Senin, 17 Desember 2012

5 Cara Cepat Membedakan Bakso Daging Sapi dengan Daging Babi

Beredarnya berita tentang bakso yang dicampur dengan daging babi membuat para penggemar bakso menjadi resah, sebab mereka tidak tahu bagaimana cara membedakan bakso yang terbuat asli dari daging sapi atau campuran daging babi, bahkan kabarnya ada juga bakso yang terbuat dari bahan daging lainnya yang tidak layak dimakan manusia.
Berita penggerebekan salah satu tempat pengolahan bakso daging babi semakin sering disiarkan di televisi dan media lainya. Sebagai konsumen, sudah seharusnya kita waspada dan tidak terjebak oleh ulah para pedagang bakso 'nakal' yang membuat bakso dari daging babi. 
Para penikmat bakso juga tidak perlu takut dan khawatir jika sudah bisa membedakan mana bakso yang terbuat dari daging sapi dan mana bakso yang dicampur daging babi.
Berikut ini adalah beberapa cara praktis dan cepat untuk membedakan bakso daging babi dengan bakso daging babi :
Setelah bakso daging babi direbus di dalam panci, biasanya aroma khas daging babi akan tercium. Pada umumnya, daging babi beraroma lebih amis dibandingkan dengan daging sapi. Untuk itu, Anda patut waspada jika aroma bakso tak seperti aroma bakso daging sapi seperti biasanya.

Daging babi celeng memiliki tekstur lebih kasar. Jika dijadikan bakso, maka akan mudah pecah bila ditusuk sendok. Jika Anda memakan bakso yang sudah terlihat seperti itu, maka lebih baik berhenti memakannya. Bisa saja bakso tersebut memang dicampuri dengan daging babi.

Jika bakso tersebut sudah tercampur degan daging babi, maka rasanya pun sedikit berbeda. Bakso tersebut, saat dikonsumsi akan terasa lebih gurih. Namun, ada juga pedagang bakso yang licik dengan menambahkan bawang putih untuk menghilangkan ciri khas bau daging babi tersebut. Berhati-hatilah!

Karena harga daging sapi yang terus meningkat bahkan pernah menembus harga Rp 100.000/kg membuat harga bakso pastinya sedikit banyak akan mengalami kenaikan. Nah, jika Anda menemukan harga bakso yang lebih murah dari harga biasanya, hal ini perlu diwaspadai. Bisa saja baksonya terbuat dari daging babi yang harga dagingnya memang lebih murah dari harga daging sapi.

Nah cara yang satu ini sudah tidak diragukan lagi jika kamu membeli bakso diproduk kemasan dengan tulisan halal. Sudah pasti bakso yang kamu makan adalah bakso sapi dan bukan bakso daging babi. Walaupun belum lama ini ada kemasan bakso yang ditulis 'halal' setelah diperiksa ternyata mengandung campuran daging babi. Jadi tetaplah waspada!
(Op);sumber:jurukunci.net
Share this article :

Artikel Terkait:

Comments
0 Comments

Comments :

0 komentar to “5 Cara Cepat Membedakan Bakso Daging Sapi dengan Daging Babi”


Posting Komentar

 

Copyright © 2012 by Berita Terbaru dan Profil Artis Terkini Powered By SlideGossip | Design by Opung | Contact Email : slidegossip (at) gmail.com | Phone : 0857-808-70772