Selasa, 06 Oktober 2009

Awas Bahaya Kleptomania Menyerang Anak Anda!

Apa yang dimaksud dengan kleptomania??. Klepto diartikan sebagai suatu kecendrungan yang dimiliki seseorang untuk mengambil benda-benda milik orang lain, dengan atau tanpa sepengetahuan orang tersebut. Mania berarti dilakukan berulang kali dan menjadi suatu kebutuhan untuk orang tersebut. Kleptomania sebenarnya sama saja dengan mencuri karena intinya adalah mengambil milik orang lain. Kleptomania sebenarnya bukanlah suatu kecendrungan yang dibawa sejak lahir, namun hal tersebut terjadi karena proses pengkondisian diri lingkungan sosial. Jika dibiarkan dan tidak ditangani maka seiring dengan usia, perilaku kleptomania akan berkembang menjadi perilaku-perilaku buruk yang lain seperti berkata bohong, menyangkal, menyalahkan orang lain, tidak bertanggung jawab dan memanipulasi fakta yang kesemuanya akan bermuara pada pembentukan sifat kurang peka terhadap perasaan orang lain atau yang lebih parah adalah tingkah laku yang anti sosial atau psikopat. Berikut ini adalah tips untuk membantu anak agar terhindar dari bahaya kleptomania :
1. Menanamkan konsep kepemilikan. Dengan memahami konsep kepemilikan, anak-anak akan bertanggung jawab dengan barang-barang miliknya dan menghormati barang orang lain. Jika dia menginginkan barang orang lain, anak harus minta izin terlebih dahulu. Untuk mengasah empatinya, diskusikan dengan anak apa yang dia rasakan jika barang yang dimilikinya diambil oleh orang lain tanpa izin.
2. Membiasakan bersikap jujur. Tanamkan pada anak untuk selalu berkata dan bersikap jujur karena itu adalah modal untuk mendapatkan kepercayaan orang lain.
3. Menjadi teladan. Orang tua harus menjadi contoh yang baik karena mereka selalu melihat apa yang orang tua lakukan.
4. No labelling. Jangan kacaukan upaya perbaikan sikap anak dengan mengungkit-ungkit peristiwa pencurian yang telah dia lakukan, apalagi ditambah dengan memberikan julukan "si klepto" atau "tukang nyuri" karena saat dipanggil dengan julukan tersebut maka dia akan berperilaku sesuai dengan julukannya.
5. Ingatkan bahwa selalu "ada yang Maha Melihat". Dengan memberikan pendidikan agama sejak dini, kita bisa memasukkan konsep Ketuhanan dan mengingatkan anak bahwa dimanapun mereka berada, tidak akan pernah sendirian karena Tuhan selalu melihat apa saja yang mereka lakukan. Dan Tuhan akan menyayangi anak-anak yang berbuat baik.

Keberhasilan dalam penanganan masalah ini sangat tergantung pada konsistensi, kesabaran dan kekompakan keluarga serta orang-orang di sekitar seperti guru dan kerabat. Dan ingatlah bahwa tidak ada kata terlambat untuk memperbaiki keadaan.
Share this article :

Artikel Terkait:

Comments
5 Comments

Comments :

5 komentar to “Awas Bahaya Kleptomania Menyerang Anak Anda!”


jhonson blog mengatakan...
on 

mantab info nya...memang rada susah mendidik anak di jaman skrg...apa lagi yg mempunyai kelainan seperti klepto tadi...butuh kesabaran utk menanganinya

Insurance mengatakan...
on 

Gawat memang kalo udah kena penyakit klepto. Yang dirugikan ya orang2 sekitar karena korbannya juga kebanyakan orang yg dikenal.

Cars mengatakan...
on 

Betul. Selagi masih kecil anak harus dibiasakan untuk membedakan mana yg benar dan mana yg salah. Diskusi memang merupakan jalan terbaik buat orang tua dan anak.

Anonim mengatakan...
on 

Mau tanya kl kleptomania yg dilakuin anak umur 7th itu kira2 harus di bawa ke psikiater atau ada cara kongkrit lain ga yang bisa dilakuin?
dimohon sekali jawabannya..

Opung mengatakan...
on 

Coba Anda ikuti dulu tips2 di atas. Jika memang si anak blm juga bisa merubah sifat kleptomania nya, tidak ada salahnya Anda konsultasikan masalah ini ke psikiater sebelum sifat buruknya ini terbawa sampai ia dewasa. Semoga berhasil ya..

Posting Komentar

 

Copyright © 2012 by Berita Terbaru dan Profil Artis Terkini Powered By SlideGossip | Design by Opung | Contact Email : slidegossip (at) gmail.com | Phone : 0857-808-70772