Minggu, 27 Desember 2009

Inilah 3 Ring Kekuasaan SBY Yang Diungkap Dalam 'Gurita Cikeas'

Buku karya George Junus Aditjondro berjudul “Membongkar Gurita Cikeas: Di Balik Skandal Bank Century” salah satunya berisi pembahasan mengenai oligarki kekuasaan yang terbangun di seputar lingkaran kekuasaan SBY. Karena itu, tak heran buku ini memantik kontroversi dan menghilang dari peredaran. "Gurita Cikeas maksudnya oligarki kekuasaan yang terbangun di lingkaran kekuasaan SBY," terang George Junus Aditjondro kepada wartawan, Minggu (27/12/2009). George menjelaskan, lingkaran kekuasaan yang dimaksud adalah tiga komponen penyokong kekuasaan SBY. Yakni para menteri atau pejabat, pengusaha, dan keluarga.
Tiga komponen ini, lanjut George, memiliki kontribusi besar dalam kemenangan SBY pada Pemilu 2009. Sedangkan skandal kasus Bank Century yang dipakai sebagai sub judul, hanya sebagai salah satu contoh kasus kecil pengguliran dana kampanye untuk SBY. "Isi buku juga mengulas kemenangan Pemilu yang penuh pelanggaran hukum. Parpol tak semuanya bersih, kemenangan didukung money politic dan dana asing," ungkap dia.
Sementara itu, Presiden menyatakan prihatin atas terbitnya buku yang isinya menuding sejumlah yayasan milik keluarga Cikeas sebagai pengumpul dana bagi kegiatan kampanye SBY pada Pilpres lalu. Juru Bicara Presiden SBY, Julian Aldrin Pasha mengatakan, dalam buku tersebut terdapat fakta yang tidak akurat. Namun pihak SBY belum menentukan langkah hukum terkait peredaran buku "Membongkar Gurita Cikeas: Di Balik Skandal Bank Century".
George Junus Aditjondro selama ini dikenal sebagai penulis kontroversi yang mengungkap skandal korupsi di lingkaran kepresidenan. Pada tahun 2006, dia menulis buku "Reproduksi Oligarki Berkaki Tiga: Istana, Tangsi dan Partai Penguasa", sehingga sempat dicekal oleh rezim Soeharto kala itu.
sumber:news.okezone.com
Share this article :

Artikel Terkait:

Comments
11 Comments

Comments :

11 komentar to “Inilah 3 Ring Kekuasaan SBY Yang Diungkap Dalam 'Gurita Cikeas'”


Iwan mengatakan...
on 

saya pernah ketemu langsung GJA di Bank Indonesia 2 atau 3 tahun lalu.. menurutku orang macam dia adalah intelegen asing yang ditanam di Indonesia.. data2nya memang meyakinkan tapi saya tidak percaya.. walaupun begitu saya percaya SBY mang banyak pelanggaran pada Pemilu kemarin

Ipin's Cool mengatakan...
on 

aduuh gak ngudeng soal politik sobb

Ivan Kavalera mengatakan...
on 

BONGKAR!!!

kedai kopi mengatakan...
on 

HEHEHHEH KAYAKNYA SBY KEBAKARAN JENGGOT NIH...CIRI-CIRI ORANG YANG BERSALAH KAN?

smart club mengatakan...
on 

hayooooooo bongkar tuntassssss..kalo orang bener yaaaaa gak mungkin takut yaaa..kalo salah biasanya kebakaran jengot hehe

sephtian mengatakan...
on 

hai.. link kamu sudah kupasang di blogku.. link balik ya... thanks =D

the international times mengatakan...
on 

memang kadang kebenaran itu mahal harganya, kita semua tau dari era soekarno sampai ke sby ini...sangat sangat sangat tidak mungkin kalao mereka itu tidak bermain money politic, sudah menjadi suatu rahasia umum kalau money politic itu masih hidup dan dipraktekkan. cuman kita yg kurang power jgn coba2 untuk mengungkapkannya....malah nanti kita yg dituntut dan jeblos ke penjara. bukan "politic man" kalau mereka tidak bisa membalik kan keadaan dan melenyapkan bukti2 pendukung ^_^.

cuma waktu yg akan membongkar rahasia busuk mereka,contohnya sudah ada,yakni: keluarga cendana (kerajaan soeharto) hehehe :)

Didiet mengatakan...
on 

hm...mbener juga ni kata orang

rumah blogger mengatakan...
on 

kalo ada yg kebakaran apa perlu mobil pemadam nich, hihihiiii

sabirinnet mengatakan...
on 

siapa yg salah dan benar pasti akan terungkap juga nanti, kita tunggu aja dan rakyat sudah letih dengan permsalahan dinegeri ini..

jhonson blog mengatakan...
on 

zzzzz politik susah dipahami.menurut kita salah tapi sewaktu dipersidangan bisa jadi bener...pusiinnngggg. truss masalah buku gurita,memang kalo dikaji isi bukunya masuk logika juga....tapiiii belum tentu masuk logika dipengadilan seandainya ini terjadi :)

Posting Komentar

 

Copyright © 2012 by Berita Terbaru dan Profil Artis Terkini Powered By SlideGossip | Design by Opung | Contact Email : slidegossip (at) gmail.com | Phone : 0857-808-70772