Jumat, 12 Juni 2015

Punya Kumis dan Otot, Ini Atlet Putri Indonesia Yang Jenis Kelaminnya Terus Dipertanyakan!

slidegossip.com - Salah satu atlet voli putri Indonesia yang bernama Aprilia Santini Manganang sempat mengalami kendala di ajang SEA GAMES 2015 karena Filipina telah meminta Komite Penyelenggara SEA Games 2015 (SINGSOC) untuk melarang Aprilia tampil pada laga pertama Grup B SEA Games 2015, Rabu (10/6/2015).
Sebelumnya, ketua asosiasi bola voli Filipina, Jose Romasanta juga telah mengajukan keberatan kepada SINGSOC. Pihak Filipina mempertanyakan jenis kelamin atlet voli yang memperkuat Jakarta Electric PLN tersebut.
"Setelah kami mengajutkan keberatan, maka manajer kompetisi akan berkomunikasi langsung dengan federasi bola voli atau ofisial bola voli di sini," ujar juru bicara kontingen Filipina seperti dilansir ABS CBN News.
Pihak Filipina meminta Komite Medis SEA Games melakukan tes hormon terhadap Aprilia. Untuk sementara atlet 23 tahun itu masih bisa memperkuat Indonesia saat menghadapi Filipina di OCBC Arena.
"Dia (Aprilia) sangat kuat, seperti memainkan atlet pria di kelompok putri. Entah dia main atau tidak, itu bukan masalah, karena kami akan memberikan yang terbaik," ujar pelatih voli putri Filipina, Roger Gorayeb, seperti dilansir Inquirer.
Ini bukan kali pertama jenis kelamin Aprilia sebagai seorang atlet wanita dipertanyakan. Pada tahun 2011, jenis kelamin Aprilia dipertanyakan tim Popsivo Polwan di ajang Livoli. Ketika itu, Popsivo menolak bertanding melawan Alko Bandung, klub yang diperkuat April.
Kondisi serupa terulang di Livoli 2013, setelah Bank Jatim Surabaya dan Petrokimia Gresik melancarkan protes. Status gender atlet kelahiran Pulau Siau, Sulawesi Utara itu juga diprotes Filipina pada kualifikasi kejuaraan dunia zona Asia Tenggara di Vietnam.
Tes gender merupakan satu hal yang sensitif di dunia olahraga. Selain itu, dibutuhkan waktu yang lama sebelum hasil tes keluar.
Sekilas penampilan Aprilia Santini Manganang memang mirip seorang pria. Wanita ini memiliki dada bidang, lengan kekar berotot, dan sedikit kumisan. Hal ini dapat dilihat pada beberapa foto di akun Facebook miliknya. Hal ini mungkin yang membuat pelatih Filipina, Roger Gorayeb, mengaku meragukan jenis kelamin wanita milik Aprilia karena penampilan dan fisiknya yang tampak berotot.
Ia mengajukan protes kepada panitia pelaksana SEA Games Singapura dan meminta mereka memeriksa gender pevoli yang terkenal dengan smashnya yang tajam tersebut. Hal ini diungkapkan oleh situs berita Filipina, Inquirer.net dan dilansir Kompas.com, Selasa (9/62015).
"Dia (Aprilia) kuat sekali. Ini seperti memasukkan pemain putra dalam tim putri," kata Gorayeb seperti dikutip Inquirer.net.
April memang pernah menjalani sejumlah tes medis dan hasilnya memang terbukti dirinya benar wanita. Kondisi ini sempat membuatnya putus asa. Namun berkat doa dan dukungan dari keluarga, teman, serta sejumlah pihak, April akhirnya bisa mengatasi situasi ini. 
(Op)
Share this article :

Artikel Terkait:

Comments
0 Comments

Comments :

0 komentar to “Punya Kumis dan Otot, Ini Atlet Putri Indonesia Yang Jenis Kelaminnya Terus Dipertanyakan!”


Poskan Komentar

 

Copyright © 2012 by Berita Terbaru dan Profil Artis Terkini Powered By SlideGossip | Design by Opung | Contact Email : slidegossip (at) gmail.com | Phone : 0857-808-70772