Minggu, 17 Juli 2016

Apa Itu Pokemon Go? Bagaimana Cara Download dan Memainkan Game Pokemon Go di Indonesia?

slidegossip.com - Deman Game Pokemon GO di Indonesia. Sudah lebih dari seminggu lalu, Nintendo bekerja sama dengan Niantic meluncurkan game menarik bernama Pokemon GO untuk smartphone bersistem operasi Android dan iOS atau iPhone. Bisa dibilang game Pokemon GO ini menarik karena dikembangkan oleh Niantic yang merupakan developer dari Ingress.

 

Ingress sendiri merupakan game Geolocation dan Augmented Reality yang menggunakan peta dan tempat-tempat penting di dunia nyata sehingga pemainnya merasakan sesuatu yang menarik dan benar-benar-seperti kejadian nyata atau real ketika bermain game di daerahnnya masing-masing. Sepertinya dengan fitur menarik dari Ingress ini membuat pihak Nintendo melirik Niantic untuk menjadi developer pada game Pokemon GO yang hadir di smartphone dengan sistem operasi Android dan iOS.

Kalau Ingress lebih menceritakan mengenai pengaktifan portal-portal untuk menguasai dunia, sementara Pokemon (Pocket Monster) lebih mengajak pemainnya untuk menangkap Pokemon dan selanjutnya dilatih untuk bertarung dengan Pokemon lainnya bahkan melawan pemimpin Gym maupun turnamen. Menariknya, pemainnya dapat menangkap banyak Pokemon dengan sebuah Pokeball (bola untuk Pokemon).

Salah satu Pokemon yang banyak dicari oleh para pemain Pokemon GO adalah Pikachu yang merupakan salah satu pemeran utama sertia TV Pokemon. Nah, Gadgetren juga punya trik untuk mendapatkan Pikachu di bagian awal bermain Pokemon GO.

Jangan lupa, kamu juga memerlukan candy untuk dapat membuat Pokemon kamu berevolusi. Bagi kamu yang kesulitan, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan candy dalam jumlah yang banyak dan berevolusi dengan cepat.

Apa Itu Pokemon GO? 
Pokemon Go sendiri telah hadir sejak tanggal 5 Juli 2016 di 3 negara pertama yang terdiri dari Amerika Serikat, Australia, dan Selandia Baru. Dengan hadirnya Pokemon Go ini, pengguna smartphone Android dan iPhone bisa menangkap Pokemon di sekitar lingkungannya menuju titik-titik PokeStop, dan bertarung di Gym. Fungsi PokeStop ini menyediakan berbagai item, seperti Pokeball, Revive, Potion, dan masih banyak lagi.

Pemain harus sudah mencapai level 5 agar bisa bertarung di Gym dan memilih tim pertarungannya. Menariknya, tempat yang dijadikan PokeStop dan Gym biasanya merupakan tempat penting, seperti tempat ibadah, makam, maupun tempat yang terkenal di daerah tersebut. Kalau di Indonesia misalnya daerah sekitar Monas dan Istana Presiden. Titik penting ini dihasilkan dari portal yang pernah dibuat oleh pemain dari Ingress sehingga Naintic sangat mudah dalam membuat PokeStop dan Gym di daerah pemain Pokemon GO.

Untuk saat ini, Gadgeter belum bisa mengunduh secara langsung game Pokemon GO di Google Play Store maupun Apple App Store karena game tersebut baru tersedia di 3 negara pertama, seperti Amerika Serikat, Australia, dan Selandia Baru.

Sebelum mendownload game Pokemon GO, ada baiknya untuk cek terlebih dahulu apakah smartphone kamu mendukung Pokemon GO. Namun jika Gadgeter penasaran dan ingin mencoba untuk memainkannya maka bisa mengikuti cara di bawah ini :
Versi Pokemon GO terbaru ini sudah bisa dijalankan di smartphone berprosesor Intel seperti Zenfone 2

Cara Mengunduh dan Instal/Download Pokemon GO Untuk Android 
Pastikan smartphone kamu memiliki RAM 2 GB, prosesor Qualcomm Snapdragon, Mediatek, atau Intel, terintegrasi GPS, dan sistem operasi Android 4.4 ke atas. Selanjutnya kamu bisa mengunduh di situs penyedia mentahan aplikasi Android (APK), seperti APKPure, APKPolice, dan APKMirror.

Selanjutnya setelah APK berhasil terunduh maka kamu bisa langsung menginstalnya di smartphone bersistem operasi Android masing-masing. Setelah game terinstal maka kamu hanya tinggal melakukan login dengan akun Gmail atau akun Pokemon.

Jika ingin cepat, bisa langsung menggunakan akun Gmail. Kemudian profesor dalam game akan memberikan petunjuk mengenai cara bermain dari Pokemon GO ini. Selain itu, kamu bisa memiliki karakter laki-laki atau perempun yang bisa dikustomasi dalam game ini.

Nantinya pemain akan dihadapkan pada 3 Pokemon Starter generasi pertama yang bisa dipilih, salah satunya mulai dari Charmander yang memiliki elemen api, Squirtle yang memiliki elemen air, hingga Bulbasaur yang memiliki elemen rumput. Tentunya pilihan Pokemon starter ini sesuai dengan selera pemain.

Mengunduh dan Install/Download Pokemon GO Untuk iPhone, iPad, dan iPod touch 
Pastikan iPhone, iPad, dan iPod touch dari pemain telah menggunakan sistem operasi iOS 8.0 ke atas. Untuk iPhone, iPad, dan iPod touch secara bawaan tidak bisa menginstal berkas mentahan aplikasi sehingga cara dilakukan dengan membuat akun Apple ID di region Amerika Serikat, Australia, dan Selandia Baru. Untuk itu, pemain harus terlebih dahulu logout dari akun Apple ID di region Indonsia.

Setelah keluar maka pemain dapat memasukan Apple ID pada iPhone, iPad, atau iPod touch yang dimilikinya. Selanjutnya, melakukan unduh game Pokemon GO di Apple App Store ini. Ketika berhasil terunduh dan terinstal maka pemain hanya tinggal melakukan login pada game dengan akun Gmail atau akun Pokemon.

Pemain cukup mengikuti petunjuk profesor dalam game Pokemon GO dan dapat menentukan karakter laki-laki atau perempuan yang akan digunakan. Tak ketinggalan, Gadgeter akan diajak untuk memiliki salah satu dari 3 Pokemon Starter yang terdiri dari Charmander yang memiliki elemen api, Squirtle yang memiliki elemen air, hingga Bulbasaur yang memiliki elemen rumput.

Nantinya, peta dan perjalanan dari Pokemon GO ini bergantung dari daerah nyata yang sedang dikunjungi oleh pemainnya sehingga seakan-akan Gadgeter bisa menangkap Pokemon di daerah tersebut. Sebagai tambahan, APK yang beredar pada ketiga situs di atas merupakan Pokemon GO yang tidak resmi di negara Indonesia sehingga pemain bisa dengan bijak untuk memilih bermain atau menunggunya hingga hadir di Indonesia.

Bagi pemain yang ingin mengunduh aplikasi mentahan (APK) Android maka dapat langsung mengunjungi beberapa situs, seperti APKPure, APKPolice, dan APKMirror.  Sebagai tambahan, tautan akan selalu diperbarui sesuai versi terbaru dari Pokemon GO.

Pokemon GO Sudah Bisa Dimainkan di Indonesia! 
Meski belum ada kabar pasti dari Niantic mengenai kapan Pokemon GO akan rilis dan bisa dimainkan di Indonesia, namun saat ini Pokemon GO sudah bisa dimainkan oleh beberapa orang beruntung yang terdaftar di field test dan mereka yang berada di Amerika, Australia dan New Zealand. Pemain lain di luar tiga negara tersebut di atas tapi ingin memainkan Pokemon GO, harus download Pokemon GO lewat file APK. Lalu bagaimana keseruan saat memainkan game Pokemon GO di smartphone hingga membuat orang ketagihan?

Cara Memainkan Game Pokemon GO di Smartphone 
Dengan diadakannya test field game Pokemon GO ini, kita bisa tahu apa saja yang dibutuhkan untuk memainkan Pokemon GO di smartphone. Untuk bisa memainkan Pokemon GO, yang kamu butuhkan adalah smartphone Android minimal KitKat 4.4 atau minimal iPhone 5 dengan iOS 8.2. Selanjutnya, kamu butuh akun Gmail untuk bisa memainkan Pokemon GO. Wajar saja jika Pokemon GO membutuhkan akun Gmail, soalnya game ini digawangi oleh salah satu orang yang menjadi pencetus Google Earth.

Untuk urusan gameplay, Pokemon GO akan mengharuskan kamu untuk menjelajahi lingkungan sekitar agar bisa menemukan dan menangkap Pokémon. Menariknya Pokémon yang akan kamu tangkap itu hanya bisa dipantau melalui layar smartphone berkat teknologi Augmented Reality yang dibawa game ini. Pokémon akan muncul di lingkungan yang sesuai tipe mereka, misalnya Pokémon tipe air hanya muncul di dekat kolam, dan tempat yang penuh air lainnya.

Saat kamu berada di lingkungan asli Pokémon tertentu, smartphone kamu akan bergetar sebagai tanda bahwa ada Pokémon di sekitar kamu. Dan kamu bisa langsung menggunakan layar smartphone sebagai sarana untuk melemparkan Master Ball. Kebayang kan serunya memainkan Pokemon GO ini?

Game Pokemon GO ini juga sudah berhasil membuat orang ketagihan dan kecanduan untuk terus main. Salah satunya adalah Tom Currie asal Selandia Baru yang rela sampai berhenti dari pekerjaannya di sebuah kafe demi berburu Pokemon GO selama dua bulan.

"Saya pesan bus dari semua arah ke Invercargil dan begitu juga untuk balik ke Cape Reinga, semoga saya bisa dapat Pokemon bagus di jalan," kata pria muda asal Auckland itu, seperti yang diberitakan laman NME.

Sejauh ini, Currie sudah mengumpulkan 700 Pokemon dan berada di level 20. Ia belum menemukan orang lain yang lebih tinggi darinya hingga akhirnya ia tiba di Christchurch. "Saya mau Mewtwo, Pokemon nomor 150. Kebanyakan itu yang terakhir di dapat di sini," kata dia.

Seorang laki-laki asal Australia juga dikeluarkan dari pekerjaannya karena ia mengeluh tidak ada Pokemon di rumah barunya di Singapura. Permainan Pokemon GO ini sudah menuai kontroversi sejak diluncurkan beberapa pekan lalu. Polisi Australia sampai harus mengeluarkan peringatan bagi para pemain untuk menyadari keselamatan mereka.

Smartphone Android dan iPhone yang Mendukung Game Pokemon GO 
Setelah seminggu lebih dari waktu perilisannya, game Pokemon GO menjadi sangat terkenal hingga bahkan menyebabkan server dari tempat penyimpanan data Pokemon GO menjadi down. Tentu saja hal ini dikarenakan pengguna Pokemon GO bukan hanya di 3 negara resmi pertama yang ditunjuk oleh Niantic dan Nintendo, melainkan negara lainnya termasuk Indonesia yang ikut meramaikan jalannya permainan Pokemon GO.

Niantic dan Nintendo sangat terkejut dengan animo yang sangat besar dari pengguna smartphone di berbagai belahan dunia yang sangat antusias dengan game Pokemon GO ini. Server yang seharusnya ditujukan untuk 3 negara resmi pertama harus jebol karena pengguna dari luar negara tersebut ikut memainkannya.

Memang pengguna smartphone Android maupun iOS selain dari 3 negara tersebut tidak akan bisa mengunduhnya di Google Play Store atau Apple App Store, namun ternyata hal tersebut bisa diakali dengan tersedianya mentahan aplikasi Android (APK) yang bisa didapat di internet atau mengakali aku region di Apple App Store.

Selain itu, jika pemain ingin memainkan game Pokemon GO ini sebaiknya melihat beberapa syarat ponsel atau gadget yang wajib dimiliki oleh smartphone Android maupun iPhone. Untuk smartphone bersistem operasi Android, Gadgeter harus memiliki smartphone yang telah disematkan prosesor Qualcomm Snapdragon, Mediatek, atau Intel, RAM 2 GB atau lebih tinggi, sistem operasi Android 4.4 atau lebih tinggi, mendukung GPS, dan jaringan internet baik 3G, H+, 4G, atau Wi-Fi.

Sedangkan untuk pemain yang menggunakan perangkat Apple harus memiliki setidaknya iPhone, iPad, dan iPod touch yang telah memiliki sistem operasi iOS 8.0. Bagi Gadgeter yang ingin mencobanya di Android bisa mengunduh mentahan aplikasi (APK) di situs APKPolice, APKMirror atau APKPure. Sedangkan Gadgeter yang menggunakan perangkat Apple bisa mencobanya dengan membuat akun Apple ID di salah satu dari 3 negara resmi yang terdiri dari Amerika Serikat, Australia, atau Selandia Baru.

Sebagai tambahan, APK yang beredar pada ketiga situs di atas merupakan Pokemon GO yang tidak resmi di negara Indonesia sehingga pemain bisa dengan bijak untuk memilih bermain atau menunggunya hingga Pokemon GO hadir di Indonesia.
Share this article :

Artikel Terkait:

Comments
0 Comments

Comments :

0 komentar to “Apa Itu Pokemon Go? Bagaimana Cara Download dan Memainkan Game Pokemon Go di Indonesia?”


Poskan Komentar

 

Copyright © 2012 by Berita Terbaru dan Profil Artis Terkini Powered By SlideGossip | Design by Opung | Contact Email : slidegossip (at) gmail.com | Phone : 0857-808-70772