Senin, 06 Juni 2016

Adipura, Pemeran Papinya Reva di Sinetron 'Anak Jalanan' Ternyata Seorang Pendakwah dan Hafal Al-Quran

slidegossip.com - Tak disangka, Adipura yang sudah malang melintang di dunia sinetron, ternyata punya kemampuan lain yang bisa menjadi inspirasi banyak orang. Adipura yang sering memerankan tokoh antagonis ini ternyata sangat religius dan ia adalah hafidz Qur'an atau orang yang mampu menghafal Al-Quran. Di luar dunia akting, Adipura dikenal sebagai seorang pendakwah yang melakukan segala sesuatunya karena ingin mendapatkan ridho Allah SWT. Konon, ketika berdakwah, Pemeran Papinya Reva di sinetron 'Anak Jalanan' ini tak pernah sekalipun meminta bayaran atau memasang tarif berdakwah. Dan menariknya lagi, Adipura tak pernah mengharap apalagi meminta dirinya dipanggil dengan sebutan Ustadz.

 

Ternyata dalam mengambil peran antagonis, Adipura juga tak sembarangan memilih peran. Ia mempunyai alasan lain. Selain tuntutan skenario, Adipura mau mengambil karakter antagonis yang masih dianggap wajar dan normal, tidak seperti karakter jahat atau bengis yang mempengaruhi aktivitasnya sehari-hari sebagai pendakwah.

Adipura mengaku, mulai mendapatkan hidayah untuk lebih mendekatkan diri kepada Sang Khalik, saat kondisinya tengah mapan dan sukses sebagai bintang layar kaca. Ia merasa hatinya selalu kosong, meskipun kesuksesan sudah ia genggam.

"Walau hidup saya sudah berkecukupan, hati saya masih kosong. Yang membuat hati kosong ternyata karena kurang dekat dengan Allah SWT. Saya dulu jauh dari Al-Quran dan Allah SWT. Hidup enggak tenang. Karena galau dan bimbang, saya mulai banyak memperdalam agama," ucapnya.

Untuk mulai belajar, Adipura mendatangi sejumlah ustaz yang berkompeten dan terpilih. Setelah itu, ia bertemu dengan Ustaz Achmad Fauzan, salah seorang keluaran dari Pesantren Gontor.

"Beliau meyakinkan saya, belajar Al-Quran itu mudah asal niat dan diterapkan dalam kenyataan dan perilaku sehari-hari. Saya juga belajar tafsir dan pemahaman Islam," tukasnya.

Kini, bersama para jamaah-nya, Adipura memiliki metode pengajian yang biasa dilakukan. Yaitu menggunakan gambar agar memudahkan jamaah dalam menyerap ilmu dan pengetahuan yang disampaikan. Sebagian besar, lokasi jamaah yang dipimpin berada di kawasan Jabodetabek dan berpindah-pindah.

Meski para jamaah dan istrinya masih menentang peran antagonis Adipura di layar kaca, namun ada sejumlah pemain yang memuji hasil kerja keras Adipura dalam mendalami agama.

"Dia hidupnya sekarang lebih baik. Kalau lagi break syuting, di lokasi, dia suka belajar agama. Terkadang berzikir. Saya memuji dia," kata Nany Wijaya, yang berperan sebagai Emak Haji, ibu Haji Sulam di sinetron 'Tukang Bubur Naik Haji'.

Nah, yang lebih menariknya lagi, Meskipun sudah dianggap menguasai ilmu agama, Adipura enggan dipanggil Ustadz. “Waduh, jangan panggil itu (Ustadz). Panggil saja seperti dulu, waktu masih belum memakai embel-embel. Sebenarnya saya hanya memotivasi orang-orang dalam setiap permasalahan. Ini sudah sesuai dengan sunah hadits dan Al-Quran," ungkapnya.

Seperti dikutip dari Instagram @lambe_turah, berikut ini adalah kesaksian orang-orang yang pernah punya pengalaman mengikuti pengajian bersama Adipura :
  • "Waktu pertama-tama gue dapat undangan pengajian dengan nara sumber nya Adipura, gue sempat under estimate. Dalam hati gue, paling juga seleb yang tobat atau mendadak jadi ustadz, terus mau sharing pertaubatan dan paling cuma hafal 1 atau 2 ayat. Ternyata Subhanallah.. Maafkan hamba yang negative thinking ya ALLAH. Si akang ini ternyata hafidz Quran. Dalam menyampaikan dakwahnya tidak menggunakan catatan dalam bentuk tulisan / ipad. Lalu tema bisa kita minta on the spot.. hayuk aja. Metode dakwah nya terstruktur di tulis di whiteboard ditulis ayat per ayat. Lalu dalam sesi tanya jawab, base jawaban dan solusinya dari Al-Quran. Bener-bener gue speechless deh.."
  • "Memang bapak ini pintar dakwah. Suami aku pernah dengar beliau dakwah di acara kantor."
  • "Bener banget.. Jumat kemarin Kang Adipura tausiah di sekolah anakku. Kita disuruh bawa Al Quran terjemahan.. Semua dalil2 dibahas berdasarkan Al Quran. Dia hafal loh.  Tepat waktu, gak pelit waktu, mau diajak foto2 dan murah loh bayarannya untuk ukuran ustad. Salut deh ama kang Adipura.."
  • "Emang kok beliau ini satu pengajian sama nyokap. Sedekahnya gak usah ditanya tapi gak pernah bawa2 infotainment. Pengajiannya seputaran tadabur Quran."
  • "Setauku memang Adipura udah lama jadi pendakwah. Dulu di kantorku ada pengajian rutin tiap bulan ternyata Adipura ini yang isi acara pengajiannya. Duuhh.. ceramahnya bikin adem di hati, ganteng pula."
  • "Iya gue pernah ke pengajian yang ustadz nya kang Adipura. Subhanallah beliau sekarang hafidz Quran. Sudah berniat berhenti dari dunia keartisan ketika semua kontraknya sama PH habis. Kata beliau sudah tidak mau bersentuhan dengan lawan jenis di sinetron."
  • "Beliau udah lama kok jadi pendakwah. Aslinya memang baik banget."
  • "Wah udah lama banget Adipura mah.. saua udah dari dulu ikut pengajian di sekolah anak yang datengin Adipura. Udah lebih dari 5 tahun lalu..biasanya istrinya suka ikut. Memang dia ceramahnya bahas ayat2 di Al Quran. Canggihlah pokoknya."
  • "Pernah liat tayangan gosip di tv. Ni paman dulunya pernah pake susuk terus karena dapat hidayah jadi tobat.. Semangat Oommm."
  • "Subhanallah..setau saya beliau dari dulu memang dermawan, karena pernah jadi salah satu donatur panti asuhan di dekat rumah saya (lokasi saya di kalimantan). Ga tau gimana tepatnya jalannya bisa sampai ke sini.. semoga selalu istiqomah walaupun ga banyak gembar gembor.. senang sekali lihat yang seperti ini."
  • "Kalu diminta dakwah Adipura ini gak pernah minta tarif. Katanya kalau bisnis sama Allah jangan hitung-hitungan.. biar hasil akhirnya ya Allah yang nentuin."
Share this article :

Artikel Terkait:

Comments
0 Comments

Comments :

0 komentar to “Adipura, Pemeran Papinya Reva di Sinetron 'Anak Jalanan' Ternyata Seorang Pendakwah dan Hafal Al-Quran”


Poskan Komentar

 

Copyright © 2012 by Berita Terbaru dan Profil Artis Terkini Powered By SlideGossip | Design by Opung | Contact Email : slidegossip (at) gmail.com | Phone : 0857-808-70772