Senin, 23 Maret 2020

Jenazah Korban Corona Tak Boleh Dimandikan? Keluarga Juga Dilarang Memeluk dan Mencium!

slidegossip.com - Wabah virus corona begitu ganasnya menyerang masyarakat dunia, hingga sampai ke Indonesia. Bicara soal korban corona yang meninggal, ternyata kematian akibat virus corona begitu menyedihkan. Seperti dilansir dari sindonews.com (23/3/2020), hanya petugas medis yang boleh menyentuh sekaligus memakamkan pasien yang meninggal karena positif terinfeksi virus corona.

 
Pemakaman jenazah corona (liputan6.com)

Beberapa kejadian selepas diisolasi, kerabat atau keluarga pasien corona juga tak boleh menemui pasien hingga Ia benar-benar sembuh dan sehat. Jika si pasien corona meninggal dunia, maka tak ada satupun keluarga yang diizinkan untuk mendekati langsung apalagi menatap wajahnya.
Pemakaman jenazah corona (liputan6.com)

Kematian akibat corona rasanya memang lebih jahat daripada kematian karena infeksi virus HIV/AIDS, salah satunya karena jenazah corona tidak dimandikan untuk menghindari virus mengalir dengan air. Jenazah corona ternyata hanya ditayamumkan di atas plastik beserta semua pakaiannya akan ditanam bersama jasadnya.

Menurut spesialis mikrobiologi klinik dari Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI), Dr. dr. Budiman Bela, SpmK, jenazah yang meninggal karena positif terinfeksi virus corona ternyata masih bisa menularkan virus tersebut. Virus corona dianggap masih mampu bertahan pada tubuh si jenazah.
Salah satu protokol pemakaman jenazah corona (liputan6.com)

"Apakah dari jenazah masih bisa menular, jawabannya iya. Karena kalau memang dia mengandung virus, maka virus masih bisa bertahan (di tubuh)," jelas Budiman.

Dijelaskan pula oleh Budiman, tubuh manusia terdiri dari sejumlah cairan yang mengandung komponen protein. Cairan tersebut mampu melindungi virus dalam waktu lama. Sehingga virus juga bisa dengan mudah menyebar dari jasad pasien corona.

"Posisinya sekarang pasien sudah tak bernapas. Tinggal penanganan jenazah yang benar agar tidak menciptakan aerosol. Harus ditangani secara profesional di rumah sakit," katanya.
Pemakaman jenazah suspect corona di Bekasi (vivanews.com)

Badan Kesehatan Dunia dan Kementerian Kesehatan juga sudah mengatur tentang bagaimana penanganan kasus kematian pada pasien positif Covid-19. Karena itu, tak boleh sembarang orang yang dapat menangani, memulangkan, dan mengubur jenazah tersebut. "Ada penanganan khusus," pungkas Budiman.

Berikut ini adalah Standar Penanganan Jenazah Pasien Virus Corona:

1. Petugas kesehatan harus menjalankan kewaspadaan standar ketika menangani pasien yang meninggal akibat penyakit menular.

2. APD lengkap harus digunakan petugas yang menangani jenazah jika pasien tersebut meninggal dalam masa penularan.

3. Jenazah harus terbungkus seluruhnya dalam kantong jenazah yang tidak mudah tembus sebelum dipindahkan ke kamar jenazah.

4. Jangan ada kebocoran cairan tubuh yang mencemari bagian luar kantong jenazah.

5. Pindahkan sesegera mungkin ke kamar jenazah setelah meninggal dunia.

6. Jika keluarga pasien ingin melihat jenazah, diijinkan untuk melakukannya sebelum jenazah dimasukkan ke dalam kantong jenazah dengan menggunakan APD.

7. Petugas harus memberi penjelasan kepada pihak keluarga tentang penanganan khusus bagi jenazah positif corona, termasuk jenazah penyakit menular lain. Sensitivitas agama, adat istiadat dan budaya harus diperhatikan ketika seorang pasien dengan penyakit menular meninggal dunia.

8. Jenazah tidak boleh dibalsem atau disuntik pengawet.

9. Jika akan diotopsi harus dilakukan oleh petugas khusus, jika diizinkan oleh pihak keluarga dan Direktur Rumah Sakit.

10. Jenazah yang sudah dibungkus tidak boleh dibuka lagi.

11. Jenazah hendaknya diantar oleh mobil jenazah khusus.

12. Jenazah sebaiknya tidak lebih dari 4 (empat) jam harus langsung disemayamkan di pemakaman.
Share this article :

Artikel Terkait:

Comments
0 Comments

Comments :

0 komentar to “Jenazah Korban Corona Tak Boleh Dimandikan? Keluarga Juga Dilarang Memeluk dan Mencium!”


Posting Komentar

 

Copyright © 2012 by Berita Terbaru dan Profil Artis Terkini Powered By SlideGossip | Design by Opung | Contact Email : slidegossip (at) gmail.com | Phone : 0857-808-70772