Senin, 03 Agustus 2020

Perdagangan Manusia di Indonesia Makin Parah! Mulai Dari Pengantin Pesanan Hingga Jual Istri Karena Miskin!

Monika, salah satu korban pengantin pesanan (merdeka.com)

slidegossip.com - Kasus perdagangan manusia di Indonesia semakin parah setiap tahunnya, terutama di tengah situasi pandemi ini. Modusnya pun beragam, mulai dari pengantin pesanan, hingga menjual istri sendiri karena hidup dalam kemiskinan.

Seperti dilansir dari suara.com (31/7/2020), hal tersebut terungkap setelah ABC Indonesia mengumpulkan sejumlah keterangan dari beberapa pihak yang membantu korban perdagangan manusian di Jakarta, Kupang, hingga Melbourne.

Kondisi hidup dalam kemiskinan yang masih dihadapi warga Indonesia membuat banyak orang akhirnya menerima tawaran yang sebenarnya penipuan, tanpa menyadari konsekuensinya. Suster Genobeba Amaral, Direktur Yayasan Vivat Indonesia di Jakarta, menjalankan program pengentasan kemiskinan, pemberdayaan kaum perempuan, pembangunan berkelanjutan dan promosi budaya damai.

Menurut Suster Genobeba, pandemi virus corona membuat perdagangan manusia di Indonesia semakin meningkat. "Banyak orang yang harus tinggal di rumah karena tidak bisa bekerja. Situasi ini dimanfaatkan oleh para pelaku perdagangan manusia untuk mencari korban mereka," ungkap Suster Geno.

Yayasan Vivat sendiri saat ini sedang menangani kasus penipuan yang disebut 'pengantin pesanan' dengan melibatkan seorang perempuan yang akan dibawa ke Taiwan. Tapi kasus tersebut bukan satu-satunya yang pernah mereka temukan.

Setelah berbicara dengan berbagai lembaga swadaya masyarakat, mereka juga mendengar banyak kasus orang yang dipaksa menjadi PSK karena tuntutan mencari nafkah. "Di Surabaya kita mendapat laporan ada suami yang menjual istrinya sendiri untuk melayani seksual orang lain guna mendapatkan uang," katanya.

"Di Sumba ada kasus kawin tangkap, di mana anak-anak gadis ada yang ditangkap untuk dinikahkan paksa dengan oran tidak dikenal." tambah Suster Geno lagi.
Share this article :

Artikel Terkait:

Comments
0 Comments

Comments :

0 komentar to “Perdagangan Manusia di Indonesia Makin Parah! Mulai Dari Pengantin Pesanan Hingga Jual Istri Karena Miskin!”


Posting Komentar

 

Copyright © 2012 by Berita Terbaru dan Profil Artis Terkini Powered By SlideGossip | Design by Opung | Contact Email : slidegossip (at) gmail.com | Phone : 0857-808-70772