Jumat, 24 Mei 2013

Inilah 7 Alasan Pertandingan Final Liga Champions Harus Ditonton

Akhirnya saat yang dinanti-nantikan para penggila sepak bola akan tiba sebentar lagi. Sebuah pertandingan akbar dan seru yang digadang-gadangkan sebagai event terbesar di dunia persepakbolaan, yaitu final Liga Champions Eropa atau UEFA Champions League Final yang akan digelar pada tanggal 25 Mei 2012 di Wembley Stadium, London, Inggris. Para penggemar sepak bola seakan dikejutkan dengan hasil final Liga Champions yang mempertemukan dua klub raksasa Jerman yaitu Borussia Dortmund vs Bayern Munchen. Kira-kira bagaimana hasil pertandingan antara Borussia Dortmund melawan Bayern Munchen?
Ajang pertandingan final Liga Champions Eropa yang berupa all German final ini merupakan yang pertama kali dan cukup menyita perhatian dunia persepakbolaan. Namun banyak pula pihak yang tidak terkejut akan hasil ini, karena mereka telah mengamati perkembangan kedua klub ini yang semakin baik dari tahun ke tahun dan meyakini peluang kedua tim untuk menjadi juara Liga Champions Eropa sangat terbuka lebar.
Kedua klub ini berhasil melenggang ke final dengan mengalahkan kedua tim raksasa Spanyol yang awalnya dijagokan untuk tampil di final, yaitu Barcelona dan Real Madrid. Bayern Munchen berhasil menghancurkan Barcelona dengan agregat 7-0 sementara Borussia Dortmund harus puas dengan hasil tipis agregat 4-3 melawan Real Madrid.

Perjalanan Bayern Munchen di Liga Champions Eropa 2012/2013
Langkah kedua klub menuju final tidaklah semulus yang diduga. Bayern Munchen sempat mengalami pertandingan seri melawan Valencia dengan hasil 1-1 di fase group dan kekalahan mengejutkan melawan tim BATE Borisov dengan hasil 3-1. Namun dibekali dengan dominasi kemenangan di Grup F, Bayern Munchen berhasil memimpin klasemen grup dan melanggeng ke Fase Knockout. Pada Fase Knockout, Bayern Munchen berhasil menumbangkan Arsenal di markasnya sendiri dengan skor 1-3. Namun Bayern Munchen nyaris tidak lolos ke tahap Perdelapan Final ketika Arsenal berhasil membalas 0-2 di Allianz Arena. Bayern Munchen terselamatkan berkat sistem away goal yang lebih unggul. Pada tahap Perempat final, Bayern Munchen mulai menebar terror dengan mengalahkan Juventus 2-0 baik pada leg pertama dan kedua, dan semakin percaya diri dengan mempecundangi Barcelona dengan agregat 7-0 di Semi Final.

Perjalanan Borussia Dortmund di Liga Champions Eropa 2012/2013
Sementara Borussia Dortmund pada fase group tidak pernah mengalami kekalahan, hanya beberapa pertandingan seri melawan Manchester City dan Real Madrid. Borussia Dortmund kembali menerima hasil seri pada leg pertama fase knockout melawan Shakhtar Donetsk dengan hasil 2-2 namun berhasil lolos ke tahap Perdelapan Final dengan membalas 3-0 di leg kedua. Pada tahap Perempat Final, Borussia Dortmund dibuat deg-degan dengan hasil 0-0 melawan Malaga pada leg pertama, namun secara dramatis, Borussia Dortmund berhasil lolos dengan hasil 3-2 di leg kedua. Tahap Semi Final pun tidak kalah menegangkan bagi Borussia Dortmund. Berbekal hasil positif dengan kemenangan 4-1 atas Real Madrid di leg pertama, pada leg kedua Borussia Dortmund tetap berhasil berlenggang ke final meskipun menerima kekalahan 2-0.
Namun banyak pihak yang masih meragukan pertandingan final der klassiker ini, dengan berbagai komentar keraguan seperti: "Yaah, ini sama aja kaya Bundesliga…" atau "Gak seru nih…soalnya gak ada Barcelona/Real Madrid/Manchester United/Juventus/AC Milan…"
Berikut ini adalah 7 alasan mengapa final Liga Champions antara Borussia Dortmund vs Bayern Munchen seru untuk ditonton layaknya pertandingan lainnya yang melibatkan tim besar Spanyol, Inggris atau Italia :
1. Kedua Tim (Borussia Dortmund dan Bayern Munchen) Merupakan Rival Abadi
Meskipun rivalitas kedua tim tidak termasuk suatu derby antar kota, kedua tim merupakan rival abadi yang sudah terbangun sejak dahulu. Rivalitas kedua tim dapat disamakan dengan Manchester United-Chelsea, Real Madrid-Barcelona atau Juventus-Inter Milan. Maka dipastikan jual beli serangan dan tensi pertandingan yang panas akan terjadi.

2. Kedua Tim Mempertaruhkan Prestise Gelar
Bayern Munchen mungkin boleh puas dengan meraih kelar juara Bundesliga di musim ini. Namun dibalik itu, tim ini memiliki target yang belum pernah dicapai sebelumnya, yaitu menjadi treble winners dengan menggondol gelar Bundesliga, DFB Pokal dan Liga Champions. Diantara ketiga gelar tersebut, Bayern Munchen terlihat sangat haus akan gelar Liga Champions yang belum berhasil diraihnya sejak tahun 2001. Hal ini ditambah dengan nyarisnya peluang menggondol trofi tersebut pada tahun 2010 ketika Bayern Munchen harus menyerah terhadap Inter Milan di Madrid dan kekalahan yang menyakitkan di tahun 2012 atas Chelsea di rumah sendiri.
Borussia Dortmund yang dianggap sebagai salah satu underdog di Liga Champions kali ini pun akan berupaya mati-matian memperoleh gelar ini. Alasan pertama adalah trofi ini merupkan satu-satunya kesempatan untuk memperoleh gelar untuk tim mereka di musim ini. Gelar Bundesliga harus rela mereka serahkan kepada Bayern Munchen dan gelar DFB Pokal juga gagal diraih karena langkah mereka terhenti karena dikalahkan oleh Bayern Munchen pula. Alasan kedua adalah, kesempatan untuk mencapai final Liga Champions sangat jarang terjadi bagi mereka, sehingga tentunya mereka tidak akan melewatkan kesempatan ini.

3. Aroma Dendam Antara Kedua Tim Masih Terasa
Bayern Munchen terlihat masih meyimpan dendam akibat kekalahan di musim lalu dimana harus selalu menjadi nomor dua di belakang Borussia Dortmund. Setelah gagal meraih juara Liga Champions, harapan Bayern Munchen untuk memperoleh minimal satu gelar domestik dikandaskan oleh Borussia Dortmund yang berhasil meraih double winner dengan menjuarai Bundesliga dan DFB Pokal. Borussia Dortmund juga menyimpan misi untuk mengkandaskan mimpi Bayern Munchen untuk meraih treble winners di musim ini. Bukti aroma dendam ini terlihat dengan pertandingan mereka yang terakhir di ajang Bundesliga musim ini, yang berakhir dengan cekcok dari pemain maupun pengurus kedua tim

4. Dilema Mario Gotze
Mario Gotze dipastikan membela Bayern Munchen untuk musim yang akan datang. Meskipun saat ini ia masih membela Borussia Dortmund, sudah dipastikan terdapat kebimbangan hati untuk memenangkan pertandingan final Liga Champions bersama Borussia Dortmund namun masih menaruh hati terhadap klub yang akan ia bela di musim depan. Kabar terbaru adalah Mario Gotze tidak dapat membela Borussia Dortmund di partai final ini karena masih berkutat dengan cidera.

5. Kesempatan Memperoleh Gelar Tertinggi Eropa Untuk Para Pemain Yang Akan Meninggalkan Klub 
Baik Borussia Dortmund maupun Bayern Munchen akan dipastikan atau diramalkan akan kehilangan pemain-pemainnya untuk musim yang akan datang. Borussia Dortmund akan dipastikan kehilangan Robert Lewandowksi dan Mario Goetze sedangkan Bayern Munchen akan diramalkan melepas Mario Gomez, Anatoliy Tymoshchuk dan Daniel van Buyten. Bagi pemain-pemain yang akan pergi dan dilepas tersebut, sudah dipastikan mereka sangat bermotivasi untuk menyumbangkan namanya dalam berkontribusi meraih juara Liga Champions kali ini, sebelum benar-benar pergi meninggalkan klubnya.

6. Pertarungan Antara Yang Terbaik di Liga Jerman
Meskipun pertandingan final Liga Champions kali ini mempertemukan dua tim Jerman, namun kedua tim ini merupakan tim teratas dalam klasemen, yaitu pemangku urutan kesatu dan kedua. Maka sudah dipastikan kemampuan dari kedua tim tidak jauh berbeda satu sama lain.

7. Netralitas Venue Pertandingan
Karena pertandingan ini akan dilaksanakan di Wembley Stadium di London, Inggris, kedua tim tidak akan mendapatkan keunggulan merasakan suasana kandang mereka masing-masing.

Secara rekor dan hitam di atas putih, Bayern Munchen memang dinilai lebih unggul. Namun bukan berarti Borussia Dortmund hanya akan menyerah begitu saja. Setiap tim bisa berubah, setiap tim bisa menjadi lebih baik. Kedua tim asal Jerman ini membuktikan bahwa gelar 'Tim Terbaik di Dunia' yang memiliki 'Pemain Terbaik di Dunia' tidak akan ada gunanya jika tidak diikuti dengan perkembangan dan perbaikan ke arah yang lebih baik secara terus menerus.
Ibarat pepatah 'Bola itu Bundar', apapun dapat terjadi dalam sepak bola. Namun hanyalah terdapat satu pemenang yang berhak menyandang gelar European Champion!!!!!!!
sumber:kaskus
Share this article :

Artikel Terkait:

Comments
0 Comments

Comments :

0 komentar to “Inilah 7 Alasan Pertandingan Final Liga Champions Harus Ditonton”


Posting Komentar

 

Copyright © 2012 by Berita Terbaru dan Profil Artis Terkini Powered By SlideGossip | Design by Opung | Contact Email : slidegossip (at) gmail.com | Phone : 0857-808-70772