Jumat, 03 Januari 2014

Rumah Limas Yang Ada di Pecahan Uang Kertas Rp 10 Ribu Memang Benar-Benar Ada

Tahukah kamu, beberapa foto atau gambar di pecahan uang kertas rupiah adalah destinasi wisata. Di uang Rp 1.000 ada Pulau Maitara yang memang benar-benar ada di antara Pulau Ternate dan Tidore, hingga Danau Beratan di Bedugul, Bali yang ada di uang Rp 50.000. Di uang Rp 10.000 juga ada gambar Rumah Limas yang ternyata memang nyatanya ada di Sumatera Selatan.
Rumah Limas berada di dalam Museum Balaputra Dewa atau dikenal juga dengan nama Museum Negeri Sumatera Selatan. Rumahnya berada di bagian paling belakang Museum Balaputra Dewa yang beralamat di Jl Srijaya Negara I No 288, Palembang. Tiket untuk masuk ke Rumah Limas inipun hanya Rp 2.000 saja.
Rumah Limas sebenarnya adalah rumah asli masyarakat Palembang di masa lalu dan beberapa masih ada hingga sekarang. Kalau Rumah Limas yang ada di Museum Balaputra Dewa ini umurnya sudah 300 tahun dan dulunya rumah ini digunakan oleh Sultan Batun. Keaslian Rumah Limas masih terjaga dan hanya sedikit saja yang direnovasi. Selain di sini, memang masih ada beberapa rumah limas, tapi kebanyakan sudah dimodifikasi.
Rumah Limas seluruh bangunannya terbuat dari kayu. Hal inilah yang membuat Rumah Limas begitu sejuk, meski cuaca sedang panas terik di dalamnya. Bagian dalam Rumah Limas sangat luas. Ada ruang tamu, ruang untuk berkumpul, tempat duduk pengantin, hingga kamar tidur. Lalu juga ada bagian dapur yang ada dibelakangnya yang terhubung dengan jembatan kayu
Di dalam Rumah Limas yang merupakan rumah asli masyarakat Sumatera Selatan ini menyimpan banyak benda-benda bersejarah. Salah satunya adalah timbangan sebagai alat untuk menyatukan pasangan. Caranya, kedua pasangan yang akan menikah bakal menaruh kedua tangannya di timbangan sampai seimbang.
Tak hanya itu, Rumah Limas juga menyimpan satu set bangku dan meja yang dulu pernah diduduki oleh Ratu Beatrix dari Belanda dan Pangeran William. Bangkunya masih asli! Di dalam Rumah Limas juga terdapat 'kulkas' yang digunakan oleh saudagar China di zaman dulu. Bentuknya adalah sebuah kotak besar yang tebal dan di dalamnya terdapat ruangan untuk menaruh botol minum yang seperti kendi. Jika air dalam kendi dimasukkan ke sana, dijamin bakal tetap dingin untuk jangka waktu lama.
Sebagian isi Rumah Limas di sini juga sudah dipindahkan ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Meski begitu, siapa pun wisatawan yang datang ke Rumah Limas masih bisa mendapat banyak informasi. Selamat berkunjung ke Rumah Limas yang ada gambarnya di uang Rp 10 ribu.
(travel.detik.com)
Share this article :

Artikel Terkait:

Comments
0 Comments

Comments :

0 komentar to “Rumah Limas Yang Ada di Pecahan Uang Kertas Rp 10 Ribu Memang Benar-Benar Ada”


Poskan Komentar

 

Copyright © 2012 by Berita Terbaru dan Profil Artis Terkini Powered By SlideGossip | Design by Opung | Contact Email : slidegossip (at) gmail.com | Phone : 0857-808-70772