Minggu, 19 Januari 2014

Tips Biar Otak Jadi Encer, Cerdas, Kreatif dan Tidak Mudah Lupa

Siapa bilang menjadi orang yang cerdas atau pandai itu karena nasib atau berasal dari keturunan yang pandai saja. Anggapan itu salah karena siapa pun bisa memiliki otak cemerlang, dengan usaha dan cara yang tepat. Namun sepandai-pandai manusia yang pernah hidup didunia ini, hanya menguasai bidang tertentu saja. Manusia tidak bisa menguasai segalanya tapi bisa sangat menguasai bidang tertentu. Kuncinya hanya satu, yakni fokus dan melakukan secara berulang-ulang. Nah, buat kamu yang mengalami penurunan fungsi otak atau otak tidak begitu encer, silahkan simak tips-tips bermanfaat biar otak cepat encer berikut ini :
1. Latih kemampuan mengamati
Coba lihatlah lingkungan disekitarmu, coba rekam dan ingat apa yang kamu lihat, mulai dari hal-hal yang mudah hingga yang rumit. Hal ini dapat membantu kamu dalam mengamati setiap persoalan.

2. Asah indramu
Bisa dilakukan dari mulai mengingat rasa makanan, bau seperti wangi atau bau busuk, mengingat apa yang diucapkan oleh seseorang, dan bunyi-bunyi atau lagu-lagu yang kamu sukai.

3. Hafalkan nama teman anda nomor telponnya
Berapa banyak jumlah yang dapat kamu ingat? Jika masih sedikit, perbanyaklah untuk mengingat agar lebih banyak yang bisa diingat.

4. Mempelajari sesuatu yang baru
Seperti banyak-banyak membaca dan mempelajari suatu hal yang di luar bidangmu, misalnya jika mahir dalam bidang melukis, belajarlah melukis. Jika suka bahasa asing, tidak ada salahnya apabila kamu mencoba mempelajari bahasa asing, atau bidang lain yang berkenaan dengan hukum, komputer, masakan, dan lain-lain. Karena hal tersebut dapat membuat otak menjadi lebih peka untuk memahami banyak hal. Coba juga berkenalan atau bersosialisasi di luar lingkungan sekolah, kuliah, atau di tempat pekerjaan.

5. Pergunakan tanganmu untuk mengikuti kemauan otak
Misalnya otak kamu sedang ingin melakukan sesuatu seperti menulis tulisan atau menggambar, maka pergunakanlah tanganmu untuk mengikuti kemauan otakmu. Tujuannya agar lebih kreatif.

6. Hobi
Gunakanlah kesempatan hobimu itu untuk terus dikembangkan.

7. Hafalkan sesuatu yang kamu sukai
Misalnya seperti warna favorit kamu, merah, biru dan hijau atau ungu. Misalnya lagi seperti mengingat apa yang disukai oleh gebetanmu, apa warna favoritnya, apa makanan kesukaannya, apa hobinya, dan sebagainya.

8. Ingat kejadian yang kamu alami
Misalnya kemarin kamu melakukan apa saja selama seharian penuh, dan perlu diingat apakah dari kejadian itu penting untuk diingat. Tulislah di catatan atau di buku diary mengenai kejadian-kejadian apa saja yang terjadi.

9. Ikan salmon
Ikan salmon sangat baik untuk daya ingat karena banyak mengandung omega 3 yang bernutrisi penting bagi pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak. Orang yang banyak mendapatkan asupan omega 3 akan memiliki pikiran yang tajam. Dan asam lemak omega 3 ini tidak hanya terdapat di ikan salmon saja, tapi juga terdapat pada ikan tuna. Namun ikan salmon jauh lebih banyak mengandung asam lemak omega 3.

10. Telur
Telur ini juga salah satu makanan yang dapat membantu daya ingat otak, selain telur juga mudah untuk didapat dan harganya juga masih terjangkau. Telur memiliki kadar kolin yang diketahui dapat membantu perkembangan daya ingat.

11. Kacang-kacangan dan sayur-sayuran
Kacang itu terdapat banyak serat, vitamin dan mineral. Apabila kita mengkonsumsi kacang-kacangan pada siang hari, dapat mempertahankan energi dan kemampuan berfikir hingga sore hari dan dapat membantu untuk tetap berkonsentrasi pada saat energi dan konsentrasi orang lain mulai menurun.
Share this article :

Artikel Terkait:

Comments
0 Comments

Comments :

0 komentar to “Tips Biar Otak Jadi Encer, Cerdas, Kreatif dan Tidak Mudah Lupa”


Poskan Komentar

 

Copyright © 2012 by Berita Terbaru dan Profil Artis Terkini Powered By SlideGossip | Design by Opung | Contact Email : slidegossip (at) gmail.com | Phone : 0857-808-70772