Selasa, 18 Februari 2014

Gejala dan Tindakan Pertolongan Pertama Ketika Menemukan Korban Overdosis

Artis Roger Danuarta tertangkap basah sedang mengalami overdosis narkoba di dalam mobil mewahnya. Apa itu overdosis dan bagaimana gejalanya? Overdosis sebenarnya tidak terbatas pada akibat penggunaan obat-obatan terlarang. Penggunaan obat-obat lainnya jika secara berlebihan atau melebihi aturan pemakaian bisa menyebabkan overdosis. Sementara penggunaan obat terlarang secara umum bisa menekan sistem saraf pusat berserta aktivitasnya. Apalagi jika obat yang masuk sudah berlebihan.
Stanley M Zildo seperti dalam bukunya yang berjudul 'First Aid, How to Properly Handling First Aid and Emergency' menyebutkan, penggunaan obat melalui injeksi atau suntikan ke tubuh dapat terlihat dari adanya bekas suntikan di lengan atau anggota tubuh lainnya. Perlengkapan lainnya juga bisa diketahui dari benda-benda yang ada di sekitarnya.
Dalam bukunya, ada beberapa tindakan pertolongan pertama yang bisa dilakukan ketika menemukan seseorang mengalami overdosis obat, yaitu :
  1. Pastikan jalan pernapasan korban tetap berfungsi dan lakukan pernapasan buatan jika diperlukan.
  2. Lakukan cara untuk membuat korban tetap tersadar, seperti dengan lap atau handuk basah untuk menyeka wajahnya.
  3. Terus ajak korban berbicara agar ia tetap sadar. Tanyakan jenis obat yang dipakai dan berapa jumlahnya.
  4. Jika korban masih dalam pengaruh obat dan mulutnya masih terlihat sisa-sisa obat, keluarkan dengan mengoreknya memakai jari-jari. Namun usahakan agar korban tidak sampai tersedak.
  5. Segera cari bantuan paramedis.
Sementara ada beberapa gejala yang bisa muncul bersamaan pada saat seseorang mengalami Overdosis (OD) pada narkoba, seperti mual, kram perut, diare, pusing, kehilangan keseimbangan, kejang, lemas dan mengantuk, kebingungan, perdarahan internal, gangguan penglihatan, sulit bicara, muntah muntah, membiru, kehilangan kesadaran, kehilangan respon dari panca indera, denyut nadi melemah atau lebih cepat dari normal, meracau atau mengigau, kesulitan bernapas, detak jantung cepat atau sangat lambat, mendengkur, suhu badan panas dingin atau naik turun, pupil mata membesar atau sangat mengecil, muka kemerahan dan berkeringat banyak, delusi atau berhalusinasi dan keadaan koma.
Roger Danuarta ditemukan sudah di mobil Mercedes Benz E 320 bernomor polisi B 368 RY. Ia tidak sadarkan diri di kursi depan (sopir). Belakangan polisi menemukan satu bungkus narkoba jenis putau dan satu bungkus ganja dalam mobil Roger.
[mor]
Share this article :

Artikel Terkait:

Comments
0 Comments

Comments :

0 komentar to “Gejala dan Tindakan Pertolongan Pertama Ketika Menemukan Korban Overdosis”


Poskan Komentar

 

Copyright © 2012 by Berita Terbaru dan Profil Artis Terkini Powered By SlideGossip | Design by Opung | Contact Email : slidegossip (at) gmail.com | Phone : 0857-808-70772