Senin, 29 Mei 2017

Kisah Personil Band Armada Yang Masih Bertahan Hidup Setelah 3 Kali Koma

slidegossip.com - Di tengah persaingan dengan musisi-musisi papan atas, band Armada terbilang sukses bertahan di belantika musik Indonesia. Lagu-lagu mereka selalu mencetak hits dan populer dimana-mana. Bahkan lagu terbaru band Armada yang berjudul 'Asal Kau Bahagia' kembali membawa group band ini ke gerbang kesuksesan. Baru-baru ini band Armada juga sukses dinobatkan sebagai Group Band Paling Ngetop di ajang SCTV Music Awards 2017. Lalu apa rahasia band Armada bisa selalu sukses dengan lagu-lagunya?

 
Endra Armada (foto:okezone.com)

Ternyata di balik kesuksesan band Armada, ada kisah mulia yang sangat patut dicontoh oleh band-band lainnya. Ketika salah satu personilnya, yakni Endra yang menjadi basis band Armada harus berjuang melawan penyakit meningitis, para personil Amada yang lainnya justru tidak meninggalkannya. Mereka selalu memberikan semangat dan mendampingi Endra melawan penyakitnya. Tak heran jika sampai sekarang Endra masih bertahan hidup setelah mengalami tiga kali koma akibat meningitis yang dideritanya.

Selain selalu memberikan semangat, Endra juga tetap dilibatkan dalam setiap kegiatan band Armada sehingga Endra pun tidak merasa terbuang dan tetap bisa memberikan kontribusi untuk kesuksesan Armada. Meski begitu, Endra masih belum bisa dilibatkan untuk manggung atau mengisi acara di televisi. Hal ini dikarenakan dokter masih melarang Endra untuk ikut manggung karena jika sekali drop maka akan fatal akibatnya.

"Endra sekarang menjalankan fungsi di proses rekaman, pemotretan sampul album, video klip, dan beberapa wawancara dengan media. Untuk manggung belum, karena dokter yang selama ini menangani Endra mengingatkan sekali drop, ia bisa anfal dan memulai lagi dari nol. Setahu saya, penderita meningitis hanya memiliki dua kemungkinan. Pertama, meninggal. Kedua, kalau sembuh pun ia tidak bisa pulih 100 persen. Dengan kata lain, (maaf) mengalami kecacatan," ungkap Rizal, vokalis band Armada.

Berkat support dari personil Armada lainnya, kini kondisi Endra pun semakin membaik, ia semakin sehat dan lebih gemuk. Setelah tiga kali koma dan satu kali stroke, Endra maish bertahan hidup sampai sekarang salah satunya adalah karena doa dan support yang tak pernah berhenti dari personil Armada yang lain.

"Endra sudah tiga kali koma dan tiga kali pula berhasil pulih. Dan pernah setengah badannya stroke. Saking takjub dengan semangat Endra, kami sampai bercanda begini, 'Eh lo kok enggak mati-mati, sih? Kan sudah tiga kali koma'," ujar Rizal sambil mengatakan bahwa  posisi Endra di band Armada tidak akan pernah terganti.

Mengetahui dirinya mengidap penyakit yang berbahaya, Endra pun sempat drop dan pernah patah semangat ketika melawan penyakitnya. Bahkan Endra pernah ingin mengundurkan diri dari band Armada karena merasa dirinya sudah tidak berguna lagi. Namun keinginan Endra ini ditentang oleh para personil lainnya karena mereka sudah merasa sebagai satu keluarga. Mereka menganggap jika Endra keluar, maka rezeki yang didapat tidak akan sama lagi.

"Kami percaya bahwa Armada dengan lima personel itu nilainya 100. Artinya, tiap personel menyumbang 20 poin. Jadi, kalau ada salah satu yang keluar maka Armada hanya punya 80 dan itu tidak akan maksimal," papar Rizal.

Sampai saat ini, Endra pun masih bertahan di tengah perjuangannya untuk sembuh dari penyakit meningitis yang dideritanya. Di saat dirinya mulai menyerah, Endra mengaku selalu mengingat tujuan hidupnya, yakni menghidupi anak dan istri tercintanya. Ketika semangatnya mulai kendor, Endra pun langsung bertanya pada dirinya sendiri, "Jika terbaring terus apakah saya bisa menghidupi anak dan istri?." Jawabannya tentu saja tidak. Pertanyaan itulah yang menjadi kunci dan senjata Endra untuk terus semangat bertahan hidup. Kini, jika ada yang menanyakannya soal kematian, Endra hanya tertawa terbahak.

Sebagai kawan dekat yang sudah seperti keluarga, Rizal pun akhirnya bisa memahami bahwa hati dan pikiran yang bahagia adalah obat mujarab untuk segala macam penyakit. Dengan bahagia, semangat akan terus tumbuh. Suatu ketika, para personil Armada pernah mengunjungi Endra yang sedang sedih karena memikirkan penyakitnya.

"Rupanya, iba itu malah menciutkan semangat Endra. Sejak itu, kami membalik pola dengan mengajaknya bercanda lebih sering," ujar Rizal.

Hingga saat ini, posisi pemain bas di band Armada tetaplah Endra. Bahkan Endra tetap mendapatkan haknya atas honor yang diterima Armada. Hanya saja, ada pengeluaran tambahan yakni gaji untuk basis yang menggantikan Endra. "Endra tetap mendapat haknya. Kami berprinsip, rezeki itu harus dibagi dengan keluarga. Endra bagi kami bukan lagi sahabat. Ia keluarga kami sejak Armada ini berdiri," pungkas Rizal.
Share this article :

Artikel Terkait:

Comments
0 Comments

Comments :

0 komentar to “Kisah Personil Band Armada Yang Masih Bertahan Hidup Setelah 3 Kali Koma”


Posting Komentar

 

Copyright © 2012 by Berita Terbaru dan Profil Artis Terkini Powered By SlideGossip | Design by Opung | Contact Email : slidegossip (at) gmail.com | Phone : 0857-808-70772