Senin, 16 Maret 2015

Kisah Hidup Artis Oka Antara : "Setiap Ada Pelajaran Agama, Gue Gak Ikut!"

(slidegossip.com) Aktor tampan asal Bali bernama lengkap Nyoman Oka Wisnupada Antara yang lebih dikenal dengan nama populer Oka Antara mengaku hidup dalam beragam agama di keluarganya. Pria yang telah bermain di 11 film layar lebar ini merupakan salah satu aktor yang diperhitungkan di Tanah Air. Hidup di dalam keluarga yang beragam keyakinan tidak membuat Oka bingung. Sejak kecil Oka memang terbiasa dengan lingkungan yang berbeda keyakinan. Dan ia tidak pernah memusingkan hal ini.
"Dari SD gue ada pelajaran agama, dan kebetulan agama gue Hindu. Setiap kali ada pelajaran agama gue ga ikut, karena gue ga memeluk agama yang mayoritas dan gue cuma baca buku di ruang Bimbingan Penyuluhan. Jadi kompensasinya gue dimasukin ke sekolah agama tiap hari minggu di Pure Rawamangun. Di situ gue belajar agama, tapi gue ga pernah pusingin dan ternyata doa harus dihafalin, males banget gue," kenangnya.
"Ke sininya gue justru menjadikan itu fondasi. Gue hidup itu kan terbiasa dari berbagai macam agama. Nyokap dulu muslim, keluarga gue dari nyokap muslim semua. Kalo Lebaran gue Idul Fitrian juga ke Jogja. Kalo dari Bokap Hindu, pas Nyepi Kuningan Galungan gue rayain sama keluarga Bokap. Gue pernah pacaran sama perempuan Islam dan pernah juga sama perempuan Katolik. Jadi gue punya banyak banget referensi. Istri gue mayoritas keluarganya Islam, jadi gue terbiasa banget sama keberagaman," kata Oka Antara yang pernah beradegan ciuman dengan Luna Maya ini.
Oka mengakui dari keberagaman agama di lingkungannya, menjadikan beberapa ajaran agama sebagai pelajaran dan panduan dalam hidupnya. "Tapi ya dengan kepercayaan satu terhadap Tuhan. Jadi gue mengapresiasikan semua agama dalam hidup gue," imbuh Oka yang pernah meraih penghargaan sebagai Pemeran Utama Pria Terfavorit di Indonesia Movie Awards 2010.
Dalam hubungan dengan Sang Khalik, Oka mengaku baru beberapa tahun belakangan ini, ia merasa dekat dengan Tuhan. "Tahun-tahun belakangan ini gue merasa dekat sama Tuhan, mungkin karena gue dikasih jalur di film seperti sekarang. Karena gue lihat dikasih rejeki, dikasih kerjaan dan gue diberi kesempatan main film, FTV dan rejeki selalu ada. Buat gue itu sesuatu yang gue capai porosnya ada di tingkah laku gue," tuturnya.
"Gue berpikir hebat juga cara kerja Tuhan dan alam untuk memberikan rezeki dan menjauhkan kita dari rezeki. Gue sekarang santai sama kerjaan gue, gue juga ga takut sama kompetisi. Satu hal yang gue pelajari, banyak banget orang kayaknya takut mengambil kerjaan tertentu. Gue ngambil kerjaan itu untuk nafkahin keluarga gue dan menghadapi hidup dengan lapang aja," tambahnya.
Berasal dari keluarga mampu dan bekerja di dunia entertainment, bukan berarti hidup selalu berjalan lancar. Oka pernah mengalami masalah keuangan. Hal itu membuatnya tidak pernah memilih-milih pekerjaan. Dari sinetron hingga film layar lebar.
"Yang baru terjadi dalam seumur hidup gue, gue kan berada di keluarga menengah ke atas, harusnya gue ga pernah ngerasa kesusahan. Tapi karena didikan bokap gue keras banget, ketika gue berumah tangga, gue baru sekali nangis karena ga ada uang. Karena susah kalo ketemu orang seperti bokap gue. Di satu sisi gue bangga karena dia membuatku menjadi laki-laki seperti sekarang, ga yang tiba-tiba petantang-petenteng,” ucap Oka yang akhirnya mendapatkan tawaran bermain sinetron dan FTV.
Tidak hanya itu, suatu waktu Oka ingin memperbaiki rumah dan di saat bersamaan mata uang Dolar menguat sehingga berimbas kepada harga bahan bangunan yang naik hingga 25%. "Pas gue udah ngancurin itu rumah, tiba-tiba Dolar naik, dan itu di luar dari perhitungan gue, akhirnya pengeluaran gue lebih besar dari perkiraan," imbuh Oka.
Pengalaman-pengalaman itu akhirnya memperkaya hidupnya. Hal inilah yang membuat Oka selalu bersyukur dan membangun kedekatan dengan Tuhan. "Terkadang orang berdoa cuma pas dia lagi sedih aja, pas lagi seneng lupa sama Tuhan. Yang penting selalu bersyukur dan tetap berusaha aja," ujar Oka yang pernah meraih penghargaan sebagai Pemeran Pembantu Pria Terpuji dalam Festival Film Bandung di tahun 2009.
Setelah vakum selama dua tahun dari dunia perfilman, Oka kembali ke layar lebar. Oka terakhir bermain film 'Sang Penari' tahun 2011. Baginya kembali ke dunia film merupakan suatu mukjizat. Dua film yang dibintangi yakni 'Killers' dan 'The Raid 2 :Berandal' yang dirilis tahun 2014 ternyata menuai pujian karena berhasil lolos seleksi untuk world premiere atau pemutaran perdana pada Sundance Film Festival di Park City, Utah Amerika Serikat.
"Bisa bayangin ga, orang yang cuma ngandelin main film untuk nyari nafkah dan ga ada tawaran dua tahun. Gue pure main FTV dan sinetron, jadi gue merasa putus asa saat itu. Gue susah untuk masuk lagi. Tiba-tiba di waktu yang bersamaan karakter yang dicari itu gue. Lewat audisi dan gue keterima. Akhirnya gue bisa main, Killers dan The Raid 2 dan semuanya masuk ke Sundance Film Festival. Itu buat gue berkah banget, ini tuh kayak Tuhan ngasih gue kesempatan," ucapnya bangga.
Ditambahkan Oka bahwa ia bukanlah pribadi yang rajin sembahyang, tapi ia berusaha melakukan hal-hal baik yang diperintahkan-Nya. "Gue ga rajin sembahyang tapi yang penting selalu melakukan hal yang baik yang disuruh Tuhan, selalu bersyukur, gue ga fitnah orang, gue yakin Tuhan pasti balas yang baik juga. Karma baik itu selalu ada," katanya berfilsafat.
Kembalinya Oka Antara ke dunia film membuka kesempatan baginya ke dunia televisi. "Jadi orang industri TV kiblatnya film, siapa yang lagi in di film, mereka akan rekrut, sedangkan sinetron dan FTV itu duit. Gue harus ngikutin tren dan harus direkrut sama mereka," tutup Oka.
(detikforum)
Share this article :

Artikel Terkait:

Comments
0 Comments

Comments :

0 komentar to “Kisah Hidup Artis Oka Antara : "Setiap Ada Pelajaran Agama, Gue Gak Ikut!"”


Poskan Komentar

 

Copyright © 2012 by Berita Terbaru dan Profil Artis Terkini Powered By SlideGossip | Design by Opung | Contact Email : slidegossip (at) gmail.com | Phone : 0857-808-70772