Selasa, 17 Juni 2014

Aksi Sosial Perayaan 'Bakcang Bagi Bangsaku' Bersama Koko Cici Jakarta

"Satu Makanan Khas. Satu Makna. Satu Indonesia." Dalam rangka merayakan Hari Raya Bakcang atau Peh Cun yang jatuh di bulan Juni 2014, Koko Cici Jakarta mengadakan serangkaian kegiatan yaitu program donasi '1 Anak 1 Bakcang' dan lomba foto 'Bakcang Selfie'. Selain itu, pada hari Minggu, 15 Juni 2014, ditutup dengan aksi sosial berupa kunjungan ke Panti Asuhan Desa Putera di Jakarta Selatan, untuk berbagi kasih dan menghibur anak-anak yatim piatu.
Koko Bryan Gunawan selaku ketua panitia mengungkapkan, "Perayaan Bakcang memiliki makna sebuah pengorbanan bagi bangsa. Oleh karena itu, tema Bakcang Bagi Bangsaku dipilih karena Koko Cici Jakarta percaya bahwa sebagai bagian dari Bangsa Indonesia, semangat jiwa pengorbanan dan nasionalisme mutlak dimiliki oleh setiap orang, termasuk para generasi muda. Kami ingin mengajak orang-orang khususnya warga Jakarta untuk ikut berbagi kepada sesamanya."
Program donasi 1 Anak 1 Bakcang ini dimulai sejak bulan Mei 2014 hingga tanggal 14 Juni 2014 dan bertujuan untuk mengajak masyarakat Jakarta untuk ikut terlibat dalam kegiatan sosial. Setiap sepuluh ribu Rupiah yang disumbangkan akan didonasikan untuk anak-anak bangsa yang membutuhkan dalam bentuk bakcang sebagai bentuk kepedulian pada sesama.
Selain itu, Koko Cici Jakarta juga mengadakan lomba foto berhadiah 'Bakcang Selfie' di mana tiap partisipan diminta untuk berfoto sambil menunjukkan gambar poster online Bakcang Bagi Bangsaku untuk kemudian diunggah ke media sosial sebagai bentuk aksi kepedulian.
Kegiatan berikutnya adalah kunjungan sosial ke Panti Asuhan Desa Putera untuk merayakan Hari Raya Bakcang bersama. Acara dimeriahkan dengan pertunjukkan tarian Mars Koko Cici Jakarta, acara menyanyi bersama, drama singkat mengenai awal kisah Hari Raya Bakcang, serta berbagai macam games seru seperti lomba Kreasi Bakcang di mana anak-anak diminta untuk menunjukkan kreativitasnya dalam menghias bakcang.
Acara diakhiri dengan pengumuman pemenang lomba dan doorprize, pembagian hadiah, serta foto bersama. 
Tentang Hari Raya Bakcang atau Peh Cun
Hari Raya Bakcang atau Peh Cun yang merupakan salah satu budaya dari beragam kebudayaan Tionghoa yang masih kental di Jakarta dan merupakan hari tradisional China kuno yang berawal pada masa Chunqiu (periode Musim Semi dan Gugur, 770 SM - 476 SM).
Diawali dengan kisah seorang menteri negara Chu yang sangat berbakat, setia dan bijaksana namun tidak disukai oleh keluarga kerajaan, sehingga ia melompat bunuh diri ke sungai Miluo karena sedih akan masa depan negaranya.
Rakyat begitu mencintainya sehingga mereka kemudian mencari jenazah menteri tersebut dengan melemparkan makanan agar ikan-ikan tidak merusak jenazah beliau. Makanan tersebut adalah nasi berisi daging (ayam atau babi) berbentuk segitiga dan dibungkus dengan daun bambu untuk menghindarkan makanan tersebut dimakan naga penghuni sungai.
Makanan inilah yang hingga kini dikenal sebagai bakcang. Perlombaan mendayung perahu pun kerap dilakukan untuk merayakan Hari Raya Bakcang dengan maksud untuk mencari jenazah sang menteri.
(Op)
Share this article :

Artikel Terkait:

Comments
1 Comments

Comments :

1
Stefany mengatakan...
on 

Aksi2 sosial dari Koko Cici JKT ini bagus, semoga makin sering aja.

Poskan Komentar

 

Copyright © 2012 by Berita Terbaru dan Profil Artis Terkini Powered By SlideGossip | Design by Opung | Contact Email : slidegossip (at) gmail.com | Phone : 0857-808-70772