Kamis, 22 Desember 2016

Asal Mula, Arti dan Pengertian Istilah 'Om Telolet Om' Yang Sebenarnya!

slidegossip.com - Sekarang ini, anak-anak gaul sedang diramaikan dengan istilah 'Om Telolet Om' yang sedang happening, jadi hits, viral dan trending topic serta kekinian. Rasanya, jika belum mengucapkan atau menulis 'Om Telolet Om' belum bisa dibilang sebagai orang yang kekinian. Lalu apa sebenarnya arti dari kata dan istilah 'Om Telolet Om'? Dari mana asal muasal istilah yang unik ini?

 

Awalnya, fenomena 'Om Telolet Om' ini menjadi populer dan viral setelah ada seseorang yang mengupload video yang diambil di daerah Jepara. Di sana saat siang atau sore hari ada seorang anak kecil yang habis pulang sekolah berdiri di pinggir jalan, kemudian anak kecil tersebut berteriak, "Om Telolet Om" dengan kerasnya.

Ada juga anak kecil yang sambil memegang kertas yang bertuliskan 'Om ! Telolet'. Teriakan itu sebenarnya ditujukan kepada sopir bus yang melintas di jalan raya agar membunyikan klakson busnya dengan bunyi telolet.

Pengertian 'Om Telolet Om' yang sebenarnya : 
Jadi 'Om' itu maksudnya adalah si om supir bus. Sedangkan 'Telolet' itu adalah suara yang seperti menirukan suara klakson bus yang berbunyi telolet tolelet telotet. Kira-kira kalau dituliskan seperti itulah bunyinya. Singkatnya istilah 'Om Telolet Om' adalah sebuah seruan yang diucapkan oleh anak-anak kecil yang ditujukan kepada sopir bus agar si sopir bus mau membunyikan klakson busnya.

Tujuannya 'Om Telolet Om' itu supaya apa? Sebenarnya tujuannya hanya untuk bercanda dan bersenang-senang saja. Maklum, namanya juga anak kecil. Mungkin anak-anak itu sangat senang mendengar suara klakson bus yang memang terkadang suaranya unik.

Ada juga yang merekam suara klaksonnya, lalu setelah di rekam langsung diupload ke media sosial dan sebagainya hingga akhirnya menjadi viral di internet. Mungkin bagi para bus mania hal ini bukanlah hal yang baru karena segala hal yang berkaitan dengan bus adalah unik terutama untuk suara klakson yang banyak variasinya.

Tapi bagi orang awam, ini menjadi sebuah trend setelah melihat keceriaan anak-anak kecil mendengar suara klakson bus antar kota yang melintas. Fenomena 'OmTelolet Om' ini semakin ngetrend di beberapa wilayah di Indonesia, bukan hanya di Jepara saja. Dan penggemarnya bukan lagi hanya anak-anak, melainkan juga para remaja dan dewasa.

Seperti dilansir dari detik.com, sudah ada 10 aplikasi yang membuat suara klakson BUS 'Om Telolet Om'. Aplikasi tersebut dibuat dengan bertemakan Klakson Telolet (Big Bus Horn). Telolet Horn, Telolet BUS Terbaru dan masih banyak aplikasi lainnya yang sangat mudah anda dapatkan di PlayStore dengan mencari dengan kata kunci 'Telolet'. 

Sebagai catatan saja, harga klakson telolet ini ternyata cukup mahal. Mulai dari harga 500 ribuan sampai yang harga jutaan rupiah. Tergantung tingkat kekerasan suara dan juga beberapa kombinasi suara yang dihasilkan.

Mungkin sebagian orang ada yang mengatakan bahwa hal ini adalah sebuah hal yang norak, tidak lucu, dan tidak perlu di populerkan. Tapi nyatanya hal itu bisa membuat anak-anak bangsa ini bahagia ketika mengucapkannya.

Kicauan 'Om Telolet Om' ternyata tidak hanya di media sosial Indonesia saja yang menjadi viral. Banyak sekali kicauan di media sosial luar negeri juga ikut mengatakan 'Om Telolet Om'. Seperti status Donal Trump sang Presiden terpilih juga ikut-ikutan dikomentari oleh DJ Ssanke.

Ada pula yang menjelaskan bahwa Telolet adalah bunyi klakson bus yang sedang menjadi buruan sejumlah anak anak muda di Pulau Jawa. Hanya untuk mendapatkan bunyi tersebut, mereka rela menunggu atau memburu bus di jalan raya sambil berteriak kepada sopir, "Om telolet Om".

Dua DJ terkenal di dunia, DJ Snake dan DJ Zeed juga ikut menuliskannya di media sosial mereka. Pada Instagram, sejumlah pemilik akun asal Indonesia juga ramai-ramai menulis di komentar, "Om Telolet Om"  pada akun Instagram milik Zayn Malik. Sepertinya, mereka sedikit memaksa agar Zayn Malik juga mau menulis  istilah 'Om Telolet Om' di akun Instagram-nya.
Share this article :

Artikel Terkait:

Comments
0 Comments

Comments :

0 komentar to “Asal Mula, Arti dan Pengertian Istilah 'Om Telolet Om' Yang Sebenarnya!”


Poskan Komentar

 

Copyright © 2012 by Berita Terbaru dan Profil Artis Terkini Powered By SlideGossip | Design by Opung | Contact Email : slidegossip (at) gmail.com | Phone : 0857-808-70772