Senin, 22 Oktober 2018

Prabowo 3 Kali Unggul di Polling Online, Kemana Para Pendukung Jokowi?

slidegossip.com - Untuk ketiga kalinya, media online kumparan.com melakukan polling secara online pada periode 8-15 Oktober 2018, guna melakukan pengamatan terhadap perkembangan sentimen para pembaca terhadap dua pasangan capres dan cawapres, Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga Uno. Seperti dilansir dari kumparan.com (18/10/2018), pada dua polling sebelumnya, Prabowo-Sandi unggul dari Jokowi-Ma'ruf.

 
Prabowo dan Jokowi (foto: kicknews.today)

Seperti polling sebelumnya, pada polling ketiga ini, kumparan melakukan beberapa tahap untuk memperkecil bias yang disebabkan adanya bot atau buzzer pada hasil pollingnya. Polli tersebut juga tetap memakai teorema Bayes untuk memperoleh hasil akhir yang baik. Dan berikut ini adalah hasil polling tersebut :

  • Total Suara yang masuk    : 21.790
  • Total Suara Sah                  : 5.087
  • Prabowo-Sandi                   : 62.3% (95% density interval : 0.613 – 0.632)
  • Jokowi-Ma’ruf                   : 37.7% (95% density interval : 0.368 – 0.387)

Dari data tersebut bisa disimpulkan bahwa pasangan Prabowo-Sandi masih unggul 24,6% dibandingkan Jokowi-Ma'ruf. Bukan hanya sentimen pembaca secara keseluruhan, tim kumparan juga menganalisa sentimen pembaca berdasarkan metode login yang dilakukan, yakni melalui Facebook atau Google. Dengan cara yang sama seperti polling sebelumnya, akhirnya diperoleh hasil :

Menanggapi hasil polling tersebut, akun Twitter @makLambeTurah (20/10/2018), sempat memberikan komentarnya. Menurutnya, Jokowi bisa kalah unggul dalam polling tersebut karena para pendukungnya rata-rata adalah orang sibuk. "Pendukung Jokowi rata2 orang kerja, orang sibuk dan orang bisnis jadi ga ada waktu buat demo2 bersilit2 dan gak terlalu tertarik sama gelar dunia maya. Pendukung Jokowi hidup di dunia nyata biarlah gelar presiden sosmed buat pak Prabowo..," tulis akun Twitter @makLambeTurah.
Share this article :

Artikel Terkait:

Comments
0 Comments

Comments :

0 komentar to “Prabowo 3 Kali Unggul di Polling Online, Kemana Para Pendukung Jokowi?”


Posting Komentar

 

Copyright © 2012 by Berita Terbaru dan Profil Artis Terkini Powered By SlideGossip | Design by Opung | Contact Email : slidegossip (at) gmail.com | Phone : 0857-808-70772