Senin, 14 Agustus 2017

Kisah Hidup Reza Rahadian: Dari Korban Bully, Tukang Potong Rumput, Hingga Jadi Aktor Terkenal

slidegossip.com - Semua pecinta film tanah air, pastinya mengenal nama dan sosok aktor tampan Reza Rahadian. Beragam judul film layar lebar telah ia bintangi sampai sekarang. Pria bernama lengkap Reza Rahadian Matulessy ini lahir di Bogor, tanggal 5 Maret 1987.

 
Reza Rahadian (Image:harnas.co)

Perjalanan Karier Reza Rahadian
Sebelum terjun ke dunia akting, Reza Rahadian mengawali kariernya dengan menjadi seorang model. Di tahun 2004, Reza berhasil meraih Juara Favorit Top Guest Aneka Yess!. Selepas itu, barulah Reza Rahadian mulai mendapat tawaran bermain sinetron. Beberapa judul sinetron yang pernah ia bintangi antara lain 'Culunnya Pacarku', 'Inikah Rasanya', 'Mutiara Hati', 'Cinta SMU 2', 'ABG' dan 'Aku Hamil'.

Tak puas hanya menjadi pemain sinetron, Reza Rahadian pun melebarkan sayap kariernya ke dunia film. Film layar lebar pertama yang dibintangi oleh Reza Rahadian adalah 'Film Horor'. Kemudian ia mulai mendapat tawaran bermain di berbagai judul film lainnya sampai sekarang. Soal prestasi dan penghargaan, tak perlu ditanya lagi. Beberapa piala penghargaan pernah diraih oleh Reza Rahadian lewat film-film yang ia bintangi, antara lain pada tahun 2009, Reza pernah meraih Piala Citra sebagai pemenang kategori Pemeran Pendukung Pria Terbaik lewat film 'Perempuan Berkalung Sorban'. Lalu pada tahun 2013, Reza pernah meraih penghargaan Piala Layar Emas IMA sebagai Pemeran Utama Pria Terfavorit lewat film 'Habibie dan Ainun'. Selain itu, masih banyak lagi beragam piala penghargaan yang pernah dibawa pulang oleh Reza Rahadian.

Tak hanya menggeluti bidang akting, Reza Rahadian juga perna menjajal dunia tarik suara pada tahun 2012 lalu. Saat itu, Reza Rahadian berduet dengan Acha Septriasa menyanyikan lagu 'Brokenhearts' yang mejadi soundtrack film dengan judul yang sama.

Reza Rahadian Pernah Jadi Korban Bully
Di balik kesempurnaan penampilannya, mungkin tak ada yang menyangka kalau Reza Rahadian pernah menjadi korban bully di masa kecilnya. Seperti dilansir dari beritasatu.com (2/3/2015), Reza Rahadian mengaku pernah menjadi korban aksi bullyng yang dilakukan oleh teman-temannya saat ia masih duduk di bangku SD dan SMP. Reza sebenarnya sadar kenapa ia bisa dibully teman-temannya saat itu.

"Saya dulu nerd, jarang bergaul. Kutu buku. Dan saya keturunan, sehingga jadi bahan ejekan. Saya kesayangan guru, sering banget di-bully habis-habisan. Dikata-katain dan lain-lain," ungkap Reza.

Akibat aksi bullying yang diterimanya, Reza Rahadian pun akhirnya menjadi pribadi yang sangat tertutup saat itu. Untungnya, saat duduk di bangku SMA, Reza tidak lagi menjadi korban bully dari teman-temannya. "SMA nggak di-bully. Hanya saat SD dan SMP," ujar Reza.

Demi Sesuap Nasi, Reza Rahadian Pernah Melakukan 4 Pekerjaan Ini Sebelum Jadi Artis Terkenal
Meski kini telah meraih kesuksesan sebagai salah satu aktor termahal di Indonesia, Reza Rahadian tidak melupakan masa lalunya ketika ia masih belum sesukses sekarang. Seperti dilansir dari wowkeren.com (11/8/2017), sebelum menjadi aktor terkenal, Reza Rahadian mengaku pernah melakukan beberapa pekerjaan demi mendapatkan uang untuk sesuap nasi.

"Saya pernah jadi waiter kali ya di sebuah kedai kecil. Waktu itu saya masih SMA. Jadi ya mencari cara segala macam casting tetap saya lakukan walaupun belum mendapat hasil," ungkap Reza.

Selain menjadi pelayan, Reza juga mengaku pernah bekerja sebagai tukang kebun, pengajar hingga menjadi tukang potong rumput. Semua itu rela dilakukan oleh Reza Rahadian demi bisa mencukupi kebutuhan hidup keluarganya.

"Terus saya juga melihat apa di rumah yang bisa kita jual ya dijual untuk mendapatkan uang. Pekerjaan belum jelas di sana di tolak, di sini ditolak. Saya hanya mencari pekerjaan apa saja, mau itu ngajar, waiter, pemotong rumput apapun itu saya lakukan. Karena menurut saya itu pekerjaan yang halal," paparnya.

Reza Rahadian mengaku banyak belajar dari sang ibu tentang tanggung jawab dan bagaimana cara mengatasi kesulitan. Apalagi dalam keluarganya, Reza adalah anak laki-laki tertua. "Saya belajar dari ibu cara mengatasi masa-masa sulit dalam hidup, begitu pun ketika tanggung jawab keluarga ada di tanganku. Artinya sebagai anak laki-laki paling tua, saya yang harus melanjutkan bertanggung jawab bagaimana nih keluarga," ujarnya.

Reza Rahadian Sempat Putus Asa Saat Menjadi Aktor
Ketika kesuksesan telah ia raih dan kariernya pun sudah mencapai puncak, siapa sangka ternyata Reza Rahadian sempat merasa putus asa dengan profesinya sebagai seorang aktor. Seperti dilansir dari cnnindonesia.com, (3/9/2015), Reza Rahadian mengaku lama kelamaan ia merasa profesi yang dijalaninya semakin berat.

"Sebenarnya pernah  putus asa, terutama dalam artian seharusnya menjadi aktor itu bahagia-bahagia saja, tapi kok lama-kelamaan terasa berat," ungkap Reza.

Di awal kariernya, Reza Rahadian mengakui kalau dirinya adalah sosok yang ambisius dan penuh semangat. Reza merasa apa yang dilakukannya di dunia akting, harus selalu mendapatkan penghargaan. Namun akhirnya ia menyadari bahwa pekerjaan aktor adalah dari hati. Soal penghargaan, itu hanyalah bonus dari usaha yang maksimal. Reza pun mengaku banyak mendapat pencerahan dari aktris senior, Christine Hakim.

"Maju bukan sekadar uang atau materi. Sukses bukan sekedar itu. Tapi bagaimana kita memiliki personal touch dengan lingkungan kita," ujar Reza.

Kini, Nama Reza Rahadian Semakin Dikenal di Dunia Internasional
Setelah berbagai genre film ia bintangi dan beragam penghargaan telah ia dapatkan, tak heran jika kini nama Reza Rahadian semakin dikenal dan diperhitungkan di dunia internasional. Seperti dilansir dari beritasatu.com (9/8/2017), setelah meraih penghargaan sebagai aktor terbaik di ajang Asia Pasific Film Festival (APFF) 2017, nama Reza Rahadian pun semakin dikenal bukan hanya di Indonesia, tapi juga di kancah internasional.

Reza Rahadian tak mau melewatkan kesempatan dan mulai berpikir untuk melebarkan sayap kariernya ke dunia internasional dengan membintangi film-film box office dunia. Reza sendiri mengaku sudah ada beberapa tawaran yang datang kepadanya untuk bermain film di luar negeri. Reza pun kini mulai mempersiapkan diri untuk terus mengasah bakat aktingnya agar bisa bersaing dengan aktor-aktor kelas dunia.

"Sebenarnya ada beberapa tawaran yang datang kepada saya untuk go internasional. Namun sebagai langkah awal saya akan mencoba satu film internasional awal tahun depan. Sambil menunggu, saya akan terus berusaha mengasah kemampuan agar bisa setara dengan para pemain-pemain kelas internasional," ungkap Reza.

Menurut Reza, dunia akting telah membuatnya selalu merasa haus akan ilmu dan pelajaran yang biasanya ia dapat ketika membintangi sebuah film. Karena itulah Reza mengaku tidak menomorsatukan masalah honor yang akan diterimanya ketika membintangi sebuah judul film, namun ia lebih memperhatikan dari segi ide ceritanya.

"Buat saya, kepuasan bisa bermain baik dalam sebuah film itu lebih dari segalanya bila dibandingkan dengan fee yang saya dapatkan saat saya membintangi sebuah judul film. Lantaran kecintaan saya sama dunia akting membuat saya haus belajar dan selalu ingin mengasah kemampuan akting  di berbagai genre film. Buat saya kalau film yang dibintangi itu ide ceritanya bagus, fee akan bisa jadi nomer ke-sekian, tapi kalau saya enggak suka namun dipaksa main ya fee akan jadi nomor satu. Ya kan kita hidup juga harus realistis," tuturnya.

Reza pun mengaku sangat mencitai pekerjaannya sebagai aktor. Ia akan merasa puas apabila sudah menghasilkan suatu karya yang berkualitas, terlebih lagi jika film yang ia bintangi bisa diapresiasi oleh masyarakat lewat jumlah penonton yang banyak.

"Saya mencintai pekerjaan saya. Dengan karya yang saya hasilkan saya akan bisa puas. Terlebih diapresiasi oleh penonton di bioskop dengan jumlah penontonnya banyak. Dan saya sendiri pastinya punya cara bagaimana karakter yang saya mainkan dalam satu judul film akan berbeda dengan film lainnya. Dan itu yang terus saya asah," pungkasnya.
Share this article :

Artikel Terkait:

Comments
0 Comments

Comments :

0 komentar to “Kisah Hidup Reza Rahadian: Dari Korban Bully, Tukang Potong Rumput, Hingga Jadi Aktor Terkenal”


Posting Komentar

 

Copyright © 2012 by Berita Terbaru dan Profil Artis Terkini Powered By SlideGossip | Design by Opung | Contact Email : slidegossip (at) gmail.com | Phone : 0857-808-70772