Kamis, 10 November 2016

Bagaimana Kronologi dan Penyebab Kebakaran di Apartemen Neo Sho dekat Mall Central Park Jakarta Barat?

slidegossip.com - Mall dan Apartemen Neo Soho yang terletak tak jauh dari Mall Central Park, Tanjung Duren, Jakarta Barat mengalami musibah kebakaran tadi malam, Rabu tanggal 9 November 2016 sekitar pukul 20.54 WIB. Sampai tadi malam, petugas pemadam kebakaran masih berupaya memadamkan sisa kobaran api di Apartemen Neo Soho yang terletak di Jalan Letjen S. Parman, Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Diduga api yang menyebabkan kebakaran di Neo Soho muncul pertama kali dari material penutup bangunan.

 

"Penyebabnya belum tahu, yang jelas informasinya api berasal dari lantai 6 bangunan luar, semacam openutup bangunan dan menjalar sampai lantai 40," kata Kadis Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana DKI, Subejo di lokasi, Rabu (9/11/2016).

Menurut Subejo, kebakaran di Apartemen Neo Soho, bermula dari lantai 6 lalu menjalar hingga ke lantai 40 gedung apartemen tersebut. Pemadaman sulit dilakukan karena ketinggian bangunan, termasuk angin kencang di sekitar lokasi.

"Jadi ini karena yang terbakar di luar, jadi ruang untuk memadamkannya agak kendala. Kita menjaga api tidak menjalar ke dalam . Ini sedang diupayakan tidak lama lagi api bisa dipadamkan," sambung Subejo.

Total ada 27 mobil pemadam kebakaran yang dikerahkan. Sumber air untuk pemadaman kebakaran menurut Subejo juga sudah tersedia. Kebakaran besar di apartemen Neo Soho ini juga membuat material bangunan berjatuhan. "Runtuhan terbakar membahayakan, beberapa kali unit kami tertimpa material terbakar dari alumunium," ujar Subejo

Sebelumnya BPBD DKI menyebut, api berawal dari lantai 4 dan merambat sampai dengan lantai 42. Apartmen yang berlantai 42 tersebut merupakan bangunan yang masih dalam tempat penyelesaian. Alarm kebakaran yang ada di Gedung Neo Soho yang terbakar diduga tidak berfungsi. Steven (35 tahun) seorang pengunjung yang hampir terjebak mengetahui ada kebakaran dari penjaga toko mainan.

Dia mengaku yakin kalau alarm kebakaran di gedung apartemen mewah tersebut tidak berfungsi. Sebab, sesaat dirinya datang, alarm tak berbunyi. Begitupun juga dengan petugas informasi yang tidak memberikan pemberitahuan adanya kebakaran.

"Saya ditinggal sama anak di sana (toko mainan) setelah penjaganya bilang ada kebakaran, padahal di depan satpam gak ada yang kasih tau, gak ada bunyi alarm juga. Cuma orang-orang sudah panik," ujar Steven di lokasi, Rabu (9/11/2016).

Steven pun tergesa-gesa meninggalkan gedung untuk menyelamatkan diri. Dia melihat beberapa orang sudah panik dan hiruk pikuk. "Padahal, saya baru aja masuk," ucap Steven.

General Manajer Kawasan Area Kompleks Agung Podomoro, Celvin mengatakan bangunan apartemen Neo Soho itu memasuki proses finishing. Meski demikian, beberapa instalasi sudah terpasang. "Iya sudah terpasang, termasuk instalasi springkel dan hydrant, maupun alarm," jelas Celvin kepada wartawan.

Namun, saat dikonfirmasi apakah alarm tak berfungsi, Celvin enggan berkomentar. Ia memilih meninggalkan wartawan dengan belasan satpam yang mengawalnya.

Kebakaran hebat yang terjadi di apartemen dan mal New Soho dekat Central Park ini membuat ratusan mobil milik pengunjung terjebak di dalam gedung. Kendaraan itu terpaksa ditinggalkan pemiliknya yang memilih menyelamatkan diri.

"Mobil saya ada di parkiran P1 dan gak bisa keluar. Saat masuk dan sekitar beberapa menit di dalam mal, saya langsung diusir satpam," ucap Steven.

Panca (20 tahun) pengunjung mal lainnya juga belum tahu nasib mobilnya. Mobil Panca juga terjebak di parkiran P1. Kendaraan itu tak sempat di evakuasi lantaran dirinya tengah berada di kawasan Central Park. "Saya baru tahu ketika ada driver ojek online ngasih tau, saat itu saya di J.CO Central Park," terang Panca.

Kebakaran besar yang terjadi di Apartemen Neo Soho yang berada dalam area superblok Agung Podomoro City tadi malam dipastikan berasal dari salah satu ruangan di lantai 4. Pusat Pengendalian Operasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah menyebut api menghanguskan 21 unit apartemen.

Sampai saat ini, satu orang karyawan apartemen dikabarkan mengalami syok dan pingsan. Petugas Dinas Kesehatan sudah menangani warga tersebut. Dalam kebakaran di gedung mall dan apartemen Neo Soho kali ini, sebanyak 21 unit mobil pemadam kebakaran dari Jakarta Barat dan tiga unit dari pusat sudah diterjunkan.
Share this article :

Artikel Terkait:

Comments
0 Comments

Comments :

0 komentar to “Bagaimana Kronologi dan Penyebab Kebakaran di Apartemen Neo Sho dekat Mall Central Park Jakarta Barat?”


Poskan Komentar

 

Copyright © 2012 by Berita Terbaru dan Profil Artis Terkini Powered By SlideGossip | Design by Opung | Contact Email : slidegossip (at) gmail.com | Phone : 0857-808-70772