Selasa, 01 Desember 2009

Inilah 5 Fokus Penyelidikan Angket Century

Berita kali ini datang dari Jakarta. Hak angket untuk mengungkap skandal Bank Century sudah disahkan. Selanjutnya, anggota Dewan akan sibuk membentuk panitia khusus hak angket dan segera bekerja melakukan penyelidikan kasus ini.
Berikut ini adalah 5 (lima) fokus penyelidikan dalam pelaksanakan hak angket Century yang dibacakan salah satu inisiator hak angket, Maruarar Sirait di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (1/12/2009). Dan inilah kelima poin tersebut yang sebelumnya ditolak untuk dibacakan dalam sidang paripurna DPR :
Pertama, mengetahui sejauh mana pemerintah melaksanakan peraturan perundangan yang berlaku terkait keputusannya mencairkan dana talangan sebesar Rp6,7 triliun untuk Bank Century. Adakah indikasi pelanggaran peraturan perundangan, baik yang bersifat pidana maupun perdata.
Kedua, mengurai secara transparan komplikasi yang menyertai kasus pencarian dana talangan Bank Century. Termasuk mengapa bisa terjadi perubahan peraturan Bank Indonesia secara mendadak, keterlibatan Komjen Pol Susno Duadji ketika menjabat Kabareskrim Mabes Polri dalam pencairan dana nasabah Bank Century, dan kemungkinan terjadinya konspirasi antara para pemegang saham utama Bank Century dan otoritas perbankan dan keuangan pemerintah.
Ketiga, menyelidiki ke mana saja aliran dana talangan Bank Century, mengingat sebagian dana talangan tersebut oleh Direksi Century justru ditanamkan dalam bentuk Surat Utang Negara (SUN) dan dicairkan bagi nasabah besar (Budi Sampoerna), sementara nasabah kecil diabaikan. Adakah faktor kesengajaan melakukan pembobolan uang negara demi kepentingan tertentu, politik misalnya.
Keempat, menyelidiki mengapa bisa terjadi pembengkakan dana talangan menjadi Rp6,7 triliun. Sementara Bank Century hanyalah bank kecil yang sejak awal bermasalah, bahkan pada saat menerima bailout bank ini dalam status pengawasan khusus. Rasionalkah alasan pemerintah bahwa Bank Century patut diselamatkan karena mempunyai dampak sistemik bagi perbankan nasional secara keseluruhan.
Kelima, mengetahui seberapa besar kerugian negara yang sebenarnya atas kasus ini dan sejauh mana kemungkinan penyelamatan uang negara bisa dilakukan. Sebab, selain penegakan hukum di tengah berbagai kesulitan hidup yang dialami masyarakat aspek penyelamatan uang negara ini sangat penting untuk dijadikan prioritas demi memenuhi rasa keadilan rakyat. Selanjutnya, uang negara yang diselamatkan bisa digunakan untuk kepentingan meningkatkan kesejahteraan rakyat pada umumnya.
Sebelumnya, sidang paripurna DPR menolak usulan dibacakannya poin-poin di atas karena dianggap melanggar tata tertib. Ketua DPR Marzuki Alie mengatakan, sidang paripurna kali ini diagendakan untuk menyetujui atau tidaknya usulan hak angket, bukan membacakan poin-poin tersebut atau pemaparan lainnya, karena sudah dibahas di Badan Musyawarah sebelumnya.
sumber:news.okezone.com
Share this article :

Artikel Terkait:

Comments
11 Comments

Comments :

11 komentar to “Inilah 5 Fokus Penyelidikan Angket Century”


arkasala mengatakan...
on 

kita tunggu saja hasilnya seperti apa. Semoga semakin terang benderang dan hasilnya memuaskan rakyat. Terima kasih atas infonya.
Salam :)

rony danuarta mengatakan...
on 

ya benar banget, hasilnya kita tunggu saja seperti apa...

Laksamana Embun mengatakan...
on 

Datng Bwt Pertamaxxxx nya...

Lam Knal Kang,, Gimana sbgai salam knal kita, kita tukran link...? saya tunggu konfirmasinya.

Thanks

Opung mengatakan...
on 

@arkasala & rony : betul bro kita tunggu saja hasilnya nanti seperti apa.
@Laksamana Embun : tukeran link boleh saja tapi pasang link SlideGossip dulu ya sob di blog mu. Nanti baru Opung pasang balik.

Laksamana Embun mengatakan...
on 

Link sudah di psng Kang.. Di tunggu link saya mejeng di blog akang..

thanks

rumah blogger mengatakan...
on 

rakyat menunggu hasilnya...siapa yg terlibat harus dihukum donk

sabirinnet mengatakan...
on 

konspirasi politik dan fakta hukum, mana yang benar ya??

putra mengatakan...
on 

Saya ngajak tukeran link nih om ,,
link sudah saya pasang di daftar link saya .. silahkan di cek ,,
Mohon link backnya ya ..
Thanks .. :)

Opung mengatakan...
on 

@laksamana : ok link mu dah mejeng sob di My Best Friends.
@rumah blogger : betul sekecil apapun keterlibatannya sudah sepantasnya dihukum.
@sabirinnet : wah kalo ngomongin politik dan hukum berat juga sob he2..

Rkeyla mengatakan...
on 

Semoga masalah nie bs cepat terselesaikan

Cara Membuat Blog mengatakan...
on 

Kasus century kini semakin menggelinding bak bola salju. Kini para wakil rakyat sedang sibuk-sibuknya mengajukan hak angket atas kasus yang diperkirakan merugikan negara sebesar 6,7 triliun. Kini Pansus pun telah disiapkan yang diisi oleh semua perwakilan fraksi.

Mudah-mudahan saja pansus ini tidak berhenti di tengah jalan. Yang pada akhirnya kasus century benar-benar dapat diketahui fakta yang sebenarnya. Rakyat sangat menunggu upaya para wakilnya tersebut.
Cara Membuat Blog

Posting Komentar

 

Copyright © 2012 by Berita Terbaru dan Profil Artis Terkini Powered By SlideGossip | Design by Opung | Contact Email : slidegossip (at) gmail.com | Phone : 0857-808-70772