Kamis, 02 Februari 2012

Facebook Ajukan Penawaran 5 Miliar Dolar di Wall Street

Raksasa jejaring sosial Facebook mengajukan dokumen untuk penawaran umum saham perdana pada Rabu (1/2/2012), dan berupaya menghimpun lima miliar dolar AS di Wall Street dalam flotasi terbesar selama ini oleh sebuah perusahaan Internet.
Dokumen pengajuan kepada Securities and Exchange Commission (Badan Pengawas Pasar Modal) AS memberikan sekilas tentang rincian keuangan dari fenomena internet yang diluncurkan delapan tahun lalu oleh kepala eksekutif Mark Zuckerberg dari kamarnya di asrama Universitas Harvard.
Facebook mengatakan, akan mencatatkan sahamnya di Wall Street sebagai "FB" tetapi tidak menetapkan tanggal kapan sahamnya akan mulai diperdagangkan. Perusahaan yang bermarkas di Palo Alto, California itu, melaporkan laba bersih sebesar 668 juta dolar AS tahun lalu, naik dari 372 juta dolar AS tahun sebelumnya. Pendapatannya naik hampir dua kali lipat menjadi 3,7 miliar dolar AS pada 2011 dibanding tahun sebelumnya.
Dengan nilai dana yang dihimpun lima miliar dolar AS, IPO Facebook akan menjadi yang terbesar oleh perusahaan teknologi, melampaui 1,9 miliar dolar AS yang dihasilkan oleh raksasa pencarian Internet Google ketika "go public" pada 2004 pada penilaian (valuasi) 23 miliar dolar AS.
Nilai kapitalisasi pasar Facebook telah diperkirakan pada 75 miliar dolar AS hingga 100 miliar dolar AS. Dengan kapitalisasi pasar sebesar 100 miliar dolar AS akan menempatkan Facebook setara dengan McDonald (101 miliar dolar AS), jauh di depan Boeing (55 miliar dolar AS), tetapi di belakang Apple (426 miliar dolar AS) dan Google (189 miliar miliar dolar AS).
(Ant/ARI)
Share this article :

Artikel Terkait:

Comments
0 Comments

Comments :

0 komentar to “Facebook Ajukan Penawaran 5 Miliar Dolar di Wall Street”


Posting Komentar

 

Copyright © 2012 by Berita Terbaru dan Profil Artis Terkini Powered By SlideGossip | Design by Opung | Contact Email : slidegossip (at) gmail.com | Phone : 0857-808-70772