Sabtu, 17 Desember 2016

Ini Penyebab Timnas Indonesia Kalah 2-0 Melawan Thailand di Final Piala AFF 2016

slidegossip.com - Timnas Indonesia akhirnya harus rela menerima kekalahan dan memupus harapan untuk menjadi pemenang atau juara Piala AFF 2016. Timnas Indonesia kalah dengan skor akhir 0-2 melawan Thailand di leg kedua partai Final yang berlangsung di Rajamangala Stadium, Bangkok, hari Sabtu tanggal 17 Desember 2016 malam.

 

Timnas Indonesia yang menang agregat 2-1 di leg pertama kebobolan lebih dulu lewat gol pemain timnas Thailand, Siroch Chattong di menit ke-37. Sepakan Fachruddin mengenai pemain Thailand tersebut, menyebabkan bola masuk ke gawang Kurnia Meiga.

Chattong juga kembali jadi mimpi buruk timnas Indonesia di babak kedua. Lepas dari penjagaan, ia melesakkan tendangan melengkung ke sisi kiri gawang Kurnia Meiga. Indonesia pun tertinggal 0-2 di menit 47. Thailand hampir saja menambah keunggulan andai Teerasil Dangda sukses mengeksekusi penalti. Namun Kurnia Meiga tampil heroik dengan mementahkan penalti kapten dari timnas Thailand tersebut.

Sayangnya, para pemain timnas Indonesia tak kunjung menciptakan gol hingga detik-detik terakhir dan pertandingan pun usai. Thailand pun resmi merengkuh gelar juara Piala AFF untuk kelima kalinya. Bagi Indonesia, kekalahan ini juga jadi kekalahan yang kelima kali di final. Rinciannya, Indonesia kalah di Piala AFF tahun 2000, 2002, 2004, dan 2010.

Meski demikian, Boaz Solossa dan kawan-kawan tetap mendapat simpati dari para suporter timnas Indonesia. Mereka menganggap, skuat asuhan Alfred Riedl tersebut telah bermain maksimal meskipun akhirnya harus mengakui keunggunal timnas Thailand.

Berikut ini adalah fakta-fakta yang mungkin saja menjadi penyebab kegagalan timnas Indonesia meraih juara Piala AFF 20016 :
  • Dua gol Thailand dicetak oleh pemain yang sama Siroch Chatthong pada menit 37 dan 47.
  • Thailand lebih unggul dalam penguasaan bola dibanding Indonesia 56:44.
  • Pemain Indonesia Abduh Lestaluhu mendapat kartu merah pada menit 90.
  • Kiper Timnas Indonesia Kurnia Meiga berhasil menahan tendangan pinalti striker Thailand Teerasil Dangda pada menit ke-81.
  • Thailand mencetak 15 gol dan hanya kebobolan 4 gol sejak fase grup hingga Final Piala AFF 2016.
  • Indonesia mencetak 12 gol dan kemasukan 13 gol sepanjang turnamen Piala AFF 2016.
  • Indonesia menjadi satu-satunya tim yang bisa menjebol gawang Thailand sepanjang Piala AFF 2016, dengan total 4 gol.
  • Sepanjang Piala AFF 2016, Indonesia 3 kali berhadapan Thailand. Pada fase grup skor 4-2 untuk kemenangan Thailand, pada dua laga final 2-1 (Indonesia menang) dan 2-0 (Thailand menang)
  • Thailand juara dengan skor agregat 3-2 setelah pada leg pertama Final AFF di Bogor kalah 1-2.
  • Indonesia telah lima kali menjadi runner-up di ajang AFF Cup. Rekor terbanyak dari semua negara
  • Thailand telah 5 kali meraih juara Piala AFF. Inilah jumlah terbanyak dibanding semua negara.
  • Pemain Timnas Indonesia Rizky Pora menjadi pemain dengan asis terbanyak yakni 4 bersama pemain Thailand Theeraton Bunmathan.
Sementara itu, gelandang serang Thailand, Chanathip Songkrasin, dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Piala AFF 2016. Gelar ini tentu tak lepas dari penampilan gemilangnya saat membawa Thailand mengalahkan timnas Indonesia 2-0 di laga kedua final Piala AFF, Sabtu (17/12/2016).

Dengan hasil ini, timnas Thailand sukses jadi juara Piala AFF untuk kelima kalinya. Mereka unggul agregat 3-2 atas Indonesia karena di laga pertama, Thailand kalah 1-2 di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor. Bagi Chanathip, ini keduanya kalinya secara berturut-turut dia dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Piala AFF. Sebelumnya, dua tahun lalu, pemain Muangthong United FC itu juga meraih gelar yang sama. Ketika itu, Thailand juga menjadi yang terbaik.

Oleh penggemarnya di Thailand, Chanathip Songkrasin dipanggil dengan sebutan Messi Jay, karena gaya permainannya yang cepat dan gocekannya yang meliuk-liuk. Di Piala AFF, dari total tujuh pertandingan, enam kali pemain berusia 23 tahun ini dipercaya sebagai pemain inti. (foto:liputan6.com)
Share this article :

Artikel Terkait:

Comments
0 Comments

Comments :

0 komentar to “Ini Penyebab Timnas Indonesia Kalah 2-0 Melawan Thailand di Final Piala AFF 2016”


Poskan Komentar

 

Copyright © 2012 by Berita Terbaru dan Profil Artis Terkini Powered By SlideGossip | Design by Opung | Contact Email : slidegossip (at) gmail.com | Phone : 0857-808-70772