Rabu, 09 Desember 2015

Doa Agar Dimudahkan, Tidak Gugup dan Lancar Berbicara di Depan Orang Lain

slidegossip.com - Ini adalah doa yang dipanjatkan oleh Nabi Musa AS ketika Allah SWT memerintahkan untuk menyampaikan wahyu kepada rakyat Mesir dan Firaun. Berbicara di depan banyak orang mungkin akan dialami oleh sebagian besar orang, tidak terkecuali umat Islam. Ada kalanya, seseorang akan berbicara dengan pendengar yang jumlahnya lebih dari satu, baik melalui pidato, presentasi, wawancara, ataupun dakwah.

Mungkin bagi sebagian orang, hal ini mudah saja untuk dilakukan lantaran sudah terbiasa. Tetapi, bagi sebagian orang lainnya menganggap sebagai hal yang menakutkan lantaran gugup, takut dan malu jika sampai keliru atau salah bicara. Alhasil, mereka lebih memilih tidak mau menjadi pembicara dan lebih senang menjadi pendengar.

Terkait hal ini, ada kisah menarik dari Nabi Musa AS. Usai Nabi Musa mendapat wahyu, Allah SWT memerintahkan Nabi Musa menyampaikan wahyu tersebut kepada Firaun. Tetapi, Nabi Musa takut tidak lancar berbicara lantaran lidahnya cacat akibat menelan bara api saat masih bayi.

Baca juga :

Untuk itu, Nabi Musa lantas memanjatkan doa agar Allah SWT memberikan kemudahan berbicara. Doa tersebut diabadikan dalam Alquran Surat Thaha ayat 25-28. Berikut lafal doa tersebut:

"Robbishrohli shod'ri, wayassirlii amrii, wakhlul 'uqdatammil lisani, yafqohu qouli."

Arti doa tersebut adalah: "Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku dan mudahkanlah untukku urusanku dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku supaya mereka mengerti perkataanku."

Doa ini sudah sering dibaca saat seseorang memulai berbicara di hadapan banyak orang. Doa ini juga dianjurkan dibaca untuk mengatasi rasa gugup ataupun malu saat hendak berbicara di depan umum. (Ism; dream.co.id)
Share this article :

Artikel Terkait:

Comments
0 Comments

Comments :

0 komentar to “Doa Agar Dimudahkan, Tidak Gugup dan Lancar Berbicara di Depan Orang Lain”


Posting Komentar

 

Copyright © 2012 by Berita Terbaru dan Profil Artis Terkini Powered By SlideGossip | Design by Opung | Contact Email : slidegossip (at) gmail.com | Phone : 0857-808-70772