Rabu, 13 Oktober 2010

Fenomena Matahari Dikelilingi Pelangi Terlihat di Bogor

Pernah melihat fenomena matahari yang dikelilingi pelangi? Fenomena pelangi mengelilingi matahari ini biasa dikenal dengan sebutan Halo Matahari. Peristiwa pelangi yang mengelilingi matahari ini juga pernah terjadi beberapa waktu lalu di kota Bandung dan Jakarta. Pada Selasa siang, tanggal 12 Oktober 2010 Warga Bogor dikagetkan dengan fenomena pelangi mengelilingi matahari. Di tengah siang bolong yang terik, langit yang biru cerah tanpa awan tiba-tiba matahari dihiasi lingkaran warna-warni pelangi.
Kontan saja, fenomena alam yang langka dan jarang terjadi itu pun menjadi perhatian warga. Banyak orang menyempatkan diri mendongakkan kepala ke langit untuk melihatnya. Bahkan, sebagian warga tampak berkerumun untuk menonton bersama di sejumlah sudut Kota Bogor, seperti di depan ruko-ruko, di terminal, dan di pinggir jalan.
Seperti dilaporkan wartawan Kompas, Ratih P Sudarsono, fenomena matahari yang dikelilingi pelangi ini telah tampak di langit Kota Bogor sejak sekitar pukul 09.00 WIB. Hingga pukul 12.30 WIB, peristiwa langka tersebut masih bisa dinikmati. Lingkaran pelangi tampak sangat lebar mengelilingi Matahari.
Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, Halo Matahari adalah lingkaran pelangi yang mengelilingi matahari. Halo Matahari juga bisa terjadi di sekitar bulan pada malam hari. Fenomena pelangi mengelilingi matahari ini disebabkan oleh pembiasan cahaya matahari oleh uap air di atmosfer sehingga terlihat seperti pelangi.
penulis:Ratih P Sudarsono(kompas);editor:Tri Wahono;foto:Rony Ariyanto Nugroho
Share this article :

Artikel Terkait:

Comments
0 Comments

Comments :

0 komentar to “Fenomena Matahari Dikelilingi Pelangi Terlihat di Bogor”


Posting Komentar

 

Copyright © 2012 by Berita Terbaru dan Profil Artis Terkini Powered By SlideGossip | Design by Opung | Contact Email : slidegossip (at) gmail.com | Phone : 0857-808-70772