Jumat, 18 Juli 2014

Tips Sukses Lolos Casting Iklan, Sinetron, Film dan Presenter Agar Bisa Masuk TV

Bila ingin terjun ke entertainment atau hiburan, pada umumnya calon artis itu harus melewati proses casting atau audisi, baik untuk iklan, sinetron, FTV, film ataupun foto model dan presenter. Tentunya diperlukan tips-tips atau cara agar bisa lolos casting iklan, sinetron dan film dengan sukses dan diterima oleh PH (production house) atau yang mengadakan casting sesuai karakter kita. Arti dari casting sendiri adalah kegiatan mencari pemeran atau talent sesuai dengan karakter seperti yang diinginkan dalam sebuah cerita. Contohnya saat ada info casting iklan, maka karakter yang diminta atau diperlukan tentu saja harus bisa mewakili produk yang diiklankan. Misalnya, casting iklan rokok atau iklan provider (Telkomsel, Indosat, XL atau Esia) pastinya akan mencari karakter wajah dan tubuh yang sesuai cerita dalam iklannya.
Casting biasanya di awali dengan undangan buat para model freelance, agency model atau manajemen artis untuk membawa talent-talent sesuai kriteria yang diinginkan dalam sebuah proyek iklan, baik untuk iklan TV, photoshoot, fashion show, sinetron atau film layar lebar.
Tetapi banyak juga hal yang bisa membuat orang gagal dan tidak lolos casting. Mungkin saja ia belum memperhatikan beberapa syarat dan hal-hal penting, atau tips-tips supaya lolos casting itu kurang ia perhatikan.
Berikut ini adalah tips-tips umum dan khusus agar bisa sukses dan lolos casting iklan, film, sinetron, ftv dan masuk TV :
  • Siapkan Mental : Sebisa mungkin gali informasi sebanyak mungkin tentang casting yang kamu lakukan agar menguasai medan.
  • Bisa Karena Biasa : Mencari referensi untuk latihan berjalan di atas catwalk, berpose, berakting atau berbicara di depan kamera penting dilakukan. Selain membantu kamu lebih percaya diri juga dapat membantu memberikan penampilan yang terbaik pada saat casting.
  • Pilih Kostum yang Tepat : Setelah mengetahui detail casting yang akan dijalani, sesuaikan kostum. Jangan pernah berdandan atau bergaya berlebihan untuk menarik perhatian, tapi bergayalah sesuai karakter yang dibutuhkan oleh user. Salah kostum pada saat casting selain mengurangi rasa percaya diri juga bikin tidak fokus karena salah tingkah.
  • Datang Tepat Waktu (On Time) : Kalo casting-nya sudah buat perjanjian atau diundang, usahakan untuk datang tepat waktu. Ini akan menggambarkan profesionalisme kamu.
    Sesuaikan Syarat Casting Iklan Dengan Karakter : Ini sangat penting, yaitu menyesuakan dengan karakter yang di cari, misal muka kamu pas-pasan maka jangan datangi casting yang mencari model kelas A (super tampan dan ganteng banget) sudah pasti cuma bikin buang-buang ongkos dan waktu saja.
  • Attitude yang Baik dan Sopan : Bersikaplah ramah dan rendah hati, jangan sombong seolah-olah yang mau mengcasting itu di bawah kamu yang siap menerima hinaan dan protes.
  • Pengalaman Syuting : Karena banyak orang berbakat namun tidak lolos hanya karena saat ditanya pengalaman syuting, dia bilang belum ada. Karena itu cobalah syuting-syuting dulu minimal satu kali syuting, setidaknya jadi figuran ekstras juga tidak apa.
  • Jangan Melakukan Hal Bodoh : Hal ini memang sepele namun banyak orang tidak lolos casting karena melakukan hal-hal bodoh, misal saat akting atau memperkenalkan diri dia salah ucap kemudian memelet lidah. Itu tandanya tidak profesional.
  • Hati-Hati dan Tetap Waspada : Mengingat kasus yang pernah terjadi, kamu juga harus waspada terhadap pihak-pihak nakal. Tidak pernah ada produk atau program yang memungut biaya untuk casting.
  • Jadilah Diri Sendiri : Walaupun harus menyesuaikan tampilan dengan karakter yang diminta bukan berarti kamu harus menjadi orang lain. Tetap jadilah diri sendiri, karena dengan berpura-pura menjadi orang lain akan terlihat berlebihan.
  • Percaya Diri : Tanamkan rasa percaya diri, sehingga kamu dapat menunjukkan kemampuan semaksimal mungkin. Rasa rendah diri atau malah terlalu percaya diri tidak akan berguna, karena keduanya justru bisa menghambat kamu untuk mengerahkan segala kemampuan.
  • Berikan yang Terbaik : Setelah semua doa dan usaha udah dipersiapkan dan lakukan sebaik mungkin, tinggal menunggu dengan positif akan hasilnya. Kalo setelah seminggu belum ada kabar dan Kamu penasaran, tidak ada salahnya menghubungi pihak klien untuk menanyakan hasilnya. Dan jangan lupa, kalau bukan kamu yang terpilih, berusahalah untuk tetap bersikap sportif dan introspeksi diri.
  • Jangan Menyerah : Gagal casting bukan alasan untuk menyerah. Perasaan kesal pasti ada, karena banyak juga yang pernah merasa berkecil hati karena tidak lolos casting. Kembalilah menjalani casting lain yang ada.
Itulah beberapa tips dan trik agar sukses dan lolos casting yang bisa kamu lakukan. Semoga kamu bisa melewati casting dengan sukses, dan yang terpenting dalam setiap melakukan berbagai hal adalah, niat, persiapan, sopan, percaya diri dan jangan menyerah. Sukses ya!
(Op)
Share this article :

Artikel Terkait:

Comments
5 Comments

Comments :

5 komentar to “Tips Sukses Lolos Casting Iklan, Sinetron, Film dan Presenter Agar Bisa Masuk TV”


irul anam mengatakan...
on 

saya pengen jadi artis kalau ada lowongan tolong hubungi saya di no hp saya 08179606583

Andi Masagena mengatakan...
on 

Saya ingin dapat peran dalam sebuah film/sinetron walaupun saya harus menjadi figuran terlebih dahulu ... 085221077514

maya sofa mengatakan...
on 

Subhallah semoga tips“yg di berikan bermampaat semoga bisa di ambil hikmah nya

iqbal yoga pratama mengatakan...
on 

Jangan berharap menjadi artis lakukan terbaik aja gan. Artis itu cuman bonus

iqbal yoga pratama mengatakan...
on 

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Poskan Komentar

 

Copyright © 2012 by Berita Terbaru dan Profil Artis Terkini Powered By SlideGossip | Design by Opung | Contact Email : slidegossip (at) gmail.com | Phone : 0857-808-70772