Minggu, 10 Februari 2013

Ini Dia Hidangan dan Makanan Wajib Saat Perayaan Imlek

Hampir semua jenis hidangan dipilih untuk disajikan kepada tamu, keluarga dan kerabat saat merayakan kemeriahan pesta hari raya dan tahun baru. Namun, lain halnya dengan perayaan Tahun Baru Imlek, makanan yang disajikan merupakan simbol kemakmuran, kesehatan, keberuntungan dan umur panjang untuk semua orang. Apa saja hidangan dan makanan wajib di perayaan tahun baru Imlek yang biasa disajikan?
Nah, dilansir berbagai sumber, berikut beberapa hidangan wajib saat perayaan Imlek datang :
1. Dodol China
Tak lengkap rasanya jika hari Imlek tanpa sajian Nian Gao. Rasanya yang manis legit melambangkan kemakmuran dan rezeki melimpah di tahun yang akan datang. Nian Gao dibuat dari bahan utama tepung ketan dan gula.

2. Jeruk lokam
Menurut orang China, jeruk memiliki makna tersendiri. Ada yang beranggapan bahwa jeruk dalam bahasa Mandarin disebut chi zhe. Di mana kata 'chi' berarti rezeki dan 'zhe' berarti buah. Nah, tak heran kalau buah ini diyakini sebagai buah pembawa rejeki.

3. Ikan utuh
Hidangan ikan utuh tak pernah ketinggalan untuk selalu dihidangkan saat perayaan Imlek. Umumnya jenis ikan yang digunakan adalah ikan mas, ikan bandeng dan ikan salmon. Sangat penting ikan disajikan utuh lengkap dengan ekor dan kepalanya. Hal ini untuk memastikan awal dan akhir yang baik dan menghindarkan dari nasib sial sepanjang tahun.

4. Jiaozi
Panganan ini sejenis dimsum, namun bentuknya agak sedikit berbeda dengan bentuk seperti dompet zaman dahulu. Dengan bentuknya seperti dompet, masyarakat Tionghoa percaya jika menyantap makanan ini akan berlimpah rejeki dan kemakmuran..

5. Ayam utuh
Sama seperti ikan utuh, masyarakat Tionghoa menyakini bahwa, memasak ayam utuh lengkap dengan kepalanya saat Imlek adalah melambangkan persatuan keluarga dan masa depan yang lebih baik.
sumber:inilah.com
Share this article :

Artikel Terkait:

Comments
0 Comments

Comments :

0 komentar to “Ini Dia Hidangan dan Makanan Wajib Saat Perayaan Imlek”


Posting Komentar

 

Copyright © 2012 by Berita Terbaru dan Profil Artis Terkini Powered By SlideGossip | Design by Opung | Contact Email : slidegossip (at) gmail.com | Phone : 0857-808-70772