaan. Asalkan kamu mau membiasakan diri untuk berbicara dan mendengar dengan bahasa Inggris, lambat laun kemampuan kamu tentu akan meningkat.
Share this article :

Artikel Terkait:

Comments
0 Comments

Comments :

0 komentar to “Tips Mudah Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris”


Posting Komentar

 

Copyright © 2012 by Berita Terbaru dan Profil Artis Terkini Powered By SlideGossip | Design by Opung | Contact Email : slidegossip (at) gmail.com | Phone : 0857-808-70772