Senin, 24 Februari 2014

10 Hal Menyenangkan Yang Bisa Dinikmati Ketika Berlibur Sendirian (Solo Travel)

Menikmati liburan sendirian atau istilahnya solo travel sebenarnya tidak selalu buruk. Berlibur sendirian juga bisa menyenangkan loh, sama seperti ketika melakukan perjalanan dengan teman-teman. Berlibur seorang diri memberikan sejumlah keuntungan, seperti kemandirian, kepercayaan diri dan kepuasan tentunya. Mengutip heraldsun, Minggu (23/2/2014), setidaknya ada 10 hal menyenangkan yang bisa kamu peroleh ketika melakukan perjalanan seorang diri. Apa saja? ini dia :
1. Mendapatkan kebebasan
Ingin menjadi lebih mandiri? Ketika melakukan perjalanan solo, kamu bertanggung jawab untuk dirimu sendiri. Tidak lagi bergantung pada pasangan, saudara, atau teman. Kamu perlu meminta petunjuk dan harus meraba-raba ketika berbicara dalam bahasa asing, apalagi jika tidak fasih. Kamu juga perlu mencari tahu di mana tempat makan yang bagus, hotel yang murah, tempat yang asyik. Keberanian dan kemandirian adalah milikmu.

2. Menjadi lebih percaya diri
Jika kamu kurang percaya diri, itu dapat melumpuhkan kehidupan dan semangatmu. Ketika melakukan perjalanan seorang diri, kamu yang bertanggung jawab dan memutuskan apa yang harus dilihat dan dilakukan. Kamu tidak perlu khawatir untuk menyenangkan siapa pun atau mengorbankan sesuatu demi mereka, karena kamu dapat melakukan apapun yang kamu inginkan. Kamu bisa memutuskan segalanya dan kepercayaan diri yang kamu dapatkan tak ternilai harganya.

3. Pelajari keterampilan negosiasi
Wisata seorang diri bisa mengasah keterampilan bernegosiasi. Sebagai contoh, menawar suvenir pada pengecer dan pedagang kaki lima. Tidak tahu bagaimana melakukan ini? Tidak perlu khawatir karena kamu akan belajar dengan cepat. Jangan khawatir jika kamu gagal bernegosiasi sekali, karena ini memberimu kesempatan untuk lebih baik dari setiap transaksi selanjutnya.

4. Keluar dari zona kenyamananmu
Berapa lama kamu tinggal di daerahmu? Ketika kamu tinggal di tempat yang sama untuk jangka waktu yang lama ini bisa sangat membosankan. Keluarlah dari zona kenyamanan dan coba mengunjungi daerah lain dari tempat tinggalmu sekarang, kota, provinsi, atau bahkan negara lain. Kunjungi tempat yang baru dan akan merevitalisasi jiwamu.

5. Sembuh dari masa lalu
Sembuh dari kejadian atau peristiwa yang menyedihkan. Ketika kamu mengalami suatu kejadian menyakitkan, ini tentu akan membuatmu sedih dan tertekan. Maka melakukan perjalanan ke suatu tempat yang baru atau belum pernah dikunjungi bisa menjadi cara penyembuhan yang baik. Baiknya jika kamu melakukannya seorang diri. Karena kamu tidak perlu khawatir tentang apa yang orang lain pikirkan. Kamu dapat pergi ke mana pun dan melakukan apapun yang kamu inginkan .

6. Pelajari tentang budaya baru
Membeli tiket ke luar daerah atau luar negeri dan mengenal orang-orang dan sejarah yang baru akan memperluas pandanganmu terhadap kehidupan. Kamu dapat belajar bagaimana untuk hidup sederhana, belajar bahwa apa yang kamu miliki sekarang tidak begitu buruk, meskipun kamu mungkin merasa seolah-olah hidupmu berantakan. Sebuah budaya baru akan membuka matamu untuk semua kemungkinan.

7. Mencari dan mendapatkan cinta
Kamu dapat bertemu seseorang yang tepat dan menarik ketika kamu melakukan perjalanan solo. Bagaimana bisa? Dengan menjadi sendiri, lebih mudah bagi orang untuk mendekatimu. Sementara ketika teman-teman ada di sekitarmu, seseorang yang tertarik pada kamu tidak akan bergerak karena ia mungkin takut atau mereka tidak ingin mengganggu. Jadilah terbuka untuk bertemu orang baru dan cinta akan menemukan kamu.

8. Pengalaman akan kebaikan orang asing
Orang-orang akan menjadi baik dan bermanfaat bagi mereka yang bepergian sendiri. Ketika pergi bersama teman-teman, kamu akan mengandalkan mereka, lain halnya ketika kamu pergi sendiri, maka mau tidak mau akan mencari bantuan orang lain. Saat inilah kamu akan memiliki pengalaman untuk mendapatkan kebaikan orang asing. Ketika kamu mendapatkan kebaikan dari orang lain, respon dengan senyum dan berkata, "Ya.Terima kasih", maka sikap positif dan rasa bersyukur akan membawa pengalaman yang lebih indah.

9. Temukan hal hal baru dari diri sendiri
Menemukan hal-hal lain tentang diri sendiri yang kamu tidak tahu. Ketika berwisata seorang diri maka kamu memberikan waktu bagi diri sendiri lebih banyak, saat itu mungkin kamu menemukan sisi lain dari dirimu yang tidak disadari selama ini. Kamu mungkin menemukan bahwa ternyata kamu bisa lebih percaya diri daripada yang kamu pikirkan. Juga menemukan bahwa kamu dapat menangani tekanan yang datang dengan caramu sendiri.

10. Menghemat biaya
Menghemat biaya hanya untuk satu orang. Bila bepergian sendiri, kamu hanya perlu khawatir tentang dirimu. Kamu dapat menyewa sepeda atau skuter bukan naik taksi atau bahkan berjalan, yang merupakan cara yang baik untuk mengenal kota dan orang-orangnya. Atau, kamu bisa menginap di hotel sederhana sehingga sisa uang yang kamu simpan dapat digunakan untuk perjalananmu berikutnya.
[mor/inilah.com]
Share this article :

Artikel Terkait:

Comments
0 Comments

Comments :

0 komentar to “10 Hal Menyenangkan Yang Bisa Dinikmati Ketika Berlibur Sendirian (Solo Travel)”


Poskan Komentar

 

Copyright © 2012 by Berita Terbaru dan Profil Artis Terkini Powered By SlideGossip | Design by Opung | Contact Email : slidegossip (at) gmail.com | Phone : 0857-808-70772