Minggu, 11 Mei 2014

10 Tips Mengurangi Bahaya Radiasi Handphone (Ponsel)

Handphone atau ponsel merupakan perlengkapan elektronik yang selalu menemani kemanapun kita pergi. Tapi tahukah kamu, efek samping dari sinyal ponsel? Pancaran gelombang elektromagnetik dari ponsel memiliki frekuensi antara 450-1800 MHz, yaitu termasuk dalam daerah gelombang mikro. Menurut perhitungan menunjukkan bahwa quantum energi yang ditimbulkan oleh radiasi elektromagnetik ponsel, secara kuantitas relatif masih kecil karena hanya berkisar sepersejuta elektron Volt. Namun kalau jarak sumber radiasi dengan materi, yaitu jarak antara ponsel dengan kepala (khususnya telinga) diperhitungkan, maka dampak radiasi elektromagnetik yang dipancarkan oleh ponsel tidak boleh diabaikan begitu saja. Alasannya adalah karena intensitas radiasi elektromagnetik yang diterima oleh materi (kepala khusus bagian telinga), akan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak, artinya makin dekat dengan sumber radiasi (ponsel) akan makin besar radiasi yang diterima.
Berikut ini adalah 10 tips mengurangi bahaya radiasi HP atau ponsel :
1. Gunakan Earphone
Gunakan earphone setiap kamu menelepon atau menerima panggilan telepon, agar ponsel tidak terlalu dekat dengan otak.

2. Kurangi Bluetooth dan Earphone Wireless
Pilihlah headset yang masih menggunakan kabel untuk terhubung dengan ponsel. Jangan menggunakan jenis headset wireless. Juga gunakan fitur bluetooth seperlunya saja, matikan jika tidak perlu.

3. Speakerphone
Jika kamu tidak memiliki headset, mengaktifkan modus loudspeaker bisa jadi pilihan. Jadi kamu bisa mendengarkan suara panggilan tanpa harus menempelkan ponsel ke telinga.

4. Lebih baik SMS
Bila kamu terbiasa dengan SMS-ria, sekarang kamu punya alasan kuat untuk memaksimalkan kebiasaan tersebut. Mengirim teks via SMS akan membatasi durasi paparan bahaya radiasi Hp, dan menjaga jarak Hp dari kepala dan tubuh kita.

5. Gunakan Casing Penahan Radiasi
Sekarang banyak produsen menciptakan casing berkemampuan khusus yang diklaim bisa meminimalisir hantaran radiasi yang berasal dari ponsel. Jika dirasa perlu, mungkin kamu bisa mencari dan menggunakannya.

6. Matikan ponsel saat signal lemah
Ketika berada di daerah dengan signal telekomunikasi yang lemah, sebaiknya matikan ponsel. Sinyal yang lemah justru dikatakan memicu radiasi yang lebih tinggi.

7. Diam di tempat saat menelepon
Hindari berjalan kesana kemari saat menerima telepon. Aktivitas ini justru akan menguatkan radiasi. Karena dalam keadaan bergerak maka sinyal ponsel akan terus mencari pancaran sinyal yang kuat dari base transceiver station (BTS).

8. Gunakan dua telinga
Usahakan untuk bergantian menggunakan telinga kanan dan kiri secara bergantian saat menerima telepon.

9. Letakkan ponsel di tas
Saat tidak digunakan, sebaiknya letakkan ponsel di tas atau meja. Jangan terus menerus menempel di saku.

10. Mengurangi pemakaian Smartphone
Perangkat smartphone seperti BlackBerry atau iPhone menghasilkan emisi yang lebih tinggi daripada Hp biasa. Smartphone lebih banyak bergantung pada energi dari baterai untuk melakukan aktivitas e-mail, koneksi internet, dan men-display warna. Mengurangi pemakaian smartphone merupakan langkah bijak untuk mengurangi bahaya radiasi Hp.
(inti-kesehatan.blogspot.com)
Share this article :

Artikel Terkait:

Comments
1 Comments

Comments :

1
NESU mengatakan...
on 

Hati - Hati Terhadap Anti Radiasi yang mengklaim bisa menurunkan aapalagi menghilangkan Radiasi, pada prakteknya justru Radiasi yang dihasilkan semakin besar, karena Ponsel dipaksa untuk terus terkoneksi dengan jaringan menggunakan daya yang lebih besar, semakin besar daya yang digunakan, semakin besar juga Radiasi yang dihasilkan.

Poskan Komentar

 

Copyright © 2012 by Berita Terbaru dan Profil Artis Terkini Powered By SlideGossip | Design by Opung | Contact Email : slidegossip (at) gmail.com | Phone : 0857-808-70772