Sabtu, 18 Juli 2009

Patung Selamat Datang di Bundaran HI Diperbaiki

Patung Selamat Datang di Bundaran HI akan diperbaiki. Sejumlah lampu akan diganti berikut pompa airnya yang rusak sejak 2002 lalu. Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta, Ery Basworo mengatakan anggaran perbaikan Tugu Selamat Datang itu akan diambil dari dana APBD-P 2009 sebesar Rp 3 miliar. Dirinya berharap anggota dewan menyetujui usulan perbaikan ini. "Jika disetujui, perbaikan akan selesai pada 15 Desember 2009 nanti. Perbaikan ini sangat mendesak, lampu sudah rusak sejak tahun 2002 lalu", ungkap Ery. Sayangnya dia tidak merinci berapa jumlah lampu yang harus diperbaiki, namun diperkirakan mencapai puluhan. "Ada kendala dalam perbaikannya (lampu) karena harus mendatangkan suku cadang dari luar negeri. Tidak ada perusahaan dalam negeri yang bisa membuat lampu untuk patung selamat datang ini", akunya.

Dulu Patung Bundaran HI ini dibangun dalam rangka persiapan penyelenggaraan ASIAN GAMES IV di Jakarta pada tahun 1962. Tujuan pembangunan adalah untuk menyambut kedatangan para tamu. Patung tersebut menggambarkan dua orang pemuda pemudi yang membawa bunga sebagai tanda penyambutan. Ide pembuatannya sendiri berasal dari Presiden Soekarno dan desain awalnya dikerjakan oleh Henk Ngantung yang pada saat itu menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta. Patung terbuat dari perunggu, tingginya mencapai 7 meter. Sementara tinggi voetstuk atau kaki patung adalah 10 meter dikerjakan oleh PN. Pembuatan patung ini memakan waktu sekitar satu tahun.
Share this article :

Artikel Terkait:

Comments
0 Comments

Comments :

0 komentar to “Patung Selamat Datang di Bundaran HI Diperbaiki”


Posting Komentar

 

Copyright © 2012 by Berita Terbaru dan Profil Artis Terkini Powered By SlideGossip | Design by Opung | Contact Email : slidegossip (at) gmail.com | Phone : 0857-808-70772